10 Wisata Banjarbaru Terbaru 2024: Harga Tiket dan Lokasinya!

Untuk mengisi waktu liburan, kamu mungkin sedang mencari rekomendasi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Nah, buat kamu yang berada di Kalimantan Selatan, terdapat beberapa tempat wisata Banjarbaru terbaru yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah rekomendasi lengkapnya!

Baca juga: Beli Tiket MP3FEST VOLUME 2: Harganya Cuman Rp200 Ribu!

Rekomendasi Wisata Banjarbaru Terbaru 2024

Urusan tempat wisata, Banjarbaru menyediakan banyak pilihan mulai dari tempat makan, wisata alam. hingga tempat-tempat bersejarah. Supaya enggak penasaran, berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: 7 Waterpark Banjarbaru Terbaik 2024: Harga Tiket dan Lokasinya!

1 Meek Farm

Wisata Banjarbaru, Meek Farm
Foto: Maps/mira rachman

Meek Farm adalah destinasi wajib bagi para penggemar durian di Banjarbaru. Juga dikenal sebagai Agrowisata Kebun Durian, tempat ini menyajikan segalanya tentang durian mulai dari bibit, buah, hingga olahannya. Berdiri sejak tahun 2008, Meek Farm menawarkan beragam varietas durian, termasuk golden, lahung, musang king, dan durian khas Banyuwangi seperti duri hitam dan daging merah.

Lokasinya yang sejuk, luas, dan hijau membuat Meek Farm menjadi tempat ideal untuk menikmati kelezatan durian khas Kalimantan Selatan. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Meek Farm bisa kamu temukan di Jl. Guntung Manggis, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga makanan berkisar Rp30.000 – Rp50.000 per porsi.

2. Amanah Borneo Park

Amanah Borneo Park
Foto: Maps/Tony Loman

Amanah Borneo Park adalah destinasi wisata terbesar di Banjarbaru yang menawarkan pengalaman seru dengan berbagai wahana dan fasilitas. Di sini, kamu dapat menikmati edukasi, rekreasi, agrowisata, serta area camping ground dari satu tempat.

Selain itu, nikmati juga beragam wahana menarik, mulai dari kereta wisata, rumah terbalik, jembatan goyang, kolam renang, ATV, dan masih banyak lagi. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Amanah Borneo Park terletak di Jl. Taruna Bhakti, RT.12/RW.04, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket masuk Rp30.000.

Baca juga:  MP3Fest Vol 3 2025: Harga Tiket dan Jadwal Acaranya!

3. Bukit Lentera

Wisata Banjarbaru, Bukit Lentera
Foto: Maps/Surya Dinata

Bukit Lentera adalah destinasi wisata Banjarbaru yang sangat diminati oleh banyak anak muda karena menawarkan pemandangan alam yang indah. Banyak wisatawan yang mengunjungi bukit ini untuk berkemah, terutama karena keindahan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

Akses ke Bukit Lentera juga relatif mudah, dapat diakses baik oleh kendaraan roda dua maupun roda empat hingga ke puncak bukit. Di sekitar bukit, terdapat warung-warung yang dapat dijumpai di sekitar pemukiman. Jika ingin menginap, pengunjung dapat mencari kebutuhan logistik di warung terdekat.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Bukit Lentera bisa kamu temukan di Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket Rp20.000 per orang.

4. Danau Seran

Danau Seran
Foto: Langit Drone

Danau Seran adalah bekas area penambangan intan yang kini telah bertransformasi menjadi sebuah danau eksotis yang luas. Tempat ini menawarkan suasana yang sejuk dengan pemandangan danau yang jernih dan indah.

Pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan seperti bersantai, berenang di spot tertentu, mengendarai sepeda air, dan naik perahu. Tersedia juga berbagai hidangan lezat di sekitar Danau Seran yang bisa kamu pesan. Kalau tertarik untuk berkunjung, tempat ini bisa kamu temukan di

5. Danau Biru Desa Tiung

Wisata Banjarbaru, Danau Biru Desa Tiung
Foto: Maps/Jhuiya 52

Danau Biru Desa Tiung merupakan salah satu objek wisata Banjarbaru yang dulunya adalah bekas tambang dan memiliki air berwarna biru jernih. Tempat wisata ini dibuka pada tahun 2020 dan menawarkan pemandangan danau yang terletak di tengah perbukitan.

Kamu bisa menikmati pemandangan danau ini dari ketinggian. Selain itu, tersedia juga beberapa spot foto yang bisa kamu gunakan seperti menara pandang, rumah Indian, dan masih banyak lagi. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Danau Biru Desa Tiung bisa kamu temukan di Cempaka, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan tiket masuk Rp20.000 per orang.

6. Kebun Raya Banua

Kebun Raya Banua
Foto: Maps/Arismon Saputra

Kebun Raya Banua merupakan destinasi wisata favorit di Banjarbaru, terutama bagi keluarga yang ingin berlibur. Dengan luas mencapai 100 hektar, kebun ini menawarkan lebih dari 700 jenis tanaman yang ditanam di dalamnya.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Seru Banget!

Selain menjadi tempat hiburan, kebun ini juga memiliki fungsi edukatif karena menjadi rumah bagi tanaman obat dan tempat konservasi tanaman khas Kalimantan. Di samping taman dan hutan buatan, pengunjung juga dapat menemukan gedung konservatorium, kawasan wisata agro, tugu reklamasi, embung botani, dan Amanah Borneo Park.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Kebun Raya Banua bisa kamu temukan di Jl. Aneka Tambang, Palam, Kec. Cemp., Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket masuk Rp4.000 – Rp7.000 per orang.

7. Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat
Foto: Maps/Museum Lambung Mangkurat

Museum Lambung Mangkurat adalah sebuah museum yang berdiri sejak tahun 1909 dan mengalami beberapa perubahan nama sebelum akhirnya diresmikan pada tahun 1979. Desain bangunan museum meniru bentuk Rumah Bubungan Tinggi, yang merupakan ciri khas rumah adat suku Banjar.

Koleksi museum meliputi barang-barang pribadi milik Amir Hasan Kiai Bondan dan perlengkapan sehari-hari masyarakat terkait dengan budaya Suku Banjar.

Selain itu, museum ini juga menyimpan koleksi patung dewa Hindu, patung binatang, dan artefak lainnya dari masa Kesultanan Banjar.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Museum Lambung Mangkurat terletak di Komet, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket masuk Rp5.000 per orang.

8. Taman Van Der Pijl

Taman Van Der Pijl
Foto: Maps/Mauizhatil Hasanah

Taman Van Der Pijl adalah sebuah tempat wisata Banjarbaru yang merupakan bentuk penghargaan terhadap seorang tokoh Belanda yang merancang kota Banjarbaru. Di sini, kamu akan menemukan keunikan dengan adanya beberapa binatang seperti monyet ekor panjang, beruk, owa, dan sejenisnya, yang ditempatkan dengan aman dalam kandang khusus.

Selain itu, Taman Van Der Pijl juga dilengkapi dengan beragam ornamen patung dan area bermain anak-anak. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Taman Van Der Pijl terletak di Loktabat Utara, Kec. Banjarbaru Utara, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket gratis dan biaya parkir Rp3.000.

Baca juga:  Makna Lagu Aku yang Jatuh Cinta - Dudy Oris: Tentang Kasmaran!

9. Aquatif Waterpark & Playground

Wisata Banjarbaru, Aquatif Waterpark & Playground
Foto: Maps/Indra

Nikmati keseruan berenang di Aquatica Waterpark, kolam renang luas di Banjarbaru dengan beragam wahana seperti water playground dan water slide. Dengan kolam khusus untuk anak-anak dan kolam dewasa, Aquatica Waterpark menjadi destinasi liburan keluarga yang sempurna.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Aquatif Waterpark & Playground bisa kamu temukan di Jl. Trikora Komplek Griya Pesona Bhayangkara, Guntungmanggis, Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan dengan harga tiket masuk Rp30.000 per orang.

10. Edupark Rusa dan Kelulut

Edupark Rusa dan Kelulut
Foto: Maps/futza asetyaningrum

Terakhir, rekomendasi tempat wisata Banjarbaru yang bisa kamu kunjungi adalah Edupark Rusa dan Kelulut. Di sini, kamu bisa menikmati wisata sekaligus belajar, dengan fokus utama pada pengetahuan tentang hutan dan keanekaragaman hayati. Tempat ini menjadi rumah bagi rusa asli Kalimantan yang dikembangbiakkan.

Daya tarik utama dari wisata ini adalah Kelulut Edupark, sebuah rumah konservasi anggrek yang menampilkan beragam jenis anggrek langka Kalimantan. Selain itu, terdapat arboretum dengan 54 jenis pohon langka dan tempat penelitian lainnya. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, Edupark Rusa dan Kelulut terletak di Landasan Ulin Tim., Kec. Landasan Ulin, Kota Banjar Baru, Kalimantan Selatan.

Apa Wisata Banjarbaru yang Ingin Kamu Kunjungi?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Banjarbaru terbaru 2024 yang tidak boleh kamu lewatkan. Jadi, mulai dari Meek Farm, Amanah Borneo Park, Bukit Lentera, hingga Edupark Rusa dan Kelulut mana nih destinasi wisata yang paling ingin kamu kunjungi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles