Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa: Lengkap dengan Lagu-lagu Hitsnya!

Selama lebih dari tiga dekade berkarier, Dewa 19 telah mengalami beberapa kali pergantian vokalis. Mulai dari masalah obat-obatan hingga keinginan untuk memulai karier solo, setiap vokalis punya alasan khusus untuk meninggalkan grup musik legendaris Indonesia ini.

Meskipun begitu, tiap vokalis Dewa 19 dari masa ke masa berhasil menciptakan banyak karya yang terus diputar sampai sekarang. Penasaran siapa saja yang pernah menduduki posisi vokalis dalam grup musik legendaris ini? Yuk, ikuti ulasannya di bawah ini!

Baca juga: 14 Album Dewa 19 (Full): Urutan dan Lagu Hits di Dalamnya!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa

Sejak memasuki dunia karier profesional sebagai grup musik rock Indonesia, Dewa 19 telah mengalami empat kali pergantian vokalis. Pergantian ini mencakup dua vokalis utama dan dua vokalis dengan konsep “featuring” (kolaborasi). Mari kita bahas secara detail di bawah ini!

Baca juga: 15 Lagu Dewa 19 Paling Hits dan Enak Didengar [Pilihan Editor]

1. Ari Lasso (1988-1999)

Ari Lasso adalah vokalis pertama Dewa 19 yang pasti dikenal oleh para penggemar Baladewa dan Baladewi, bukan?

Pada awalnya, saat grup musik Dewa 19 dibentuk pada tahun 1986, mereka dikenal dengan nama Dewa, yang merupakan singkatan dari nama-nama anggotanya, yaitu Ahmad Dhani, Erwin Prasetya, Wawan Juniarso, dan Andra Junaidi. Kemudian, dua tahun setelah pendiriannya, Ari Lasso bergabung sebagai vokalis utama.

Ari Lasso membawa Dewa 19 mencapai puncak kesuksesannya selama dekade 90-an. Setiap album yang dirilis oleh mereka laris terjual sebanyak ratusan ribu keping. Bersama Ari Lasso, Dewa 19 juga berhasil melahirkan karya-karya besar seperti single legendaris “Kangen,” album fenomenal Terbaik-terbaik (1995), dan banyak lagi.

Baca juga:  10 Lagu Shaggydog Terpopuler: Sudah Diputar Hingga 11 Juta Kali!

Namun, karena terpengaruh oleh obat-obatan terlarang, Ari Lasso akhirnya memutuskan untuk meninggalkan Dewa 19 pada tahun 1999.

2. Once Mekel (1999-2011)

Setelah kepergian Ari Lasso, Dewa 19 memasuki babak baru dengan Once Mekel sebagai vokalis utama. Saat itu, mereka kembali menggunakan nama “Dewa” tanpa angka 19. Era Once ini dianggap sebagai momen kebangkitan Dewa 19 karena Once berhasil membawa mereka meraih kesuksesan baru dari yang sebelumnya harus vakum karena ditinggal Ari Lasso.

Selama Once menjadi pengisi vokal utama, Dewa 19 berhasil merilis 5 album musik yang sukses di pasaran, beberapa bahkan mencapai penjualan lebih dari 1 juta keping. Periode ini juga melahirkan sejumlah lagu hits seperti “Pupus,” “Arjuna,” “Roman Picisan,” “Cemburu,” dan “Angin.”

Namun, setelah mencapai banyak kesuksesan, Once memutuskan untuk meninggalkan Dewa 19 pada tahun 2011 karena merasa jenuh dan ingin memulai petualangan baru.

3. Virzha (2021-Sekarang)

Setelah hengkangnya Once pada tahun 2011, Dewa 19 menjalani eksistensi sebagai sebuah band tanpa vokalis utama. Baru satu dekade kemudian mereka merekrut Virzha sebagai vokalis dengan konsep “featuring.” Banyak lagu-lagu lawas Dewa 19 direkam ulang dengan Virzha sebagai vokalisnya.

Kehadiran Virzha sebagai vokalis juga merefresh penampilan Dewa 19 dengan adanya talenta muda yang berbakat. Meskipun belum menghasilkan sebanyak lagu hits, Virzha berhasil diterima dengan baik oleh para Baladewa dan Baladewi sebagai pengisi vokal utama.

4. Marcello Tahitoe (2022-Sekarang)

Sama seperti sebelumnya, Marcello Tahitoe atau yang lebih dikenal dengan Ello juga menjadi vokalis Dewa 19 dengan konsep featuring. Ello pertama kali mengumumkan ke publik sebagai bagian dari Dewa 19 pada 28 Februari 2022 lalu melalui akun Instagram pribadinya.

Baca juga:  Profil Virzha: Istri, Agama, dan Perjalanan Kariernya!

Sejak saat itu, Ello ikut bergabung dalam banyak tur Dewa 19 di Indonesia dan Malaysia. Selain itu, ia juga banyak menggarap project Dewa 19 untuk memproduksi ulang lagu-lagu lawas dengan menggunakan vokal baru milik Ello.

Siapa Vokalis Dewa 19 Favoritmu?

Itu dia penjelasan lengkap terkait vokalis Dewa 19 dari masa ke masa lengkap dengan lagu-lagu hits yang mereka bawakan. Mulai dari Ari Lasso, Once, Virzha, sampai Ello, mana yang jadi favoritmu?

Enggak perlu bingung, semua pertunjukan mereka di atas panggung tetap seru, kok! Makanya, kamu enggak perlu ragu untuk datang ke setiap konser Dewa 19 yang terselenggara di berbagai kota.

Nah, buat kamu yang ingin merasakan sensasi nonton Dewa 19 secara langsung, yuk cek jadwal terbaru dan beli tiket konsernya dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles