10 Tempat Wisata Kuningan Terbaru 2023, Udaranya Sejuk Banget!

Dengan keindahan alamnya, Kuningan menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di Jawa Barat. Ada banyak sekali tempat wisata Kuningan yang menawarkan udara sejuk dengan fasilitas lengkap dan berbagai wahana permainan yang menyenangkan. Kalau kamu punya rencana untuk berlibur, beberapa tempat di Kuningan berikut ini bisa menjadi pilihan yang pas:

Baca juga: 10 Kolam Renang Kuningan Terbaik 2023: Harga Tiketnya Murah!

Rekomendasi Tempat Wisata Kuningan 2023

Berbagai tempat wisata Kuningan menawarkan keunggulan dan keunikannya masing-masing. Kamu bisa foto-foto estetik, nongkrong sambil liat pemandangan alam, sampai melihat tumbuhan-tumbuhan langka. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi tempat wisata berikut ini tidak boleh kamu lewatkan!

Baca juga: Konser Dewa 19 di Cirebon 2023: Harga Tiketnya Murah!

1. Woodland Kuningan

Tempat wisata Kuningan, Woodland Kuningan
Foto: Maps/Arief Dedle

Woodland Kuningan adalah tempat wisata di Kuningan yang menawarkan berbagai aktivitas seru dan memacu adrenalin. Salah satu wahana menarik di sana adalah Wahana Serodotan Pelangi, sebuah seluncuran dengan ketinggian 10 meter dan panjang sekitar 70 meter. Selain itu, kamu juga bisa bermain air, flying fox, sepeda gantung, dan masih banyak lagi.

Semua wahana tersebut bisa kamu nikmati dalam satu area yang luas dan sejuk. Untuk bisa berkunjung ke Woodland Kuningan, kamu bisa datang ke lokasinya di Jl. Ragasakti No.130, Setianegara, Kec. Cilimus, Kabupaten Kuningan. Jangan lupa juga untuk siapkan biaya tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk dewasa dan Rp15.000 untuk anak-anak.

2. Waduk Darma

Waduk Darma
Foto: Maps/Gallyn Ditya Manggala

Waduk Darma adalah danau besar yang terletak di Kuningan dengan luas sekitar 425 hektare. Danau ini dikelilingi oleh bukit dan lembah, menciptakan pemandangan alam yang indah, dan udara di sini terasa sangat sejuk.

Selain menawarkan keindahan alam, Waduk Darma juga menyediakan fasilitas seperti perahu wisata, penginapan, area berkemah, wahana permainan anak-anak, tempat makan, dan masih banyak lagi. Kalau kamu mencari destinasi wisata dengan fasilitas lengkap, Waduk Darma tidak boleh dilewatkan!

Untuk mengunjungi tempat ini, kamu hanya perlu datang ke lokasi Waduk Darma di Jl. Lkr. Waduk Darma, Jagara, Kec. Darma, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Jangan lupa juga untuk siapkan tiket masuk seharga Rp35.000 per orang, ya!

Baca juga:  10 Pantai di Jepara yang Lagi Hits dan Instagramable!

3. Kebun Raya Kuningan

Tempat wisata Kuningan, Kebun Raya Kuningan
Foto: Maps/Herwidi Andini

Kebun Raya Kuningan adalah destinasi wisata yang harus kamu kunjungi selanjutnya. Tempat ini memiliki luas 156 hektar dan menjadi salah satu kebun raya terbesar di Indonesia. Di dalamnya, kamu bisa menemukan banyak koleksi bunga langka dengan berbagai jenis dan warna.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Cirebon Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi!

Selain itu, terdapat juga bebatuan vulkanik besar yang bisa menjadi background foto-foto estetik kamu. Untuk menikmati suasana sejuk dan menilik koleksi tanaman langka di Kebun Raya Kuningan, kamu bisa mengunjungi lokasinya di Padabeunghar, Kebun Raya, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan beli tiket masuk seharga Rp6.000 per orang saja!

4. Telaga Remis

Telaga Remis
Foto: Maps/AnanaCs wwtr

Telaga Remis adalah tempat piknik yang teduh dan asri di mana kamu bisa menikmati suasana alam yang tenang. Pengunjung biasanya akan membawa tikar dan menikmati hidangan lokal sambil dikelilingi oleh pepohonan besar ketika berkunjung ke tempat wisata Kuningan ini. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu dayung untuk berkeliling telaga.

Semua fasilitas tersebut bisa kamu dapatkan dengan berkunjung ke lokasinya di Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk masuk ke area Telaga Remis, kamu akan dikenakan biaya masuk sebesar Rp15.000 untuk dewasa dan Rp10.000 untuk anak-anak. Murah banget, kan?

5. Situs Purbakala Cipari

Tempat wisata Kuningan, Situs Purbakala Cipari
Foto: Maps/Muhammad Imanudin Abub

Situs Purbakala Cipari adalah situs peninggalan zaman Megalitikum yang diyakini sebagai lokasi pemukiman purbakala. Tempat ini menyimpan berbagai artefak sejarah, termasuk menhir dan peti kubur batu. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi museum di situs ini, di mana banyak benda peninggalan sejarah disajikan secara rapi lengkap dengan keterangan detailnya.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, lokasi Situs Purbakala Cipari terletak di Jl. Museum Taman Purbakala, Cipari, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Harga tiket masuknya sangat murah, cuman Rp2.000 saja!

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits: Murah dan Seru!

6. Taman Nasional Gunung Ciremai

Taman Nasional Gunung Ciremai
Foto: Maps/Yanuar Pribadi

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah kawasan konservasi seluas 14 ribu hektare yang dulunya merupakan hutan lindung. Tempat ini terletak di tiga kabupaten, yaitu Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Kalau kamu ingin menikmati keasrian tanaman serta melihat berbagai flora dan fauna liar, tempat wisata Kuningan ini adalah pilihan yang pas.

Selain itu, Taman Nasional Gunung Ciremai juga menjadi tujuan para pendaki dengan empat jalur pendakian yang tersedia, yaitu Linggarjati, Linggasana, Apuy, dan Palutungan. Untuk bisa nongkrong di tempat ini, kamu bisa mengunjungi lokasinya di Babakanmulya, Kecamatan Jalaksana, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat dan membayar tiket masuk sebesar Rp5.000 saja!

7. Telaga Biru Cicerem

Tempat wisata Kuningan, Telaga Biru Cicerem
Foto: Maps/Samuel Parlindungan

Telaga Biru Cicerem adalah tempat wisata Kuningan yang menawarkan keindahan telaga dengan air yang jernih sehingga kamu bisa melihat ikan-ikan dari pinggir telaga. Wisata ini terletak di Kaduela, Pasawahan, Kuningan, Jawa Barat. Untuk bisa masuk ke tempat ini, kamu akan dikenai biaya masuk Rp 10.000 per orang, parkir mobil sebesar Rp 5.000 dan Rp 2.000 untuk motor.

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa berfoto bersama keluarga, pasangan, atau teman di berbagai spot, termasuk ayunan di tengah danau. Jadi, kalau kamu mencari destinasi wisata yang sejuk dan instagramable, Telaga Biru Cicerem adalah pilihan yang tidak boleh dilewatkan!

8. Pondok Cai Pinus

Pondok Cai Pinus
Foto: Maps/Pondok Cai Pinus

Pondok Cai Pinus adalah restoran yang saat ini sangat populer di Kuningan. Meskipun awalnya adalah restoran, tempat ini telah menjadi alternatif destinasi wisata akhir pekan yang menarik. Dikenal dengan pemandangan alamnya yang indah, Pondok Cai Pinus memiliki berbagai spot foto outdoor yang instagramable, termasuk kastil di bukit hutan pinus, Rumah Hobbit, dan rumah balon mirip film Up.

Suasana di tempat wisata Kuningan ini sangat sejuk sehingga kamu dijamin betah untuk berlama-lama di sana. Lokasi Pondok Cai Pinus terletak di Jalan Pejambon-Sagara Hiang, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Untuk masuk ke sana, jangan lupa juga siapkan tiket masuk seharga Rp25.000, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Birds of A Feather - Billie Eilish: Tentang Cinta Mati!

9. Telaga Nilam

Tempat wisata Kuningan, Telaga Nilam
Foto: Maps/Jaya jaya

Tidak kalah menarik dari beberapa destinasi sebelumnya, Telaga Nilam juga menjadi tujuan wisata di Kuningan yang tidak boleh kamu lewatkan. Keunikan telaga ini terletak pada kejernihan airnya, kamu bahkan bisa melihat dasar telaga yang dipenuhi bebatuan dan lumut hijau karena airnya sangat jernih.

Di tempat ini, kamu bisa bermain air dan juga mandi sambil menikmati kesegaran air yang masih bersih. Untuk merasakan sensasi tersebut, kamu bisa mengunjungi lokasi Telaga Nilam di Kaduela, Kec. Pasawahan, Kabupaten Kuningan dan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 per orang.

10. Sukageuri View

Sukageuri View
Foto: Maps/Sukageuri View

Di urutan terakhir, tempat wisata Kuningan yang tidak boleh kamu lewatkan adalah Sukageuri View. Tempat ini merupakan dataran tinggi yang terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut. Kamu bisa menikmati panorama perbukitan, hamparan hutan, dan perkebunan yang memukau dari tempat wisata ini.

Selain itu, Sukageuri View juga menawarkan berbagai spot foto Instagramable, termasuk gardu pandang berbentuk tangan raksasa, rumah kurcaci, dan warung kopi. Untuk mendapatkan semua keseruan tersebut, kamu bisa mengunjungi Sukageuri View di Jl. Cisantana, Cisantana, Kec. Cigugur, Kabupaten Kuningan dan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000 saja.

Apa Tempat Wisata Kuningan yang Paling Ingin Kamu Kunjungi?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Kuningan terbaru 2023 yang tidak boleh kamu lewatkan. Mulai dari Woodland Kuningan, Waduk Darma, Kebun Raya Kuningan, sampai Sukageuri View, mana nih destinasi wisata yang paling ingin kamu kunjungi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser spektakuler terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles