15 Tempat Wisata di Solo 2024: Lagi Hits dan Instagramable!

Solo memanjakan para wisatawan dengan berbagai destinasi seru yang sayang untuk dilewatkan. Terdapat banyak pilihan tempat wisata di Solo yang lagi hits dan Instagramable untuk kamu kunjungi. Penasaran apa saja tempatnya? Yuk, simak daftar lengkap berikut ini!

Baca juga: Closing Ceremony of ARTEFAC UNS 2024: Harga Tiketnya Murahh!

Tempat Wisata di Solo 2024

Dari banyaknya destinasi yang bisa kamu kunjungi di Solo, terdapat beberapa tempat wisata paling hits yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

Advertisements
CLOSING CEREMONY OF ARTEFAC UNS 2024

1. Keraton Solo

Tempat wisata di Solo, Keraton Solo
Foto: Maps/Arif Suprianto

Solo adalah kota yang kaya akan sejarah Kesultanan Mataram dan menawarkan banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Keraton Surakarta.

Dibangun oleh Susuhunan Pakubuwana II pada tahun 1744 untuk menggantikan Keraton Kartasura yang hancur, Keraton Surakarta menyimpan banyak cerita masa lalu. Saat ini, Keraton Surakarta masih menjadi kediaman Sri Sunan dan berfungsi sebagai museum hidup.

Di kompleks keraton ini, kamu bisa menemukan beragam bangunan bersejarah seperti museum dan alun-alun. Koleksi peninggalan Kasunanan yang dipamerkan di sini akan membawa kamu mengenal lebih dekat sejarah dan budaya Solo.

Baca juga: 6 Mall di Solo yang Bagus: Paling Besar dan Lengkap!

2. De’ Tjolomadoe

De' Tjolomadoe
Foto: detjolomadoe.com

De’ Tjolomadoe adalah kompleks pabrik gula tua yang telah bertransformasi menjadi destinasi wisata baru di Solo. Selain menjadi landmark bersejarah, tempat ini juga berfungsi sebagai pusat konvensi.

Di dalam kompleks ini, pengunjung bisa menemukan museum, aula konser Tjolomadoe, aula serbaguna Sarkara, restoran, serta toko-toko ritel yang menawarkan berbagai kerajinan dan suvenir.

3. Museum Batik Danar Hadi

Tempat wisata di Solo, Museum Batik Danar Hadi
Foto: Maps/Jatmiko

Museum Batik Danar Hadi di Solo terkenal dengan koleksi batik berkualitas dari merek ternama Danar Hadi. Di sini, kamu bisa menemukan berbagai motif batik, mulai dari yang klasik hingga kontemporer. Selain itu, pengunjung juga berkesempatan mengenal sejarah batik dan mencoba membuat batik sendiri.

Baca juga: 12 Cafe di Solo Terbaik: Estetik dan Punya Hiburan Live Music!

4. Pura Mangkunegaran

Pura Mangkunegaran
Foto: Maps/pang Hway Sheng

Pura Mangkunegaran, yang terletak dekat dengan Keraton Surakarta, adalah destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi di Solo. Dibangun pada tahun 1757, tempat ini merupakan kediaman para Adipati Mangkunegaran.

Selain arsitekturnya yang memukau, di sini kamu juga bisa menemukan berbagai koleksi peninggalan bersejarah dari Kerajaan Majapahit dan Mataram. Jangan lewatkan pertunjukan gamelan yang rutin diadakan setiap hari Rabu.

Alamat: Jalan Ronggowarsito No.83, Keprabon, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

5. Taman Sriwedari

Tempat wisata di Solo, Taman Sriwedari
Foto: Maps/Rama Wijaya

Taman Sriwedari adalah destinasi wisata di Solo yang kaya akan sejarah dan budaya. Dibangun pada masa pemerintahan Pakubuwana X, taman ini menampilkan lukisan “Kresno Duto” di dinding atas gapura, yang mengisahkan epos Mahabharata.

Dikenal sebagai pusat seni dan budaya, Taman Sriwedari kini terbuka untuk umum. Selain menjadi tempat wisata, taman ini juga pernah menjadi lokasi Pekan Olahraga Nasional (PON) pada tahun 1948.

Kamu bisa menikmati keindahan taman ini setiap hari mulai pukul 10 pagi hingga 10 malam dengan tiket masuk hanya Rp5.000. Taman Sriwedari adalah pilihan tepat untuk rekreasi keluarga di Solo.

Baca juga:  20 Cafe Live Music di Bandung Terbaru 2024 yang Hits Banget!

6. Sepur Kluthuk Jaladara

Must Read

Related Articles