7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits 2023

Terletak di Pulau Sumatera, tempat wisata di Pekanbaru menawarkan berbagai keindahan yang tidak ada duanya. Mulai dari wisata alam, tempat kekinian, hingga wisata religi tersedia lengkap di tempat ini. Nah, buat kamu yang bingung ingin menghabiskan waktu liburan di mana, beberapa rekomendasi berikut ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Beli Tiket Konser Dewa 19 di Pekanbaru 2023: Mulai Rp189 Ribu!

Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits

Pada tahun 2023, terdapat beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang lagi hits dan sayang untuk kamu lewatkan. Mulai dari Kawah Biru, Riau Fantasi, Bukit Kapur Air Hitam, hingga Masjid Agung An-Nur merupakan beberapa rekomendasi yang bisa kamu kunjungi. Namun, untuk informasi lebih detailnya, silakan baca ulasan berikut ini sampai selesai!

1. Kawah Biru

Kawah Biru adalah tempat wisata di Pekanbaru yang terkenal dengan kawah berair biru yang unik. Tempat wisata ini terbentuk saat PT. PLN melakukan galian tanah di lokasi berpasir putih yang kemudian terisi oleh air hujan dan menciptakan pemandangan yang menyejukkan.

Kamu bisa menikmati keindahan alam di sini, khususnya di area pinggir danau yang menciptakan efek salju dengan pasir putihnya. Wisata ini hanya memerlukan tiket masuk seharga Rp 5.000 dan berlokasi di Jl. Karya Labersa, Tanah Merak, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau. Jadi, ketika berkunjung ke Pekanbaru, jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan Kawah Biru.

2. Riau Fantasi

Tidak kalah hits dari tempat sebelumnya, Riau Fantasi juga merupakan salah satu tempat wisata di Pekanbaru paling hits yang harus kamu kunjungi. Tempat ini menjadi destinasi favorit untuk liburan keluarga karena beragam wahana yang ditawarkan.

Baca juga:  Ylo Festival 2024: Harga Tiket, Jadwal, dan Line Up Lengkap!

Terletak di lahan seluas 6,5 hektar, Riau Fantasi menawarkan kolam renang, wahana uji adrenalin, dan wahana keluarga. Hanya 45 menit dari pusat Pekanbaru, tempat ini mudah diakses. Selain itu, tiket masuknya juga sangat terjangkau, Rp 60.000 saat weekdays dan Rp 70.000 saat weekend.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, silakan langsung datang ke lokasi Riau Fantasi di Jl. Labersa, Simpang Tiga, Kec. Siak Hulu, Kab. Kampar, Riau.

3. Bukit Kapur Air Hitam

Bukit Kapur Air Hitam adalah daya tarik utama bagi para wisatawan di Pekanbaru. Pemandangan memukau dari bukit kapur putih yang luas telah tempat wisata di Pekanbaru ini menjadi pilihan destinasi bagi para wisatawan.

Selain itu, belakangan ini Bukit Kapur Air Hitam juga sedang menjadi tren sebagai tempat pre-wedding yang romantis bagi pasangan yang akan menikah. Karena keindahannya, tempat wisata ini menciptakan pemotretan pre-wedding yang mengagumkan.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung, siapkan uang untuk tiket masuk sebesar Rp15.000 dan kunjungi lokasi Bukit Kapur Air Hitam di Air Hitam, Kec. Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, Riau.

4. Istana Siak Sri Indrapura

Kalau kamu ingin pengalaman liburan yang lebih unik, Istana Siak Sri Indrapura bisa menjadi tempat wisata di Pekanbaru yang tepat. Pada zaman dahulu, tempat ini merupakan pusat pemerintahan kesultanan Siak. Ketika berkunjung, kamu akan menemukan keindahan arsitektur bergaya Eropa, Arab, dan Melayu. Selain itu, Istana Siak juga memiliki nilai sejarah sebagai saksi perkembangan Islam di Riau.

Istana ini pertama kali dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifudin dan masih kokoh berdiri hingga saat ini. Untuk masuk ke dalam istana, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk seharga Rp3.000. Jika kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat ini, silakan datang ke lokasinya di Sri Indrapura, Kp. Dalam, Kec. Siak, Kab. Siak, Riau.

Baca juga:  Makna Lagu Kita Ke Sana - Hindia: Tentang Nostalgia Masa SMA!

5. Danau Lembah Sari

Meski tergolong sebagai kota modern di Sumatera, Pekanbaru tetap bisa mempertahankan pesonanya yang alami. Danau Lembah Asri, sebuah danau buatan yang terletak di tengah kota, adalah bukti keindahan alamnya yang masih terjaga.

Kalau kamu sedang mencari tempat liburan keluarga, maka danau ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Suasana sejuk, pemandangan indah, dan pesona matahari terbenam bisa kamu nikmati ketika berkunjung ke Danau Lembah Sari. Selain itu, untuk kamu yang hobi kulineran, warung-warung di sekitar danau ini jug menawarkan beragam menu tradisional maupun modern.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi danau ini dengan harga tiket masuk hanya Rp 5.000. Danau Lembah Asri berlokasi di Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

6. Danau Bandar Kayangan

Memiliki luas 150 hektar, Danau Bandar Kayangan bukan cuman menawarkan keindahan alam yang menakjubkan tetapi juga berfungsi sebagai bendungan irigasi bagi masyarakat sekitar. Pengunjung bisa menikmati keindahan tempat wisata di Pekanbaru ini dengan menggunakan sampan atau speedboat.

Untuk pengalaman yang lebih seru, kamu bisa naik ke bukit di sekitar danau ini dan menikmati pemandangan senja yang luar biasa. Selain itu, harga tiketnya juga sangat terjangkau sebesar Rp15.000 saja. Kalau kamu tertarik untuk mengunjungi tempat wisata ini, silakan datang langsung ke lokasinya di Lembah Sari, Kec. Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau.

7. Masjid Agung An-Nur

Selain berbagai wisata alam dan tempat bermain bersama keluarga, kamu juga bisa menemukan tempat wisata religi seperti Masjid Agung An-Nur ketika berkunjung ke Pekanbaru. Dengan arsitektur yang mencampur unsur Arab, Melayu, Turki, dan India, keindahan dan kemegahan masjid ini tidak boleh kamu lewatkan.

Baca juga:  8 Mall di Surabaya Terbesar 2024: Super Lengkap dan Ramai!

Saking indahnya, Masjid Agung An-Nur dijuluki sebagai “Taj Mahal-nya Pekanbaru”. Selain itu, masjid dengan tiga lantai ini juga bisa menampung sekitar 4.500 jamaah. Terdapat lima kubah dan empat menara yang menjulang tinggi di atas masjid ini. Selama bulan Ramadan, Masjid Agung An-Nur juga ramai oleh pengunjung yang datang untuk beribadah.

Jika tertarik untuk menikmati keindahan bangunannya, kamu bisa mengunjungi Masjid Agung An-Nur secara gratis di Jl. Hang Tuah, Sumahilang, Kec. Pekanbaru Kota, Kota Pekanbaru, Riau. Karena merupakan rumah ibadah, ketika berkunjung ke tempat wisata di Pekanbaru ini pastikan kamu mengutamakan ibadah daripada berkeliling dan berfoto-foto, ya!

Sudah Siap Pergi ke Tempat Wisata di Pekanbaru?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru paling hits yang tidak boleh kamu lewatkan. Mulai dari Kawah Biru, Riau Fantasi, Bukit Kapur Air Hitam, hingga Masjid Agung An-Nur menawarkan keindahan yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Oleh karena itu, segera siapkan diri dan kunjungi tempat wisatanya sekarang juga!

Namun, kalau kamu ingin mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang lebih seru, menonton konser Dewa 19 di Pekanbaru bisa menjadi pilihan. Pada tanggal 7 Oktober 2023 mendatang, grup musik legendaris Dewa 19 dan Padi akan tampil di Konser Sang Pangeran Cinta.

Tiket konsernya sudah mulai dijual dengan harga mulai dari Rp189.000 saja, supaya kamu enggak ketinggalan, yuk borong tiketnya melalui dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles