7 Tempat Wisata di Pangkalpinang Paling Instagramable

Dengan berbagai panorama alam yang indah, kamu bisa menemukan banyak tempat wisata di Pangkalpinang yang instagramable. Mulai dari pantai, museum, hingga danau menawarkan pesona yang tidak ada duanya. Penasaran tempat instagramable apa saja yang bisa kamu kunjungi di Pangkalpinang? Yuk, simak rekomendasinya berikut ini.

Baca juga: Beli Tiket Konser Dewa 19 di Pangkalpinang 2023: Mulai Rp179 Ribu!

Tempat Wisata di Pangkalpinang Paling Instagramable

Terdapat banyak pilihan tempat wisata di Pangkalpinang yang instagramable. Semua tempat menyajikan pesona yang unik, beberapa diantaranya bahkan bisa kamu datangi tanpa perlu membayar harga tiket. Mulai dari Bangka Botanical Garden (BBG), Jembatan Emas Pangkalpinang, Babel Bhay Park, hingga Danau Kaolin, berikut ini adalah rekomendasi lengkapnya.

1. Bangka Botanical Garden (BBG)

Kalau kamu mencari tempat wisata di Pangkalpinang yang unik dan instagramable, Bangka Botanical Garden (BBG) bisa menjadi pilihan yang tepat. BBG merupakan kawasan agrowisata yang dulunya merupakan lahan bekas tambang seluas 300 hektar.

Di sini, kamu akan merasakan kesegaran alam yang luar biasa, dikelilingi oleh pepohonan pinus yang hijau, danau yang indah, serta lapangan hijau yang cocok untuk piknik. Kamu juga bisa membeli sayuran segar yang baru saja dipanen atau menikmati susu segar dari sapi peternakan di sekitar BBG ini.

Selain itu, harga tiket tempat wisata ini gratis dan bisa bebas dikunjungi setiap hari. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, lokasi BBG terletak di Jl. Raya Pasir Padi, Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Pangkalpinang.

2. Jembatan Emas Pangkalpinang

Bosan dengan latar belakang foto yang itu-itu saja? Yuk, kunjungi tempat wisata di Pangkalpinang yang instagramable, yaitu Jembatan Emas Pangkalpinang. Jembatan ini merupakan penghubung antara Kota Pangkalpinang dengan Kabupaten Bangka.

Baca juga:  8 Mall di Surabaya Terbesar 2024: Super Lengkap dan Ramai!

Ketika berkunjung ke tempat ini, kamu bisa menyaksikan jembatannya terangkat ketika terdapat kapal besar yang ingin melintas. Pemandangan unik ini tentunya tidak bisa kamu temukan di semua tempat. Selain itu, tempat wisata ini juga menawarkan keindahan matahari terbenam dengan background jembatan yang menawan sehingga feed Instagram kamu bisa menjadi lebih aesthetic.

Untuk bisa menikmati pengalaman unik tersebut, kamu bisa mengunjungi lokasi Jembatan Emas Pangkalpinang di Selindung Baru, Kecamatan Gabek, Kota Pangkal Pinang.

3. Babel Bhay Park

Tempat wisata di Pangkalpinang yang instagramable selanjutnya adalah Babel Bhay Park. Tempat ini menawarkan trek mengelilingi danau yang sempurna untuk jalan santai atau jogging. Selama perjalanan di sepanjang trek ini, kamu akan menemukan berbagai titik foto yang instagramable untuk ber-selfie atau bersantai bersama keluarga.

Selain itu, ada kedai-kedai yang tersebar di sekitar jalur jogging ini. Kalau kamu merasa lelah atau hanya ingin berkumpul dengan keluarga dan teman-teman, kamu bisa beristirahat sambil menikmati menu makanan dan minuman yang tersedia di kafe-kafe tersebut. Jika tertarik untuk berkunjung, destinasi wisata ini terletak di Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkal Pinang.

4. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai adalah destinasi Instagramable di Bangka Belitung yang sangat sesuai untuk para penggemar kemah dan snorkeling. Tempat wisata ini terletak di Bangka Tengah dan merupakan surga bagi mereka yang mencintai kehidupan bawah laut.

Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman berkemah yang seru, berenang di perairan yang jernih, atau bahkan snorkeling untuk melihat keindahan ikan-ikan di bawah permukaan air. Jika tertarik untuk berkunjung, kamu bisa menuju lokasi Pulau Ketawai di Jl. Pulau Ketawai, Desa Kurau, Kabupaten Bangka Tengah.

Baca juga:  10 Lagu Bruno Mars Terpopuler yang Harus Kamu Putar!

Namun, untuk mencapai pulau ini, kamu perlu naik perahu motor dari dermaga desa Kurau dengan waktu perjalanan sekitar 45 menit. Tarif perahu motor dimulai dari Rp800.000 untuk 10 orang. Jadi, segera siapkan diri untuk berpetualang di tempat ini!!!

5. Museum Kata Andrea Hirata

Museum Kata Andrea Hirata adalah surga bagi para pecinta literatur dan kata-kata puitis. Sebagai museum literatur pertama di Indonesia, tempat ini menawarkan pengalaman yang unik.

Kamu akan menemukan bagian dari cerita dalam buku “Laskar Pelangi” yang legendaris di dalam museum ini. Setiap ruangan didesain sesuai dengan tiga tokoh utama dalam cerita, yaitu Ikal, Lintang, dan Mahar. Ruangan-ruangan yang berwarna-warni di dalam museum juga menambah daya tarik tersendiri.

Museum Kata Andrea Hirata adalah tempat wisata di Pangkalpinang yang sempurna bagi mereka yang menghargai seni kata-kata dan ingin merasakan nuansa dari karya sastra tersebut. Jika kamu tertarik untuk berkunjung, lokasi tempat ini berada di Jalan Laskar Pelangi, Desa Lenggang, Kecamatan Gantung Belitung Timur.

6. Museum Timah Indonesia Pangkalpinang

Museum Timah Indonesia Pangkalpinang adalah tujuan wisata yang tidak boleh dilewatkan oleh para penggemar sejarah. Tempat wisata yang juga memiliki daya tarik Instagramable ini merupakan satu-satunya di Asia.

Di sini, kamu akan mengeksplorasi sejarah penambangan timah yang berpengaruh besar di Bangka Belitung, Indonesia, dan bahkan di seluruh dunia. Museum ini juga menawarkan kesempatan untuk memahami karakteristik batuan pembawa bahan galian tanah dengan bantuan teknologi augmented reality. Sebuah pengalaman yang sangat seru untuk mereka yang tertarik pada sejarah pertambangan dan geologi.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Pangkalpinang ini, silakan kunjungi tempatnya di Jalan Batin Tikal, Kecamatan Taman Sari, Kota Pangkalpinang. Kamu juga ga perlu khawatir harus rogoh kocek mendalam karena harga tiket museum ini gratis.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits: Murah dan Seru!

7. Danau Kaolin

Danau Kaolin adalah salah satu tempat dengan panorama luar biasa di Bangka Belitung. Saat ini, Danau Kaolin menjadi salah satu destinasi foto paling populer di wilayah ini. Danau Kaolin menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan air danau bergradasi biru yang kontras dengan bebatuan putih di sekitarnya.

Awalnya, tempat wisata di Pangkalpinang ini adalah bekas tambang yang seiring waktu berubah menjadi sebuah danau biru yang sangat indah. Kombinasi warna biru dan putih dari danau dan bebatuan akan membuat koleksi foto kamu menjadi semakin memukau. Jadi, jangan lupa mengabadikan momen di Danau Kaolin saat mengunjungi Bangka Belitung!

Sudah Siap Liburan ke Tempat Wisata di Pangkalpinang?

Nah itu, dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Pangkalpinang yang paling instagramable dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Bangka Botanical Garden (BBG), Jembatan Emas Pangkalpinang, Babel Bhay Park, hingga Danau Kaolin, yuk siapkan diri untuk liburan di Pangkalpinang dari sekarang!

Namun, kalau kamu ingin aktivitas yang lebih seru untuk mengisi waktu libur, menonton konser Dewa 19 di Pangkalpinang bisa menjadi pilihan sempurna.

Pada tanggal 18 November 2023 mendatang grup musik legendaris tersebut akan tampil di gelaran Pesta Rakyat Spektakuler Pangkalpinang

. Supaya enggak ketinggalan keseruannya, yuk beli tiket konser Dewa 19 di Dewatiket sekarang juga!

Must Read

Related Articles