20 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal dan Murah

Tempat wisata di Jogja selalu punya cara untuk menarik perhatian para wisatawan. Mulai dari pesona alam yang menakjubkan sampai tempat wisata kekinian bisa dengan mudah kamu temukan di daerah ini. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja tempat wisata yang paling terkenal dan murah di Jogja, berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: Ekspectanica Yogyakarta 2024: Harga Tiket dan Line Upnya!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja

Ada banyak pilihan tempat wisata di Jogja yang bisa kamu kunjungi mulai dari pantai, bukit, sampai tempat camping kekinian. Namun, terdapat beberapa destinasi yang sangat terkenal dan sayang untuk dilewatkan. Penasaran apa saja tempat wisata yang harus kamu kunjungi? Berikut ini adalah rekomendasinya!

Baca juga: 20 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Estetik dan Ada Live Music

1. Jalan Malioboro

Tempat wisata di Jogja, Jalan Malioboro
Foto: Teras Malioboro

Belum sah ke Jogja kalau belum mampir ke Jalan Malioboro. Tempat ini terkenal sebagai pusat oleh-oleh dan kuliner, terutama malam hari dengan banyak warung tenda. Lokasinya sangat strategis, dekat dengan Stasiun Tugu Yogyakarta, jadi kamu bisa langsung berjalan kaki ke sini.

2. Pantai Wediombo

Tempat wisata di Jogja, Pantai Wediombo
Foto: visitingjogja.com

Terletak di Desa Balong, Gunungkidul, rekomendasi tempat wisata Jogja yang selanjutnya adalah Pantai Wediombo. Ketika berkunjung ke sini, kamu akan disuguhi oleh deru angin laut, tebing cantik, dan pasir putih yang mempesona. Selain itu, harga tiket masuk yang harus disiapkan juga sangat terjangkau, hanya Rp5.000 per orang dan Rp3.000 per motor.

Baca juga: 10 Waterboom Jogja Terbaik 2024: Viral dan Tiketnya Murah!

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, langsung saja datangi lokasinya di Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

3. Tugu Yogyakarta

Tempat wisata di Jogja, Tugu Jogja
Foto: Maps/Tugu Jogja

Tugu Yogyakarta adalah ikon Jogja yang wajib dikunjungi, terutama untuk wisatawan baru. Tempat ini populer sebagai spot foto untuk membuktikan kunjunganmu ke Jogja! Berfoto dengan latar Tugu bisa tricky, tapi ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti yaitu dengan berfoto dari pinggir jalan, atau mengunjungi restoran dan cafe di seberang tugu.

Di sekitar Tugu Yogyakarta, kamu bisa menemukan banyak cafe dan restoran yang memiliki teras lantai dua. Jadi, dari situ kamu bisa bebas berfoto tanpa perlu khawatir dengan lalu-lalang kendaraan. Pastikan juga untuk menikmati makanan dan minuman sebelum berfoto, ya!

4. Taman Pintar

Taman Pintar
Foto: Maps/Subari Official

Kalau kamu mencari tempat wisata yang lebih edukatif, Taman Pintar adalah pilihan terbaik yang bisa kamu kunjungi di Jogja. Mengusung konsep science park, destinasi wisata ini menawarkan pengalaman belajar yang menghibur melalui berbagai wahana edukasi interaktif. Pengunjung diajak untuk memahami ilmu sains seperti fisika dan astronomi dengan cara yang menyenangkan.

Harga tiket masuk Taman Pintar cukup terjangkau, mulai dari Rp6.000 hingga Rp45.000 per orang, tergantung wahana yang ingin dinikmati. Kalau kamu tertarik, tempat wisata ini terletak di Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta.

5. Candi Borobudur

Tempat wisata di Jogja, Candi Borobudur
Foto: Unsplash/Steffen B.

Candi Borobudur memang berada di Muntilan, Jawa Tengah, namun kamu tetap wajib banget untuk mengunjunginya saat liburan ke Jogja! Jaraknya sekitar 40 km atau 1,5 jam berkendara dari Jogja.

Candi Buddha terbesar di dunia ini memiliki 9 platform dan satu candi utama di puncak. Dindingnya berukir cerita masyarakat dan Buddha. Borobudur terkenal saat Waisak dengan acara pelepasan lampion. Tempat ini juga ideal untuk melihat sunrise. Jadi, nggak ada lagi alasan untuk melewatkan Candi Borobudur!

6. Jogja Agro Techno Park

Tempat wisata di Jogja, Jogja Agro Techno Park
Foto: Maps/Robby Rubianto

Jogja Agro Techno Park adalah destinasi wisata edukasi yang menyenangkan dan ramah untuk anak-anak serta keluarga. Terletak sekitar 22 km dari pusat kota Yogyakarta, tempat ini menawarkan pengalaman belajar yang interaktif dengan kebun buah dan sayur yang sejuk. Anak-anak bukan cuman bisa melihat, tetapi juga memanen buah dan sayur secara langsung.

Oleh karena itu, tempat ini adalah pilihan terbaik untuk untuk kamu kunjungi bersama keluarga ketika sedang berada di Jogja. Jika tertarik, lokasinya terletak di Kemiri, Wijimulyo, Nanggulan, Kulon Progo Regency, DIY.

7. Candi Prambanan

Tempat wisata di Jogja, Candi Prambanan
Foto: Maps/Calista Lee

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia, terletak di perbatasan Jogja dan Jawa Tengah. Dibangun sekitar tahun 850 M oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno, candi ini sebagian besar telah dipugar setelah lama ditelantarkan dan terkena bencana alam.

Dulunya, kompleks ini memiliki sekitar 240 candi, tetapi kini hanya tersisa 18 candi yang masih berdiri. Namun meskipun begitu, keindahan arsitektur dan kekayaan sejarahnya tetap tidak terkalahkan. Jadi, pastikan Candi Prambanan masuk ke itinerary kamu, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Satu - Dewa 19: Mencerminkan Konsep Tasawuf!

8. Heha Sky View

Must Read

Related Articles