15 Tempat Wisata Cirebon Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi!

Dikenal dengan julukan Kota Udang, Cirebon menyimpan banyak tempat wisata hits yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari tempat-tempat bersejarah, wisata alam, sampai tempat liburan keluarga tersedia lengkap di tempat ini. Nah, buat kamu yang bingung ingin berlibur di mana, beberapa tempat wisata Cirebon ini bisa menjadi pilihan yang tepat!

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits, Harus Kamu Kunjungi!

Rekomendasi Tempat Wisata Cirebon

Sebagai kota yang kaya akan sejarah, setiap sudut Kota Cirebon menyimpan cerita yang menarik untuk diulas. Namun, dari banyaknya tempat wisata Cirebon, terdapat beberapa tempat yang sangat hits dan sayang untuk dilewatkan. Penasaran ada apa saja? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Cirebon 2024: Lebih Murah dan Meriah!

1. Goa Sunyaragi

Tempat wisata Cirebon, Goa Sunyaragi
Foto: Maps/Lionel Tan

Bicara soal tempat wisata Cirebon tentu enggak lengkap kalau kita tidak memasukkan Goa Sunyaragi ke dalam daftar. Berbeda dari goa-goa biasanya, goa ini dibangun di lahan luas dengan batu karang putih mirip candi. Dahulu, tempat ini digunakan sebagai tempat meditasi dan peristirahatan para sultan Cirebon.

Kini, Goa Sunyaragi memiliki panggung seni tari tradisional Cirebon yang sering digunakan, serta area undakan yang memungkinkan kamu menyaksikan keindahan gua dari atas. Jadi, ketika berkunjung ke Cirebon jangan lupa mampir ke Goa Sunyaragi, ya!

2. Situ Sedong

Situ Sedong
Foto: Maps/Radian Baratasena

Situ Sedong adalah waduk bersejarah dari era kolonial Belanda yang sudah berdiri sejak 1918. Tempat ini menawarkan keindahan Gunung Ciremai sebagai latar belakangnya, memberikan suasana sejuk yang menyegarkan.

Ketika berkunjung, kamu bisa menjelajahi waduk ini dengan sepeda bebek air. Lokasinya berada di Sedong Lor, Kecamatan Sedong, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Sebuah destinasi yang cocok sekali untuk menikmati udara sejuk sore hari.

3. Keraton Kasepuhan

Tempat wisata Cirebon, Keraton Kasepuhan
Foto: Maps/abu rizwandia

Keraton Kasepuhan di Cirebon berbeda dengan keraton di tempat lain seperti Yogyakarta dan Solo. Kota ini memiliki tiga keraton yang sekarang menjadi tempat wisata Cirebon terpopuler, salah satunya adalah Keraton Kasepuhan.

Dikelilingi tembok bata merah, keraton Kasepuhan memberi nuansa zaman Kerajaan Majapahit yang kental. Meskipun tidak bisa masuk ke bangunan utama, kamu bisa tetap mengagumi arsitektur uniknya dari area khusus pengunjung.

Selain itu, Keraton Kasepuhan juga memiliki Museum Benda Kuno yang memamerkan artefak bersejarah seperti rebana Sultan Kali Jaga, piring berkaligrafi Arab, dan gelas dari zaman VOC. Di sampingnya, Museum Kereta Singa Barong menampilkan kereta dan artefak sejarah yang sangat menarik untuk disimak.

Baca juga:  10 Lagu Bruno Mars Terpopuler yang Harus Kamu Putar!

Jika tertarik untuk berkunjung, jangan lupa untuk siapkan budget tiket masuk seharga Rp20.000 dan beberapa uang kecil untuk sumbangan kebersihan di dalamnya.

4. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani
Foto: Maps/Yosevin Michael

Kalau kamu mencari tempat wisata Cirebon untuk bermain air, maka Cirebon Waterland adalah pilihan yang pas. Tempat ini dulunya bernama Taman Ade Irma Suryani (TAIS) dan kini sudah berubah menjadi Cirebon Waterland yang menawarkan tempat bermain air dan rekreasi bersama keluarga.

Buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00 WIB, tempat ini memiliki spot menarik seperti pondok ikonik dan restoran bergaya kapal laut yang menawarkan berbagai hidangan lezat. Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, lokasi Cirebon Waterland berada di Jl. Yos Sudarso No.1, Lemahwungkuk, Kecamatan Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat.

Jangan lupa juga untuk siapkan budget yang cukup karena biaya masuk Cirebon Waterland dipatok seharga Rp50.000 pada hari kerja dan Rp65.000 saat weekend.

5. Keraton Kanoman

Tempat wisata Cirebon, Keraton Kanoman
Foto: Maps/D O D O

Jika sebelumnya kamu sudah berkunjung ke Keraton Kasepuhan, maka Keraton Kanoman adalah tempat bersejarah lain yang tidak boleh kamu lewatkan. Untuk bisa sampai ke tempat wisata Cirebon ini, kamu perlu melalui Pasar Kanoman yang ramai dan punya banyak jajanan pasar yang menggoda.

Setelah sampai, kamu akan langsung disuguhi oleh alun-alun luas dan bangunan-bangunan tua yang terawat. Ruangan bekas singgasana raja dan piring-piring porselen Tiongkok yang menghiasi dinding juga bisa kamu temukan di tempat ini.

Kalau kamu tertarik untuk berkunjung, tidak ada tiket masuk untuk menikmati sejarah di Keraton Kanoman. Namun, sebaiknya kamu menyewa pemandu wisata agar bisa lebih memahami sejarah yang ada di tempat ini.

6. Bukit Gronggong

Bukit Gronggong
Foto: Maps/Chick Chick

Kalau kamu ingin menikmati pesona Cirebon dari ketinggian, berkunjung ke Bukit Gronggong bisa menjadi pilihan Suasana romantis, terutama saat senja membuat tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama pasangan atau keluarga.

Selain menikmati pemandangan yang memukau, kamu juga bisa memesan makanan di warung kaki lima atau restoran yang tersedia di tempat ini. Tertarik untuk berkunjung? Langsung saja datangi lokasi Bukit Gronggong di Patapan, Kecamatan Beber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

7. Keraton Kacirebonan

Tempat wisata Cirebon, Keraton Kacirebonan
Foto: Maps/Morning Runner

Meski tidak seluas Kasepuhan dan Kanoman, Keraton Kacirebonan memiliki daya tariknya sendiri. Terletak di pinggir jalan raya, keraton ini sangat mudah diakses oleh pengunjung. Hanya dengan membayar tiket masuk sebesar Rp15.000, kamu sudah bisa menikmati berbagai bangunan dan benda-benda bersejarah.

Baca juga:  10 Pantai di Jepara yang Lagi Hits dan Instagramable!

Ketika masuk, kamu akan dibawa untuk mengelilingi bangunan utama dan menemukan pendopo yang luas tempat raja menerima tamu. Selain itu, tersedia juga koleksi gamelan kuno, topeng, batik, uang koin dan kertas zaman dulu, serta pedang milik sultan yang menghiasi ruangan ini. Kalau belum puas, kunjungi juga area museum di sisi kiri Keraton Kacirebonan.

8. Hutan Kera Plangon

Hutan Kera Plangon
Foto: Maps/Ghozy Ammar

Selain kaya akan sejarah, Cirebon juga punya tempat wisata alam yang sayang harus kamu kunjungi seperti Hutan Kera Plangon. Dengan luas 48 hektare, hutan ini menawarkan pemandangan aktivitas monyet atau kera yang hidup alami secara langsung. Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan di tempat ini.

Biasanya, Hutan Kera Plangon ramai di kunjungi pada tanggal 2 Syawal, karena menjadi tujuan utama para peziarah. Kalau kamu tertarik, lokasi tempat wisata ini berada di Babakan, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

9. Masjid Merah

Tempat wisata Cirebon, Masjid Merah
Foto: Maps/Bilal Sezgin

Masjid Merah Panjunan adalah salah satu tempat wisata Cirebon yang sedang hits saat ini. Berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya, Masjid Merah tidak memiliki kubah dan menara. Selain itu, warna merah bata yang mencolok juga menjadi daya tarik dari tempat ini.

Masjid Merah didesain seperti pendopo Jawa yang tidak memiliki dinding. Selain itu, langit-langit rendah di dalam masjid ini juga hanya ditopang oleh tiang kayu. Piring-piring porselen dengan beragam motif juga bisa kamu temukan menjadi dekorasi dinding tempat ini. Oleh karena itu, jika sedang berkunjung ke Cirebon, jangan lupa kunjungi Masjid Merah, ya!

10. Desa Wisata Cikalahang

Desa Wisata Cikalahang
Foto: Maps/Irvan Fajar

Berjarak dua kilometer dari pusat kota, Desa Wisata Cikalahang adalah surga bagi pecinta makanan, terutama ikan bakar. Di sini, kamu bisa menikmati berbagai hidangan lezat sambil dikelilingi pemandangan alam yang memukau. Pengalaman menarik menanti, di mana kamu bahkan bisa menangkap ikan sendiri sebelum dihidangkan.

Selain itu, terdapat kolam renang, perahu wisata, dan pondokan yang bisa kamu gunakan selama berlibur di sini. Kalau tertarik untuk berkunjung, Desa Wisata Cikalahang terletak di Dukupuntang, Cirebon, Jawa Barat.

11. Kampung Batik Trusmi

Tempat wisata Cirebon, Kampung Batik Trusmi
Foto: Maps/Aura Sutra Mahrani

Mirip seperti yang bisa kamu temukan di Jogja, Solo, dan Pekalongan, Kampung Batik Trusmi juga menawarkan banyak kain batik hasil buatan masyarakat setempat. Di sepanjang jalan, kamu akan menemukan rumah-rumah warga yang menjajakan kain batik dengan motif unik.

Kalau kamu enggak punya banyak waktu untuk berkeliling, di sana juga terdapat outlet besar yang menawarkan berbagai produk batik dan oleh-oleh khas Cirebon. Jadi, ketika berada di Cirebon jangan lupa untuk kunjungi Kampung Batik Trusmi, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Birds of A Feather - Billie Eilish: Tentang Cinta Mati!

12. Talaga Langit

Talaga Langit
Foto: Maps/Lia lea

Tempat wisata Cirebon yang lagi hits selanjutnya menawarkan taman air indah dan tempat foto yang menakjubkan. Selain itu, di Talaga Langit juga terdapat restoran, playground, gua, bahkan Museum Santet yang menarik!

Kalau kamu tertarik untuk mengunjunginya, lokasi Talaga Langit berada di Sinarrancang, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Harga tiket masuknya Rp15.000 saat hari biasa dan Rp20.000 saat akhir pekan. Jangan sampai terlewat!

13. Gedung BAT

Tempat wisata Cirebon, Gedung BAT
Foto: Maps/Jeanne Sanjaya

Gedung BAT (British American Tobacco) merupakan daya tarik wisata unik di Cirebon. Bangunan ini dulunya adalah pabrik rokok terkenal yang memproduksi merek 555 dan Ardath. Meskipun tidak lagi beroperasi, keindahan arsitektur klasiknya membuat gedung ini menjadi spot foto favorit para wisatawan.

Selain itu, pada malam hari kamu juga bisa menikmati makanan pinggir jalan seperti angkringan di depan gedung ini. Jadi, cocok banget buat kamu yang lagi nyari tempat nongkrong unik di Cirebon.

14. Mangrove Kasih Sayang

Mangrove Kasih Sayang
Foto: Maps/Remaja Karang Rembang

Mangrove Kasih Sayang adalah pusat ekowisata mangrove seluas 7 hektar di Cirebon. Tempat ini menawarkan fasilitas lengkap, termasuk musala, jembatan, dan area foto dengan latar belakang hutan mangrove yang memikat.

Lokasinya berada di Mundupesisir, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Biayanya hanya Rp2 ribu untuk wisatawan dan Rp1 ribu untuk pelajar. Cocok banget buat kamu yang mencari tempat wisata alam di Cirebon!

15. Setu Patok

Tempat wisata Cirebon, Setu Patok
Foto: Maps/Ahmad Fajar Fadilah

Setu Patok adalah tempat wisata Cirebon yang menawarkan danau indah dengan pepohonan hijau di sekelilingnya. Banyak wisatawan menikmati kegiatan seru seperti memancing, piknik, bersepeda santai, dan berburu foto.

Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi Setu Patok dengan menyewa perahu. Lokasinya berada di Setupatok, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Jangan ragu untuk ajak teman atau keluargamu ke sini, ya!

Tempat Wisata Cirebon Mana yang Mau Kamu Kunjungi?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata Cirebon yang lagi hits saat ini. Mulai dari Gua Sunyaragi, Situ Sedong, Keraton Kasepuhan, sampai Setu Patok, mana nih tempat yang paling ingin kamu kunjungi?

Selain itu, jangan lupa juga kunjungi berbagai konser spektakuler di Cirebon dan beli tiketnya dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles