Sejarah Sheila On 7: Sheilagank Harus Tahu!

Sebagai grup musik legendaris, Sheila On 7 sudah malang melintang di belantika musik tanah air selama dua dekade terakhir. Lirik lagunya yang sederhana sambil dibalut dengan instrumen khas grup musik 2000an menjadikan karya mereka tidak pernah lekang dimakan zaman.

Selain menikmati karya-karyanya, sejarah Sheila On 7 juga tidak kalah menarik untuk diulas. Buat kamu pencinta lagu-lagu Sheila On 7, sudah tahu belum ceritanya? Kalau belum, simak sejarah lengkapnya berikut ini.

Sejarah Sheila On 7

Sebelum sampai ke pembahasan utama, kamu mungkin mau bertanya dari mana sejarah Sheila On 7 ini didapat? Nah, pada tulisan ini sejarahnya diambil dari website resmi mereka dan berbagai sumber lain yang mendukung ceritanya.

Supaya enggak ada kisah yang terlewat, simak pembahasannya sampai selesai, ya.

Awalnya bernama W.H.Y Gank

Sebelum dikenal dengan nama Sheila On 7, grup musik ini memiliki nama yang berbeda. Ketika pertama kali didirikan, Duta dan kawan-kawan menamainya dengan grup musik W.H.Y Gank.

Alkisah, grup musik ini pertama kali digawangi oleh Adam (bassist SO7 saat ini) dan Sakti (mantan gitaris SO7). Mereka membuat grup musik bernama “W.H.Y Gank” kemudian mengajak Duta untuk ikut latihan bersama mereka. Duta dipilih berbekal cerita dari Adam kalau mereka berdua kerap kali mengisi acara 17an di komplek perumahan. Duta menjadi vokalis sedangkan Adam bermain gitar akustik.

Dari cerita tersebut, mereka akhirnya pergi latihan meskipun saat itu Adam dan Sakti masih harus bertukar posisi antara gitaris dan bassist tergantung lagu yang dibawakan. Namun, grup musik ini belum pernah manggung layaknya sebuah band, mereka hanya membuat cover lagu-lagu terkenal dan ikut audisi untuk tampil di sebuah acara.

Baca juga:  7 Mall Karawang Terbaru 2024: Paling Viral dan Lengkap!

Berubah Menjadi Sheilagank

Setahun setelah grup musik “W.H.Y Gank” vakum, mereka bertemu dengan Eross (lead guitar SO7 sekarang) dan membuat grup musik baru. Ketika sesi latihan pertama, Erros memperkenalkan Anton untuk menjadi pemain drum dalam grup musik tersebut.

Setelah latihan pertama selesai, grup musik ini akhirnya diberi nama “Sheilagank” dan menjadikan 6 Mei 1996 sebagai hari jadinya. Grup musik Sheilagank terbilang cukup sukses, mereka berhasil tampil di berbagai acara pentas seni dan festival band SMA di Jawa Tengah – DIY selama kurang lebih dua tahun.

Karena kesuksesannya tersebut, akhirnya grup musik Sheilagank mendapat kontrak rekaman dari Sony Music Entertainment Indonesia.

Menjadi Sheila On 7

Setelah mendapatkan kontrak rekaman, grup musik “Sheilagank” resmi memulai karier profesionalnya di belantika musik Indonesia. Nama mereka juga berubah menjadi “Sheila On 7” dan istilah Sheilagank disematkan sebagai sebutan bagi penggemar lagu-lagu dari grup musik ini.

Alasan penamaan Sheila On 7 sendiri sangat sederhana, “Sheila” diambil dari nama teman SMA Eross yang juga merupakan teman SD dari Adam dan Duta. Sejak pertama berkenalan, Adam dan Eross saling mengenal dengan panggilan “temannya Sheila, ya?” “kamu temannya Sheila juga, ya?!” alhasil nama tersebut sering disebut dalam perbincangan. Sedangkan “On 7” sendiri memiliki makna tujuh nada yaitu “do-re-mi-fa-sol-la-si”.

Dari cerita tersebut, makna nama Sheila On 7 dapat diartikan sebagai teman-temannya Sheila yang memainkan tujuh nada atau bermain musik. Simpel banget, kan?

Prestasi dan Diskografi Sheila On 7

Sejak memulai karier profesionalnya pada tahun 1998, Sheila On 7 telah merilis banyak single hits dan meraih banyak prestasi. Meskipun tren musik silih berganti, kehadiran Sheila On 7 di kancah musik tanah air tetap bertahan.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Manado yang Lagi Trend 2024

Lagu-lagunya juga masih terus didengarkan, sejumlah video musik milik Sheila On 7 berhasil mendapatkan puluhan juta tayangan di YouTube dan lagu-lagunya diputar sebanyak 2,9 juta kali setiap bulan melalui Spotify.

Formasi Sheila On 7 Silih Berganti

Dalam perjalanannya, Sheila On 7 harus berganti formasi beberapa kali, yang pertama terjadi pada 2004 lalu ketika Anton (drummer) harus berpisah karena perbedaan visi. Untuk mengisi posisi drum yang kosong, masuklah Brian sebagai pemain tambahan.

Brian kemudian ikut tampil bersama Sheila On 7 dalam sejumlah tour untuk mempromosikan album Pejantan Tangguh. Brian kemudian memulai karier rekaman studio pertamanya bersama Sheila On 7 ketika sedang menggarap album The Very Best of Sheila On 7 (2005).

Tidak berhenti sampai di situ, Sheila On 7 juga kembali mengubah formasinya ketika mereka ditinggalkan Sakti pada saat proses rekaman album 507 sedang berlangsung tahun 2006 lalu. Di saat proses rekaman itu juga lah akhirnya Brian diangkat menjadi drummer tetap Sheila On 7 hingga saat ini.

Setelah berbagai perubahan, tersisalah formasi terakhir yang saat ini tersedia yaitu Brian sebagai drummer, Eross pada gitar, Duta pada vokal, dan Adam pada bass. Mereka berempat memiliki nama panggilan “B.E.D.A”. Unik banget, ya?

Nah, itu dia sejarah Sheila On 7 yang perlu kamu ketahui. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, grup musik ini masih aktif manggung sampai sekarang. Mereka kerap kali menyelenggarakan konser atau mengisi berbagai festival musik di Indonesia.

Buat kamu yang gemar menonton konser, jangan lupa untuk beli tiket konser musik terbaru dengan mudah, murah, dan cepat di dewatiket.id!

Must Read

Related Articles