Profil Gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan: Awalnya Mau Jadi Drummer!

Nama Andra Ramadhan pasti sudah tidak asing di telinga para Baladewa dan Baladewi sebagai gitaris Dewa 19. Sejak awal pembentukan band pada tahun 1986, petikan gitar Andra selalu setia menemani lagu-lagu hits Dewa 19. Kepiawaiannya dalam bermain gitar telah mengantarkan Andra sebagai salah satu musisi yang sangat dikagumi di Indonesia.

Nah, kamu pasti penasaran siapa sih sebenarnya Andra Ramadhan dan bagaimana perjalanan kariernya dari awal sampai sekarang? Untuk menemukan jawabannya, yuk simak pembahasan berikut ini sampai selesai!

Baca juga: Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa: Lengkap dengan Lagu-lagu Hitsnya!

Profil Gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan

Profil Gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan
Foto: Instagram/andra_photo

Luas dikenal sebagai gitaris Dewa 19, Andra Junaidi Ramadhan atau yang lebih akrab disapa Andra Ramadhan adalah pria kelahiran Surabaya, 17 Juni 1972. Ia merupakan anak bungsu dari pasangan A. Ramadhan dan S.M. Fadilah.

Andra kecil belum mengenal musik dan mendalaminya, baru ketika ia SMP dan ikut dalam ekskul musik, ia merasakan ketertarikan yang mendalam pada dunia musik. Yang menarik, salah satu gitaris legendaris Indonesia ini awalnya bermimpi untuk menjadi seorang drummer, lho!

Baca juga: Drummer Dewa 19 Dari Masa ke Masa: Ada yang Dijuluki Drummer Ganteng!

Namun, karena keterbatasan biaya untuk membeli drum yang mahal membuat Andra harus mengubah mimpinya. Ia melihat teman-temannya bermain gitar, jadi ia meminjam gitar dan mulai belajar. Ternyata, bakat alami Andra sebagai musisi membuatnya berkembang pesat dalam bermain gitar.

Pada tahun 1999, Andra menapaki babak baru dalam hidupnya dengan pernikahan bersama Ismulia Permatasari. Mereka diberkati dengan dua putri, Yasmeen Fadilah dan Khadeeja Aisha, serta dua putra, Timur Zavier dan Ismael Ramadhan.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibawa Pulang

Perjalanan Karier Andra Ramadhan

Perjalanan karier Andra Ramadhan dimulai di SMPN 6, di mana ia bertemu dengan sosok yang kemudian menjadi mitra musik sejatinya, Ahmad Dhani, bersama dengan Wawan dan Erwin. Pada tahun 1986, mereka memutuskan mendirikan sebuah band dengan nama Dewa yang merupakan akronim dari keempat anggotanya.

Seperti banyak musisi lainnya, Andra juga sempat menghadapi dilema untuk memilih antara berkarier sebagai pemusik atau meneruskan kuliahnya di bidang desain interior.

Meskipun kedua orang tuanya menginginkannya menyelesaikan kuliah seperti kakak-kakaknya, Andra tetap memilih jalan musik. Meskipun tidak tanpa hambatan, akhirnya orangtuanya mengerti dan menyetujui pilihan tersebut.

Setelah melepaskan bangku kuliahnya, Andra mengejar karier musiknya dengan sungguh-sungguh. Kontribusinya terhadap Dewa 19 tidak bisa dibantahkan, berbagai lagu hits ia ciptakan dan puluhan lagu Dewa 19 tidak lepas dari petikan gitarnya.

Selain itu, Andra merupakan anggota Dewa 19 yang paling loyal selain Ahmad Dhani itu sendiri. Ketika narkoba menyerang grup musik legendaris ini dan memaksa tiga dari lima anggotanya untuk keluar, Andra tetap bertahan dan bersih dari pengaruh obat-obatan terlarang. Selama lebih dari tiga dekade berkarier, ia tidak pernah keluar sama sekali dari Dewa 19.

Tidak berhenti di situ, Andra Ramadhan terus mengejar passion-nya dalam bermusik dan mendirikan Andra and The Backbone yang tidak kalah sukses. Bersama grup musik barunya, Andra berhasil menciptakan lima album studio dan kompilasi serta menyabet beberapa kategori penghargaan bergengsi di ajang AMI Awards.

Baca juga: Mengenal Andra and the Backbone dan 5 Lagu Terbaiknya

Hingga kini, perjalanan Andra Ramadhan sebagai gitaris Dewa 19 dan Andra and The BackBone masih berlanjut. Kamu juga bisa menyaksikan aksinya di atas panggung melalui berbagai gelaran konser spektakuler yang tiketnya bisa dibeli melalui Dewatiket.

Baca juga:  20 Lagu Dewa 19 feat Ello: Ga Kalah Enak dari Versi Asli!

Supaya kamu enggak ketinggalan keseruannya, yuk tonton aksi Andra Ramadhan dengan membeli tiket konsernya menggunakan tombol berikut ini sekarang juga!

BORONG TIKET KONSER ANDRA RAMADHAN!!!

Lagu Ciptaan Andra Ramadhan

Selain menjadi gitaris Dewa 19 dan Andra and The BackBone, Andra juga berhasil menciptakan beberapa lagu hits yang masih sangat populer hingga sekarang. Kalau kamu penasaran, berikut ini adalah beberapa lagu terpopulernya:

  • “Separuh Nafas”
  • “Aku Milikmu”
  • “Sempurna”
  • “Main Hati”
  • “Selimut Hati”
  • “Aku Disini Untukmu”
  • “Sedang Ingin Bercinta”
  • “Hitamku”
  • “Jalanmu Bukan Jalanku”
  • “Kuldesak”

Nah, itu dia profil lengkap gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan lengkap beserta perjalanan karier dan karya-karyanya. Buat kamu yang juga punya keahlian dalam bermain gitar, sosok Andra Ramadhan bisa menjadi panutan soal bagaimana menjadi seorang gitaris yang handal, loyal, dan punya dedikasi tinggi terhadap musik.

Selain itu, nikmati juga aksi-aksi Andra Ramadhan melalui berbagai konser spektakuler yang akan ia ikuti. Supaya enggak ketinggalan keseruannya, yuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiket konser Andra Ramadhan dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles