Apa Itu Presale Tiket? Pengertian dan Perbedaannya dengan Tiket Normal!

Ketika ingin membeli tiket suatu acara, kamu mungkin pernah mendengar istilah presale tiket dan penasaran apa maksudnya. Di dalam artikel ini, kita akan membahas hal tersebut mulai dari pengertian, perbedaan, dan jenis-jenis tiket yang ada. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Tips Persiapan Nonton Konser: Ini 7 Barang yang Harus Dibawa!

Apa Itu Presale Tiket?

Presale tiket adalah periode penjualan tiket untuk suatu acara atau pertunjukan yang dilakukan sebelum penjualan tiket secara umum dimulai. Biasanya, periode penjualan ini tersedia dalam jumlah dan waktu terbatas dengan harga yang jauh lebih murah dari tiket normal.

Baca juga: Surat Kuasa Tiket Konser: File PDF dan Panduan Mengisinya!

Pada beberapa acara, tiket ini juga bisa tersedia secara eksklusif bagi anggota fan club, pelanggan setia, atau pemilik kode akses khusus. Ini memungkinkan penggemar setia dan peminat acara untuk membeli tiket dengan harga spesial sebelum tiket tersedia untuk umum dan terjual cepat.

Pengertian Tiket Normal

Berbeda dengan jenis tiket sebelumnya yang tersedia secara eksklusif dan terbatas, tiket normal adalah tiket yang bisa dibeli oleh siapa pun dengan mudah. Biasanya, jenis tiket ini memiliki harga lebih mahal dari jenis tiket lain dan periode penjualannya jauh lebih panjang.

Tiket normal baru akan tersedia setelah semua periode penjualan awal seperti early bird dan presale berakhir. Jika kamu ingin membeli tiket ketika jadwal acaranya sudah dekat, maka tiket normal lah yang akan kamu dapatkan.

Perlu diingat, tiket yang dibeli dalam periode apa pun tidak akan dibedakan pada saat kamu memasuki venue acara. Jadi, membeli tiket dari jauh-jauh hari adalah strategi yang sangat efisien untuk mendapatkan harga spesial dan tempat duduk yang diinginkan.

Baca juga:  Dewatiket: Mitra Terbaik Untuk Menyukseskan Acara Anda

Perbedaan Presale Tiket dan Tiket Normal

Kalau kamu masih bingung mengenai apa itu presale tiket? Beberapa poin yang membedakannya dengan tiket normal berikut ini mungkin bisa membuat kamu lebih mengerti.

Baca juga: 7 Venue Konser Terbesar di Indonesia: Kapasitas dan Lokasinya!

  • Ketersediaan Akses: Presale tiket hanya tersedia dalam waktu dan jumlah yang terbatas, terkadang ini juga hanya tersedia untuk sekelompok orang tertentu, seperti anggota fan club atau pelanggan setia. Sementara itu, tiket normal dapat dibeli oleh masyarakat umum tanpa perlu akses khusus.
  • Waktu Penjualan: Presale tiket dijual sebelum penjualan tiket normal dimulai, memberi kesempatan kepada para calon penonton untuk mendapatkan tiket lebih awal dengan harga spesial. Sementara itu, tiket normal baru akan tersedia setelah periode presale berakhir.
  • Jumlah Tiket: Jumlah tiket yang dijual pada periode presale akan sangat terbatas. Sementara itu, pada tiket normal jumlah yang tersedia akan jauh lebih banyak.
  • Harga dan Penawaran Khusus: Presale tiket sering kali menawarkan harga khusus atau paket istimewa kepada pembeli, sedangkan tiket normal biasanya memiliki harga standar tanpa penawaran khusus.
  • Kenyamanan Tempat Duduk: Dalam presale, pembeli memiliki kesempatan lebih baik untuk memilih tempat duduk atau lokasi yang diinginkan. Sementara itu, tiket normal menyediakan pilihan tempat duduk yang lebih terbatas tergantung pada ketersediaan.

Jenis-jenis Periode Penjualan Tiket

Saat ini, terdapat beberapa jenis periode penjualan tiket yang umum ditemukan. Mulai dari early bird, presale, normal, hingga on the spot, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Jadwal Konser Dewa 19 2023: Catat Tanggalnya! [Terbaru]

  1. Early Bird: Meski tidak semua event menyediakan jenis tiket ini, early bird adalah periode penjualan tiket paling awal yang sangat terbatas dan dijual dengan harga paling murah. Tiket early bird akan tersedia sebelum periode presale dimulai.
  2. Presale: Presale adalah periode penjualan tiket dalam suatu acara dengan harga yang lebih rendah daripada harga normal. Tiket ini tersedia sebelum penjualan umum dimulai, memberikan kesempatan kepada penggemar untuk mendapatkan tiket dengan harga spesial sebelum dijual ke publik.
  3. Tiket Normal: Jenis tiket ini menawarkan harga reguler dan bisa dibeli hingga satu hari sebelum acara berlangsung. Biasanya, tiket normal tersedia hingga satu hari sebelum acara berlangsung.
  4. On The Spot: Pada beberapa acara, promotor menyediakan tiket on the spot yang dijual secara langsung di lokasi acara dengan harga lebih tinggi dari tiket normal. Namun, jika kuota penjualan tiket sudah terpenuhi, tiket On The Spot bisa tidak tersedia atau hanya tersedia dalam jumlah terbatas.
Baca juga:  20 Cafe Live Music di Bandung Terbaru 2024 yang Hits Banget!

Sudah Paham Tentang Presale Tiket?

Sekarang kamu telah memahami segala hal terkait presale tiket, termasuk pengertian, perbedaan, dan jenis-jenis tiket yang umum ditemukan. Kalau kamu mau mendapatkan tiket dengan harga spesial, jangan lewatkan kesempatan ini! Ikuti akun Instagram @dewatiket.id dan dapatkan tiket acara yang kamu inginkan dari jauh-jauh hari di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles