Daftar Personel Dewa 19 Sejak Awal Berdiri: Punya 4 Vokalis dan Drummer!

Pertama dibentuk pada tahun 1986, personel Dewa 19 telah mengalami beberapa kali pergantian. Bahkan, mereka punya empat vokalis dan drummer yang berbeda, lho! Hanya ada dua personel yang tidak pernah berubah dari dulu sampai sekarang yaitu Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan.

Lalu, siapa saja musisi yang pernah bergabung dengan Dewa 19? Yuk, temukan jawabannya melalui pembahasan berikut ini!

Baca juga: 14 Album Dewa 19 (Full): Urutan dan Lagu Hits di Dalamnya!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Daftar Personel Dewa 19 Sejak Awal Berdiri

Selama lebih dari tiga dekade berdiri, personel Dewa 19 telah mengalami beberapa kali pergantian. Mulai dari vokalis, basist, hingga drummer pernah diisi oleh beberapa musisi yang berbeda. Nah, buat kamu yang penasaran siapa saja personel grup musik legendaris ini dari awal berdiri sampai sekarang, yuk simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: 15 Lagu Dewa 19 Paling Hits dan Enak Didengar [Pilihan Editor]

Formasi Dewa 19 Awal

Pertama dibentuk pada tahun 1986, formasi Dewa 19 awal berisi Ahmad Dhani di posisi keyboard, Erwin Prasetya pada bas, Wawan Juniarso pada drum, dan Andra Ramadhan di posisi gitar. Pada saat itu, nama grup musik ini adalah Dewa yang merupakan akronim dari nama keempat anggotanya.

Dua tahun berselang, Dewa 19 kehadiran anggota baru yaitu Ari Lasso sebagai vokalis utama. Dengan hal itu, maka formasi awal Dewa 19 berisi personel seperti berikut ini:

  • Ahmad Dhani
  • Erwin Prasetya
  • Wawan Juniarso
  • Andra Ramadhan
  • Ari Lasso

Formasi Dewa 19 Sekarang

Tiga dekade berselang, formasi Dewa 19 sekarang sudah mengalami beberapa perubahan. Mulai dari vokalis, basist, hingga telah beberapa dari formasi awal grup musik ini. Hanya Ahmad Dhani dan Andra Ramadhan yang masih terus bertahan sejak awal berdiri sampai sekarang. Berikut ini adalah formasi terbarunya:

  • Ahmad Dhani
  • Yuke Sampurna
  • Agung Gimbal
  • Andra Ramadhan
  • Virzha/Ello (dengan skema Featuring)
Baca juga:  20 Lagu Dewa 19 feat Ello: Ga Kalah Enak dari Versi Asli!

Selain kedua formasi tersebut, Dewa 19 juga pernah memiliki beberapa formasi lain yang terus berubah dari masa ke masa. Kalau kamu penasaran, berikut ini adalah deretan anggota dan mantan anggota Dewa 19 berdasarkan posisinya.

Keyboard

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Ahmad Dhani adalah pendiri sekaligus orang yang terus bertahan di Dewa 19 sampai sekarang. Huruf D dalam Dewa 19 ini adalah pemain keyboar sekaligus komposer, produser, dan penulis dari puluhan lagu hits milik Dewa 19.

Baca juga: Daftar 200 Lagu Ciptaan Ahmad Dhani: Kamu Pasti Belum Tahu!

Dedikasi dan kontribusi Ahmad Dhani terhadap Dewa 19 tidak perlu diragukan lagi. Semua karya-karya yang telah ia ciptakan telah membawa grup musik legendaris ini mencapai puncak kejayaan dengan jutaan kopi album terjual dan meraih puluhan penghargaan bergengsi di Indonesia.

Vokalis Dewa 19

Personel Dewa 19 pada posisi vokalis utama mengalami beberapa perubahan. Hingga saat ini, ada empat orang yang pernah dan merupakan vokalis dari Dewa 19. Di awali oleh Ari Lasso pada tahun 1988-1999, vokalis Dewa 19 kemudian digantikan oleh Once Mekel pada tahun 2000-2010.

Baca juga: Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa Lengkap dengan Lagu-lagu Hitsnya!

Setelah ditinggalkan oleh Once Mekel, Dewa 19 berjalan sebagai grup musik tanpa vokalis utama. Pada tahun 2021, barulah Dewa 19 kembali memiliki vokalis namun kali ini dengan konsep featuring (kolaborasi). Terdapat dua musisi yang kini mengisi posisi vokalis utama dengan konsep featuring di Dewa 19 yaitu Virzha yang bergabung pada tahun 2021 dan Ello yang mulai bergabung pada tahun 2022 lalu.

Meski grup musik ini memiliki empat vokalis, para Baladewa dan Baladewi masih memiliki kesempatan untuk menyaksikan keempatnya bernyanyi di dalam satu panggung seperti pada saat konser 30 Tahun Perjalanan Karier Dewa 19 di Jakarta Internasional Stadium.

Baca juga:  30 Lagu Pop Indonesia Viral 2024: Ada Kahitna dan Dewa 19!

Gitaris

Sama seperti posisi keyboard, gitaris Dewa 19 juga tidak tergantikan sejak awal berdiri sampai sekarang. Sosok yang berada di posisi ini adalah Andra Ramadhan yang merupakan huruf A dalam Dewa 19. Ia telah bergabung sejak awal pendirian pada tahun 1986, bahkan ketika tiga dari lima anggota grup musik ini keluar akibat narkoba, ia tetap bertahan dan bersih dari pengaruh obat-obatan terlarang.

Baca juga: Profil Gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan: Awalnya Mau Jadi Drummer!

Selain bermain gitar, ia juga ikut menciptakan beberapa lagu hits milik Dewa 19 seperti “Selimut Hati”, “Aku Milikmu, “Separuh Nafas”, dan “Sedang Ingin Bercinta”.

Bassist

Pada posisi bas, Dewa 19 juga sempat mengalami pergantian personel yaitu ketika Erwin Prasetya digantikan oleh Yuke Sampurna pada tahun 2002 lalu. Erwin merupakan huruf E dalam Dewa 19 yang telah bergabung sejak awal pembentukan pada tahun 1986.

Sebelum memutuskan untuk keluar dari Dewa 19 pada tahun 2002, Erwin telah menciptakan beberapa lagu hits yang terus diputar sampai sekarang meliputi “Kirana”, “Restoe Boemi”, “Kamulah Satu-Satunya”, dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Yuke Sampurna merupakan bassist Dewa 19 yang bergabung mulai tahun 2002 hingga sekarang. Ia telah ikut bermain dalam sejumlah album Dewa 19 paling populer seperti Laskar Cinta (2004), Republik Cinta (2005), dan Kerajaan Cinta (2007).

Drummer

Sama seperti posisi vokalis, drummer Dewa 19 juga diisi oleh empat orang yang berbeda sejak awal pendiriannya sampai sekarang. Keempat orang tersebut adalah Wawan Juniarso (1986-1994) yang merupakan huruf W dalam Dewa 19, Wong Akhsan (1995-1998), Tyo Nugros (1999-2007), dan yang terbaru adalah Agung Gimbal (2007-sekarang).

Baca juga: Drummer Dewa 19 Dari Masa ke Masa: Ada yang Dijuluki Drummer Ganteng!

Baca juga:  Konser Dewa 19 di Tangerang 2024: Harga Tiket dan Jadwalnya!

Pada beberapa kesempatan, kamu juga bisa melihat aksi beberapa drummer sekaligus dalam satu pertunjukan spektakuler seperti konser Dewa 19 di JIS dan Dewa 19 feat All Stars di Si Jalak Harupat.

Siapa Personel Dewa 19 Favoritmu?

Itu dia deretan personel Dewa 19 dari awal berdiri sampai sekarang. Meski formasinya harus berubah beberapa kali, eksistensi Dewa 19 sebagai grup musik rock legendaris di Indonesia tetap tidak terbantahkan. Mereka tetap sukses melahirkan banyak karya dan menggelar pertunjukan-pertunjukan spektakuler di seluruh Indonesia.

Nah, dari deretan musisi dan mantan musisi Dewa 19 yang sudah kita bahas sebelumnya, mana nih personel yang jadi favorit kamu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk kunjungi berbagai konser spektakuler Dewa 19 dan beli tiketnya dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles