12 Penyanyi Jazz Indonesia Terpopuler: Kamu Harus Tahu!

Belantika musik Indonesia diisi oleh segudang talenta berbakat dalam berbagai genre, tidak terkecuali Jazz. Ada banyak penyanyi jazz Indonesia yang memiliki puluhan lagu hits dan segudang prestasi di dunia musik. Untuk kamu yang suka dengan lagu-lagu Jazz, beberapa musisi berikut ini wajib banget untuk diketahui!

Baca juga: 15 Penyanyi Pop Indonesia Terpopuler: Update Terbaru!

Penyanyi Jazz Indonesia Terpopuler

Meski getaran musik jazz di Indonesia tidak sekeras lagu pop, ada banyak sekali musisi legendaris dari genre musik ini. Mulai dari Dira Sugandi hingga Iga Mawarni, berikut ini adalah daftar lengkapnya.

Baca juga: 15 Penyanyi Pendatang Baru Indonesia: Muda dan Hits! [Update]

1. Dira Sugandi 

Penyanyi Jazz Indonesia, Dira Surandi
Foto: Instagram/dirasurandi

Penampilan panggung yang mengagumkan, kemampuan vokal yang luar biasa, dan interpretasi yang kuat dalam lagu-lagu jazz klasik membuat Dira Sugandi diakui sebagai salah satu penyanyi jazz terbaik di Indonesia. Sejak kecil, Dira telah menunjukkan bakatnya dalam bernyanyi dengan mengikuti berbagai kompetisi penyanyi jazz. 

Saat ini, Dira telah memiliki pengalaman tampil bersama banyak musisi dan kelompok musik terkenal baik di Indonesia maupun luar negeri. Diantaranya adalah Soulmate, Maestro Big Band, Rika Roeslan, Sova, Imam Praz Quartet, bahkan dengan Incognito. Selain itu, ia juga kerap kali tampil di acara-acara musik jazz baik di dalam maupun luar negeri. 

2. Tulus 

Tulus
Foto: Instagram/tulusm

Tidak kalah populer dengan penyaji sebelumnya, Tulus juga merupakan seorang penyanyi Jazz kenamaan tanah air yang harus kamu tahu.  Pertama kali meniti karier profesionalnya sebagai penyanyi pada tahun 2011, kini Tulus telah berhasil menciptakan banyak lagu Jazz yang unik dan populer.

Tulus terkenal karena kepiawaiannya dalam memadukan suara lembut dengan aransemen yang unik. Tak heran, setiap pertunjukan musik yang ia selenggarakan selalu sukses diserbu penonton. Terdapat banyak karya populer yang telah ia miliki termasuk “Monokrom”, “Interaksi”, dan “Hati-Hati di Jalan”.  

3. Tompi 

Penyanyi Jazz Indonesia, Tompi
Foto: Deezer

Tompi dikenal sebagai penyanyi jazz Indonesia yang juga mampu memainkan beberapa alat musik seperti saxophone dan gitar. Selain itu, ia juga memiliki kemampuan vokal kuat dan interpretasi yang emosional. Tak heran, lagu-lagu milik Tompi selalu berhasil menyentuh hati para pendengarnya. 

Baca juga:  10 Lagu BTS Terbaru 2024 yang Paling Viral: Apa Favoritmu?

Meski kini Tompi memilih fokus pada kariernya sebagai seorang dokter bedah plastik, lagu-lagu yang telah ia rilis masih terus didengarkan hingga sekarang. Pada saat artikel ini ditulis, Tompi memiliki lebih dari satu juta pendengar bulanan di Spotify. Beberapa karya paling populer yang ia miliki adalah “Menghujam Jantungku”, “Sedari Dulu”, dan “Tak Pernah Setengah Hati”. 

4. Indra Lesmana 

Indra Lesmana
Foto: Instagram/indralesmana

Indra Lesmana adalah seorang pianis jazz terkenal di Indonesia yang juga dikenal sebagai penyanyi dan komposer. Kemampuannya untuk menggabungkan jazz dengan musik tradisional Nusantara membuatnya diakui sebagai salah satu penyanyi jazz Indonesia terpopuler.  

Indra Lesmana telah aktif di dunia musik Indonesia selama lebih dari tiga dekade dan telah merilis banyak karya yang memperkenalkan dan mengembangkan musik jazz di Indonesia. Beberapa album jazz populer yang ia rilis antara lain “La Samba Primadona” (1987), ” Kau Datang ” (1988), dan ” Joy Joy Joy ” (2009). 

5. Andien 

Penyanyi Jazz Indonesia, Andien

Andien merupakan salah satu penyanyi jazz Indonesia terpopuler berkat kemampuan vokalnya yang indah dan mampu memadukan unsur-unsur pop ke dalam lagu-lagu jazznya. Ia meraih popularitas pada tahun 2000-an dengan lagu-lagu seperti “Bisikan Hati” dan “Sahabat Setia”.  

Andien juga dikenal sebagai penyanyi yang memiliki ketertarikan terhadap musik klasik dan musik tradisional Indonesia, yang terlihat dalam album-albumnya seperti “Gemintang” dan “Let It Be My Way”. Selain itu, Andien juga dikenal sebagai aktivis lingkungan dan sosial, dengan berpartisipasi dalam kampanye-kampanye kepedulian lingkungan dan hak-hak perempuan. 

6. Benny Likumahuwa 

Benny Likumahuwa
Foto: Instagram/likuma

Benny Likumahuwa adalah salah satu legenda jazz Indonesia yang namanya telah dikenal luas oleh para pecinta musik jazz. Ia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam memainkan berbagai macam alat musik, termasuk bongo, bass, clarinet, saksofon, dan trombon. Karir bermusiknya dimulai dengan bergabung bersama Cresendo Band, dan kemudian membentuk band bernama The Augersindo yang sukses melakukan tur keliling Asia. 

Baca juga:  10 Cafe di Palembang yang Bagus dan Murah Terbaru 2024

Selama kariernya, Benny telah aktif dalam berbagai acara jazz bertaraf internasional, seperti The Singapore Jazz Festival pada tahun 1986, The Jakarta Jazz Festival pada tahun 1988, dan The North Sea Jazz Festival pada tahun 1990 di Belanda. Selain itu, ia juga pernah merilis beberapa album solo yang sukses, seperti “Benny Likumahuwa Jazz Connection” dan “Like Father Like Son”.  

7. Raisa 

Penyanyi Jazz Indonesia, Raisa
Foto: Instagram/raisa6690

Raisa merupakan penyanyi yang sangat populer di Indonesia dan juga sering kali menampilkan lagu-lagu jazz dalam penampilannya. Ia memiliki suara yang lembut dan emosional serta kemampuan bermusik yang baik. Beberapa lagu jazz miliknya yang cukup terkenal antara lain “Could it Be” dan “LDR”.  

Selain itu, ia juga pernah merilis album jazz berjudul “Heart to Heart” pada tahun 2015. Dengan suara yang lembut dan emosional serta kemampuan bermusik yang baik, Raisa diakui sebagai salah satu penyanyi jazz Indonesia terpopuler. 

8. Yura Yunita 

Yura Yunita
Foto: Instagram/yurayunita

Lahir di Bandung pada tahun 1991, Yura Yunita adalah nama penyanyi jazz Indonesia terkenal yang selanjutnya. Ia memulai karier bermusiknya pada tahun 2012 dengan mengikuti ajang pencarian bakat Indonesian Idol musim ketujuh. Meski harus tersingkir pada babak Eliminasi 3, Yura berhasil melanjutkan karier bermusiknya setelah ia ditawari kontrak kerja oleh  Glenn Fredly pada tahun 2014 lalu. 

Sejak saat itu, Yura terus aktif bermusik dan melahirkan banyak lagu-lagu Jazz yang sangat populer di Indonesia. Beberapa lagu paling hit yang ia miliki saat ini meliputi  “Tutur Batin”, “Cinta dan Rahasia”, “Dunia Tipu-Tipu”, dan masih banyak lagi. 

9. Ardhito Pramono 

Penyanyi jazz Indonesia, Ardhito Pramono
Foto: Instagram/Ardhito Pramono

Penyanyi jazz Indonesia terpopuler selanjutnya diisi oleh penyanyi muda kelahiran tahun 1995, Ardhito Pramono. Ia memulai karier bermusiknya dengan merilis single perdana berjudul  “The Sun” pada tahun 2016 lalu. Kini, ia telah memiliki setidaknya 45 single hits dengan puluhan juta kali pemutaran di Spotify.

Baca juga: 10 Lagu Ardhito Pramono Terbaru dan Terpopuler, Liriknya Ngena!

Beberapa lagu terpopulernya seperti “Sudah”, “I Couldn’t Save You Tonight”, dan “Bitterlove” bahkan sudah mendapatkan masing-masing 97 juta, 105 juta, dan 84 juta kali pemutaran. Dari beberapa lagu Ardhito Pramono tersebut, mana yang jadi favoritmu? 

Baca juga:  10 Cafe Karawang Instagramable Terbaik: Murah dan Estetik!

Baca juga:   

10. Glenn Fredly 

Glenn Fredly
Foto: Instagram/glennfredly309

Selanjutnya, nama penyanyi jazz Indonesia terpopuler yang harus kamu tahu adalah Glenn Fredly. Selama lebih dari dua dekade, sebelum ia wafat pada 2020 lalu, Glenn telah dikenal sebagai salah satu penyanyi jazz yang sangat legendaris.  

Puluhan lagu hits telah ia telurkan dengan belasan penghargaan bergengsi menghiasi perjalanan bermusiknya. Kini, lagu-lagu Glenn Fredly masih terus diputar dan mengisi playlist jutaan pendengar di seluruh Indonesia. Beberapa karya terpopuler yang ia miliki meliputi “Januari”,  “Adu Rayu”, “Sekali Ini Saja”, dan masih banyak lagi. 

11. Eva Celia

Penyanyi Jazz Indonesia, Eva Celia
Foto: Instagram/evacelia

Memiliki darah seni dari kedua orang tuanya, penyayi jazz Indonesia terpopuler selanjutnya yang harus kamu tahu adalah Eva Celia. Ia merupakan putri dari Indra Lesmana dan Sophia Latjuba.

Meski usianya masih belia, Eva Celia telah menelurkan banyak karya populer yang terus didengarkan oleh para pencinta musik di Indonesia. Mulai dari “C.H.R.I.S.Y.E”, “Kala Senja”, hingga “Electric” telah mendapatkan hingga 81 juta kali pemutaran di Spotify. Supaya enggak penasaran, putar lagu-lagu Eva sekarang juga!

12. Iga Mawarni

Iga Mawarni
Foto: Audio Library/Iga Mawarni

Terakhir namun tak kalah populer, penyanyi jazz Indonesia yang harus kamu tahu adalah Iga Mawarni. Ia merupakan seorang musisi yang sangat terkenal di dekade 90an lalu. Beberapa hit yang ia miliki adalah “Kasmaran”, “Pasrah”, “Awal Sebuah Cinta”, dan “Kejujuran”.

Dengan nuansa musik khas tahun 90an, lagu-lagu Iga Mawarni masih tetap enak didengarkan hingga sekarang. Cobain, deh!

Siapa Penyanyi Jazz Indonesia Favoritmu? 

Nah, itu dia beberapa penyanyi jazz Indonesia terpopuler yang memiliki bakat dan kemampuan luar biasa dalam bermusik. Jadi, mulai dari Dira Sugandi, Tulus, Tompi, hingga Iga Mawarni, siapa musisi jazz yang jadi favoritmu? 

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles