10 Patung di Bali Terpopuler yang Harus Kamu Tahu!

Bali adalah rumah bagi berbagai karya seni terbaik di Indonesia. Kekayaan budaya yang mereka miliki tidak pernah berhenti menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan. Nah, kalau kamu penasaran dengan patung di Bali terpopuler, berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: 10 Rekomendasi Cafe di Bali: Instagramable dan Murah!

Patung di Bali

Ketika berkunjung ke Pulau Dewata, kamu akan menemukan banyak sekali patung megah dengan makna filosofis yang tinggi. Mulai dari patung dewa, hingga patung yang menggambarkan kisah Mahabarata dan Ramayana bisa dengan mudah kamu temukan di Bali. Berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

ADS

Nikmati pesta malam tahun baru yang meriah di Bali dengan penampilan spesial dari Dewa 19, Isyana Sarasvati, dan masih banyak lagi di GWK Bali Countdown 2024: Sound of Soulz. Pesan tiketnya dari jauh-jauh hari dengan harga termurahhhh menggunakan tombol berikut ini sekarang juga!

BELI TIKET GWK BALI COUNTDOWN 2024

ADS

1. Garuda Wisnu Kencana

Patung di Bali, Garuda Wisnu Kencana
Foto: Maps/Bogdan Hurtupan

Patung GWK, atau Garuda Wisnu Kencana, adalah salah satu patung di Bali terpopuler dengan tinggi 121 meter dan lebar 60 meter. Patung ini merupakan karya dari seniman kenamaan Bali, I Nyoman Nuarta.

Dalam pembuatannya, patung ini menggunakan campuran baja dan tembaga seberat 4000 ton dengan waktu pembangunan selama 28 tahun. Kalau kamu tertarik untuk menyaksikan kemegahannya secara langsung, patung Garuda Wisnu Kencana bisa kamu temukan di Jl. Raya Uluwatu, Ungasan, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

2. Patung Satria Gatot Kaca

Patung Satria Gatot Kaca
Foto: Maps/Thaveesha C

Patung Satria Gatot Kaca adalah patung ikonik selanjutnya yang terletak di di sekitar Bandar Udara Ngurah Rai, Bali. Dibangun pada tahun 1993 oleh seniman bernama I Wayan Winten, patung ini terinspirasi oleh kisah Mahabarata yang legendaris.

Keberadaan patung ini tidak hanya menambah keindahan bangunan di sekitar bandara, tetapi juga diyakini oleh masyarakat Bali sebagai sumber perlindungan bagi para wisatawan. Kalau kamu keluar dari Bandar Udara Ngurah Rai, Bali, kemegahan patung ini pasti bisa langsung kamu saksikan.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits: Murah dan Seru!

3. Patung Nakula Sahadewa

Patung di Bali, Patung Nakula Sahadewa
Foto: Maps/Sofyan Suri

Masih berasal dari kisah epik Mahabarata, Nakula Sahadewa adalah salah satu patung terkenal karya I Wayan Winten, seorang maestro patung asal Bali. Terletak di jalan Uluwatu II, Badung, Jimbaran, patung ini menggambarkan dua tokoh ksatria kembar dari kerajaan Pandawa.

Patung di Bali ini dibandung dalam dua tahap yaitu pada tahun 2017 dan 2018. Setelah jadi, patung ini menjadi simbol berdirinya kawasan Jimbaran, yang kini dikenal sebagai pusat kuliner internasional di Bali. Kalau kamu ingin menyaksikan keindahan patung ini, kamu bisa menemukannya di Jl. Uluwatu II, Jimbaran, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali.

4. Patung Titi Banda

Patung Titi Banda
Foto: Maps/Cokorda Sorotama

Tidak kalah popular dan megah, patung di Bali yang selanjutnya adalah Patung Titi Banda dengan ukuran tinggi 18 meter. Patung ini menampilkan Rama sebagai tokoh utama, dengan menceritakan usahanya menyelamatkan Dewi Shinta dari cengkeraman Rahwana di kerajaan Alengka.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Tahun Baru 2024 di Bali: Dijamin Seru!

Dalam gambarannya, Rama berada bersama para Wanara atau pasukan kera yang sedang membangun jembatan Situbanda untuk menjemput Dewi Shinta. Untuk menikmati maha karya seni ini, kamu bisa menemukannya di . Bypass Ngurah Rai No.90, Kesiman Kertalangu, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali.

5. Patung Dewa Ruci

Patung di Bali, Patung Dewa Ruci
Foto: Maps/발리Hulk

Berdiri megah di Simpang Siur, Kuta, Bali, patung Dewa Ruci karya I Wayan Winten telah memukau para pengunjung sejak tahun 1996. Walaupun waktu telah lama berlalu sejak pembuatannya, pesona patung ini tidak luntur dan tetap menarik perhatian para wisatawan.

Patung di Bali ini menceritakan kisah Bima yang menjelajahi samudera untuk menemukan Tirta Amerta, sumber air kehidupan. Dalam perjalanannya, ia menghadapi berbagai tantangan dan Puncaknya terjadi ketika Bima berhasil mengalahkan naga Baruna, membuka jalan bagi pertemuannya dengan sosok Dewa Ruci yang legendaris.

Baca juga:  Profil Mahalini: Agama, Prestasi, dan Perjalanan Kariernya!

Sejak saat itu, patung ini menjadi simbol kekuatan dan kemenangan yang terus memikat mata dan hati para pengunjung. Kalau kamu ingin menyaksikan karya seni ini, kamu bisa menemukannya di Jl. Bypass Ngurah Rai No.120 AB, Kuta, Kec. Kuta, Kabupaten Badung, Bali.

6. Patung Catur Muka

Patung Catur Muka
Foto: Maps/I Kadek Tobbi Dipayana Ariyasa _31

Patung di Bali terpopuler yang selanjutnya adalah Catur Muka, atau lebih dikenal sebagai Kanda Pat Sari, yang menjadi salah satu Landmark Kota Denpasar. Karya seniman terkenal, I Gusti Nyoman Lempad, patung ini merupakan perwujudan Dewa Brahma yang tegak berdiri di atas kelopak bunga Teratai.

Dengan empat wajahnya yang menghadap ke berbagai arah mata angin, patung ini mencerminkan sifat-sifat bijaksana, tentram, penuh kasih sayang, dan penuh kekuatan yang dimiliki oleh sang dewa. Kalau kamu ingin menikmati keindahan karya seni ini, Patung Catur Muka bisa kamu temukan di Dangin Puri Kauh, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali.

7. Patung I Gusti Ngurah Rai

Patung di Bali, Patung I Gusti Ngurah Rai
Foto: Maps/Bang Ramdhani

Berdiri kokoh tidak jauh dari Bandara Internasional Ngurah Rai, Patung I Gusti Ngurah Rai menjadi salah satu daya tarik Pulau Dewata. Diciptakan oleh Surya Pernawa, patung ini tidak hanya sekadar bentuk seni, tetapi juga sebuah penghargaan kepada sosok pahlawan yang berjasa besar.

Baca juga: 10 Beach Club Bali Terbaik: Hits dan Murah!

I Gusti Ngurah Rai, pahlawan nasional yang berperan aktif dalam perlawanan melawan penjajah di berbagai wilayah Bali, menemui ajalnya pada tanggal 20 November 1947 di desa Marga, Tabanan. Patung monumental ini hadir sebagai bentuk penghormatan dan kenangan terhadap dedikasinya sebagai pahlawan bangsa yang berjuang dengan gigih.

8. Patung Krishna Arjuna

Patung Krishna Arjuna
Foto: Maps/何文廣

Dengan ketinggian mencapai sekitar 17 meter, patung di Bali terpopuler yang selanjutnya adalah Patung Khrisna Arjuna. Patung ini menjadi salah satu daya tarik utama yang terletak di area wisata Water Blow.

Baca juga:  Makna Lagu Birds of A Feather - Billie Eilish: Tentang Cinta Mati!

Patung Khrisna Arjuna merupakan salah satu dari patung terbesar yang menghiasi pulau Dewata. Proses perancangannya dimulai pada tahun 2009, dan kini menjadi landmark yang menghiasi kawasan Nusa Dua di Bali.

9. Patung Kumbakarna Laga

Patung di Bali, Patung Kumbakarna Laga
Foto: Maps/Charlie Jay

Patung terpopuler di Bali yang selanjutnya terletak di kawasan Kebun Raya Bali, yaitu Patung Kumbakarna Laga. Seperti namanya, patung ini menggambarkan tokoh Kumbakarna dari epik Ramayana, adik dari sosok jahat Rahwana.

Kumbakarna digambarkan sebagai ksatria yang setia dan patriotik, mempertahankan kerajaannya dengan menghadapi pasukan Wanara yang dipimpin oleh Rama. Kalau kamu tertarik untuk melihatnya secara langsung, Patung Kumbakarna Laga bisa kamu temukan di Jl. Kebun Raya Eka Karya, Candikuning, Kec. Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

10. Patung Bayi Sakah

Patung Bayi Sakah
Foto: Maps/Doug Ho

Patung Bayi Sikah adalah mewakili Sang Hyang Siwa Budha atau dikenal sebagai Sang Hyang Brahma Lelare. Mengambil bentuk seorang Bayi Raksasa, kehadiran patung ini telah lama menjadi daya tarik bagi para wisatawan yang berlibur ke Pulau Dewata.

Masyarakat lokal mempercayai, patung Bayi Sikah  memiliki nuansa magis yang cukup kuat. Cerita masyarakat tersebut semakin menambah daya tarik dari patung megah tersebut. Kalau kamu ingin menyaksikan kemegahannya secara langung, patung ini bisa kamu temukan di Jl. Raya Sakah, Batuan Kaler, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali.

Apa Patung di Bali Favoritmu?

Nah, itu dia deretan patung di Bali terpopuler yang harus kamu tahu. Jadi, mulai dari patung GWK, Satria Gatot Kaca, Nakula Sahadewa, sampai Bayi Sikah, mana patung favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles