10 Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibawa Pulang

Oleh-oleh khas Tulungagung, Kopi Ijo
Foto: Tokopedia/Mawadda_Store

Jika biasanya air seduhan kopi berwarna hitam, di Tulungagung kamu bisa menemukan sajian kopi hijau.  Kopi ijo memiliki ciri khas warna gelap yang berubah menjadi hijau ketika disinari cahaya atau dituang ke atas tatakan. Uniknya, kopi ini tidak dicampur dengan bahan lain selama proses pembuatannya.

Untuk menghasilkan warna hijau tersebut, biji kopi dipanaskan di atas api tungku dengan menjaga suhu agar tetap stabil. Setelah itu, biji kopi digiling hingga halus dengan mesin khusus. Jika kamu tertarik untuk membeli dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh, Kopi Ijo bisa kamu dapatkan dengan harga Rp50.000 per bungkus.

8. Kacang Atom

Kacang Atom
Foto: Pinterest

Kacang atom siapa yang tak tahu? Camilan ini sangat legendaris dan bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai tempat. Namun, ketika berkunjung ke Tulungagung, mereka memiliki kacang atom dengan rasa yang unik. Oleh karena itu, camilan ini sangat cocok untuk menjadi oleh-oleh. Harganya juga terjangkau, sekitar Rp5.000 per bungkus.

9. Brondong Ketan

Oleh-oleh khas Tulungagung, Brondong Ketan
Foto: Budaya Indonesia

Telah populer sejak tahun 80-an, pilihan oleh-oleh khas Tulungagung yang selanjutnya adalah Brondong Ketan. Makanan ini memiliki cita rasa yang manis dengan tekstur yang renyah.

Proses pembuatan brondong ketan menggunakan gabah ketan sebagai bahan utamanya yang kemudian digoreng menggunakan abu dapur. Setelah ketan mengembang, ketan dipisahkan dan didinginkan, lalu disaring. Kemudian dibentuk menjadi kepalan dengan menggunakan sarung tangan yang telah dilumuri gula cair.

Meskipun rasanya cenderung manis, brondong ketan tidak membuat perut terasa berat. Jika kamu tertarik untuk membawanya pulang, makanan ini bisa kamu beli dengan harga sekitar Rp15.000 per pack.

10. Manco

Manco
Foto: Pemerintah Kabupaten Purbalingga

Terakhir tapi tak kalah menarik untuk dibawa pulang, Manco bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Tulungagung yang selanjutnya. Camilan ini terbuat dari tepung ketan, gula jawa, dan taburan beras sangrai atau wijen. Rasanya juga sangat khas, berbeda dengan Manco yang mungkin kamu temukan di daerah lain.

Baca juga:  Makna Lagu Birds of A Feather - Billie Eilish: Tentang Cinta Mati!

Untuk membawanya pulang, kamu hanya perlu menyiapkan uang sekitar Rp7.500 per bungkus. Murah bangettt.

Apa Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Ingin Kamu Bawa Pulang?

Nah, itu dia beberapa pilihan oleh-oleh khas Tulungagung yang wajib banget kamu bawa pulang. Jadi, mulai dari Enting-Enting Kacang, Kue Sagon, Jenang Syabun, hingga Manco, apa nih yang ingin kamu bawa pulang?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Tulungagung dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles