10 Oleh-oleh Khas Tulungagung yang Wajib Dibawa Pulang

Berkunjung ke Tulungagung, tentu kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Tempat ini memiliki banyak pilihan makanan yang lezat, tahan lama, dan murah. Kalau kamu penasaran apa saja oleh-oleh khas Tulungagung yang cocok untuk dibawa pulang, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

Baca juga: Swara Semesta 2024 Di Tulungagung: Ada Dewa 19, Harga Tiketnya Murah!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Oleh-oleh Khas Tulungagung

Oleh-oleh dari Tulungagung biasanya memiliki tampilan dan cita rasa sederhana seperti entaing-enting kacang, kue sagon, hingga manco. Namun, cita rasa otentik dari makanan tersebut tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Tulungagung, jangan lupa untuk beli beberapa oleh-oleh berikut ini:

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Tulungagung yang Lagi Hits 2024

1. Enting-enting Kacang

Oleh-oleh khas Tulungagung, Enting-enting Kacang
Foto: Cookpad/Cece Wanti

Di urutan pertama, pilihan oleh-oleh khas Tulungagung yang bisa kamu bawa pulang adalah geti atau enting-enting kacang. Makanan ringan ini terbuat dari campuran kacang tanah dan wijen, yang kemudian dimasak dalam larutan gula merah hingga kering dan dikemas dalam plastik kecil.

Enting-enting kacang memiliki rasa gurih dengan sentuhan manis yang tidak terlalu dominan, membuatnya menarik bagi para penikmatnya. Oleh-oleh ini bisa kamu dapatkan dengan harga berkisar antara Rp5.000 – Rp15.000 saja.

2. Kue Sagon

Kue Sagon
Foto: Cookpad/Uli’s Kitchen

Kue Sagon bisa dikatakan sangat populer di seluruh Pulau Jawa, termasuk Tulungagung. Camilan ini memiliki cita rasa yang enak, gurih, dan manis, serta aroma yang harum. Bahan dasarnya terdiri dari tepung ketan, kelapa, dan tepung sagu, dengan namanya diambil dari bahan utamanya, tepung sagu.

Kue Sagon sangat cocok untuk dinikmati bersama secangkir teh atau kopi ketika kumpul keluarga. Selain itu, harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp10.000 per bungkus saja.

Baca juga:  Jadwal JIExpo 2024: Juni dan Juli Banyak Pameran Seru!

3. Jenang Syabun

Oleh-oleh khas Tulungagung, Jenang Syabun
Foto: Kelurahan Sembung

Tak kalah menarik dari sebelumnya, Jenang Syabun juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Tulungagung yang wajib kamu bawa pulang. Makanan tradisional ini terbuat dari bahan sederhana seperti ketan, kelapa, gula pasir, dan susu kental, yang dicampur dengan teknik khusus menjadi dodol.

Proses pembuatan jenang syabun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran, serta perhatian terhadap tingkat panas agar teksturnya tetap lembut dan tidak menggumpal. Meskipun tidak mengandung pengawet buatan, oleh-oleh ini bisa bertahan hingga 3 bulan pada suhu ruangan. Makanan ini bisa kamu beli dengan harga Rp41.000 per box.

4. Gethuk Pisang

Must Read

Related Articles