7 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Paling Populer

Dengan berbagai destinasi wisata yang memukau, Pekanbaru punya daya tarik yang tidak terbantahkan. Mulai dari kawah, bukit, danau, hingga istana kerajaan bisa dengan mudah kamu temukan di kota ini. Namun, kurang lengkap rasanya kalau pergi liburan tapi tidak membawa oleh-oleh khas Pekanbaru.

Nah, supaya kamu enggak bingung mau beli apa, berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh paling populer yang bisa kamu bawa!

Baca juga: 7 Rekomendasi Tempat Wisata di Pekanbaru yang Lagi Hits 2023

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pekanbaru Paling Populer

Pekanbaru terkenal sebagai penghasil buah nanas, durian, dan ikan patin terbesar di provinsi Riau. Tak heran, banyak sajian dan oleh-oleh khas Pekanbaru yang terbuat dari nanas, durian, atau ikan patin. Tapi kamu enggak perlu khawatir, semua sajian yang direkomendasikan berikut ini memiliki cita rasa yang sudah teruji dan cocok untuk lidah wisatawan.

Penasaran ada oleh-oleh apa saja yang bisa dibawa setelah berkunjung ke Pekanbaru? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Beli Tiket Konser Dewa 19 di Pekanbaru 2023: Mulai Rp189 Ribu!

1. Bolu Kemojo

Ketika berkunjung ke Pekanbaru, kamu tidak boleh melewatkan Bolu Kemojo. Makanan ini merupakan kue cantik berbentuk bunga kemboja hijau dengan rasa gurih dan manis yang sempurna. Cita rasa unik dalam oleh-oleh khas Pekanbaru ini berasal dari campuran santan dan gula dalam resepnya.

Kamu bisa memilih bolu ini dalam loyang utuh atau potongan kecil yang lebih praktis. Jangan khawatir, kamu bisa menemukan Bolu Kemojo dengan mudah di berbagai toko oleh-oleh. Jadi, saat berkunjung ke Pekanbaru pastikan kamu mencicipi kelezatan Bolu Kemojo, ya!

2. Keripik Nanas

Pekanbaru adalah kota dengan kebun nanas terbesar di Provinsi Riau. Tak heran, buah nanas berwarna kuning tumbuh dengan begitu mudah di kota ini. Namun, menikmatinya secara mentah terlalu biasa, kan? Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Pekanbaru kamu harus mencicipi keripik nanas yang khas dan unik.

Baca juga:  Konser Dewa 19 di Pekanbaru 2024: Harga Tiket dan Jadwalnya!

Dengan rasa manis yang menggoda dan tekstur renyah, keripik nanas ini memikat hati siapa saja yang mencicipinya. Para wisatawan yang ingin membawa pulang potongan manis dari Pekanbaru dapat dengan mudah menemukannya di berbagai toko oleh-oleh di seluruh kota. Jadi, pastikan kamu membawa keripik nanas sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru, ya!

3. Roti Jala

Roti Jala, yang biasanya dikenal sebagai sajian khas India atau Timur Tengah, punya makna yang berbeda ketika kamu menemukannya di Pekanbaru. Makanan khas ini terbuat dari campuran tepung, air, minyak, dan telur yang dituangkan ke atas penggorengan hingga menyerupai jala yang biasa digunakan untuk menangkap ikan.

Di Pekanbaru, makanan khas ini disajikan dengan semangkuk gulai atau hidangan berkuah lainnya. Kini, Roti Jala juga sudah tersedia dalam kemasan khusus sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru. Ketika kamu kembali ke kota asal, cukup panaskan kembali Roti Jala dengan wajan anti lengket atau microwave, maka setelah itu rotinya sudah siap dihidangkan.

4. Lempok Durian

Selain terkenal sebagai pemilik perkebunan nanas terbesar di Riau, Pekanbaru juga merupakan kota penghasilan buah durian. Seperti buah nanas, di kota ini durian juga diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Salah satu yang tidak boleh kamu lewatkan adalah lempok durian.

Lempok durian adalah sajian mirip dodol dengan tekstur lengket dan padat. Terbuat dari daging durian, rasanya begitu legit dengan aroma khas buah durian yang tak tertandingi. Ketika berkunjung ke Pekanbaru, lempok durian adalah oleh-oleh wajib yang harus kamu cicipi. Selain itu, kamu juga enggak perlu khawatir soal harga karena oleh-oleh khas Pekanbaru ini dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp60.000 saja.

Baca juga:  Profil Tiara Andini: Agama, Pekerjaan Orang Tua, dan Karier!

5. Dodol Kedondong

Kalau biasanya dodol terbuat dari gula aren, di Pekanbaru kamu akan menemukan Dodol Kedondong. Yaps, makanan khas ini merupakan hasil olahan buah kedondong dan gula yang dibuat menjadi dodol bertekstur kenyal dan lengket dengan cita rasa yang unik.

Untuk mencicipinya, kamu bisa dengan mudah menemukan Dodol Kedondong di berbagai pasar tradisional, toko oleh-oleh, atau department store di kota Pekanbaru. Harganya terjangkau, bahkan ada yang dijual dalam jumlah kiloan, sehingga cocok jika ingin membawanya pulang dalam jumlah besar sebagai oleh-oleh khas Pekanbaru.

6. Kacang Pukul

Pekanbaru punya oleh-oleh lezat lain yang tak boleh kamu lewatkan, yaitu Kacang Pukul. Camilan lezat ini terbuat dari kacang yang diolah menjadi kue kecil mirip enting-enting. Rasa gurihnya sangat menggoda, membuat kamu ingin terus menikmatinya. Biasanya, kacang pukul dibungkus dengan cara yang mirip permen atau biscuit kecil, sehingga kalau cuman makan satu bungkus pasti tidak puas.

Masyarakat Pekanbaru suka menikmati kacang pukul sebagai teman minum teh di sore hari atau sekadar camilan. Karena sangat populer, camilan ini bisa dengan mudah kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh. Jadi, pastikan kamu membawanya pulang sebagai oleh-oleh, ya!

7. Salai Ikan Patin

Selain berbagai buah-buahan lezat, ketika berkunjung ke Pekanbaru kamu juga bisa dengan mudah menemukan berbagai jenis olahan ikan patin. Hal ini terjadi karena Pekanbaru memang memiliki banyak sungai dan tempat budidaya ikan patin. Namun, dari berbagai kuliner ikan patin yang ada, Salai Ikan Patin adalah pilihan makanan yang paling populer.

Salai Ikan Patin adalah hasil olahan ikan patin yang disajikan dalam bentuk asap setengah kering dengan aroma khas yang begitu menggoda. Biasanya, hidangan ini disantap bersama sambal pedas dan nasi putih hangat. Berbeda dengan beberapa oleh-oleh khas Pekanbaru sebelumnya, karena telah melalui proses pengasapan, Salai Ikan Patin lebih tahan lama dan cocok untuk dibawa sebagai buah tangan dari Pekanbaru.

Baca juga:  Sinopsis Ipar Adalah Maut dan Daftar Pemainnya, Viral Banget!

Jadi, Mau Beli Oleh-oleh Khas Pekanbaru yang Mana?

Nah, itu dia beberapa pilihan oleh-oleh khas Pekanbaru paling populer yang bisa kamu bawa. Mulai dari Bolu Kemojo, Keripik Nanas, Roti Jala, hingga Salai Ikan Patin menawarkan kelezatan yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Oleh karena itu, beberapa rekomendasi oleh-oleh di atas jangan sampai terlewat, ya!

Jangan lupa juga untuk menonton Konser Sang Pangeran Cinta di Pekanbaru dengan line up Dewa 19 dan Padi pada tanggal 7 Oktober 2023 mendatang. Supaya enggak ketinggalan keseruannya, yuk segera beli tiket konser tersebut di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles