12 Oleh-Oleh Khas Pati Terbaik: Enak dan Legendaris Banget!

Oleh-Oleh khas Pati menawarkan cita rasa otentik dan keragaman budaya yang hanya bisa kamu temukan di “Bumi Mina Tani”. Nah, buat kamu yang berencana untuk datang ke kota ini dalam waktu dekat, jangan lupa untuk bawa pulang beberapa rekomendasi makanan dan kerajinan berikut ini!

Baca juga: Gayeng Fest Season 3 di Pati: Harga Tiket, Lokasi, dan Jadwalnya!

Oleh-oleh Khas Pati Terbaik

Selain berbagai tempat wisata dengan pemandangan yang menakjubkan, Pati juga menawarkan banyak sekali makanan dan kerajinan khas yang bisa kamu bawa sebagai cinderamata. Mulai dari Bandeng Presto, Sarang Madu, Kerupuk Ampo, hingga Telur Asap Lurik, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Pati Terbaik 2024: Cocok Buat Healing!

1. Bandeng Presto

Oleh-oleh khas Pati, Bandeng Presto
Foto: paxelmarket/DAPUR PUTRI

Untuk para penggemar olahan ikan, Bandeng Presto adalah oleh-oleh khas Pati yang tidak boleh dilewatkan. Berbeda dengan bandeng presto pada umumnya, di Pati kamu akan menemukan kalau makanan ini memiliki cita rasa yang unik.

Selain lezat, proses pembuatan bandeng presto juga dilakukan secara modern sehingga makanan ini aman untuk dikonsumsi. Kalau kamu bosan memakannya secara langsung, bandeng presto juga bisa diolah kembali menjadi berbagai hidangan lezat seperti pepesan atau sop ikan kuah kuning.

2. Sarang Madu

Sarang Madu
Foto: Inibaru

Ketika mendengar namanya, kamu mungkin mengira kalau makanan ini adalah sarang dari lebah yang memiliki madu di dalamnya. Namun, hal tersebut keliru karena Sarang Lebah di sini merujuk pada makanan khas yang bentuknya mirip sarang lebah lengkap dengan warna kecoklatannya.

Sarang madu dibuat dari tepung beras dengan tekstur yang renyah ketika dimakan. Selain itu, kamu juga akan menemukan larutan gula jawa di atas makanan ini yang membuat rasanya menjadi manis di lidah. Nah, buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh berupa camilan, makanan ini tidak boleh kamu lewatkan.

3. Kerupuk Ampo

Oleh-oleh khas Pati, Kerupuk Ampo
Foto: Ngopibareng.id/Khoirul Huda

Tidak kalah menarik dari camilan sebelumnya, Kerupuk Ampo juga merupakan oleh-oleh khas Pati yang sangat populer dan layak untuk kamu bawa pulang. Camilan ini terbuat dari tanah liat yang sudah kering dan biasa disajikan dengan seduhan kopi atau teh di sore hari.

Bahan bakunya yang unik membuat banyak wisatawan penasaran dengan camilan ini. Namun meskipun begitu, rasa dari Ampo tetap enak di lidah seperti sedang memakan sebuah stik coklat. Sayangnya, saat ini produsen Ampo sudah sulit ditemui sehingga kamu perlu berusaha lebih untuk mendapatkannya ketika berkunjung ke Pati.

4. Kerupuk Daging

Kerupuk Daging
Foto: Shopee/M STORE PATI

Sama-sama memiliki tekstur yang renyah ketika dimakan, Kerupuk Daging adalah oleh-oleh khas Pati yang tidak kalah menarik untuk dibawa pulang. Makanan ini memiliki bahan dasar berupa daging ikan, kambing, atau sapi yang dihaluskan lalu dibentuk menjadi kerupuk.

Setelah itu, adonan yang sudah terbentuk dijemur hingga kering dan digoreng untuk kemudian disajikan sebagai camilan. Jika kamu tertarik untuk membawa kerupuk daging sebagai oleh-oleh, kamu mungkin harus mencarinya di pasar-pasar tradisional.

Baca juga:  10 Lagu Juicy Luicy Terbaru 2024: Viral dan Relate Banget!

5. Getuk Runting

Must Read

Related Articles