7 Oleh-oleh Khas Pangkalpinang yang Wajib Kamu Cicipi!

Pangkalpinang adalah daerah yang kaya akan budaya, kuliner, dan tempat wisata yang mempesona. Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke daerah ini namun tidak mencicipi berbagai kuliner khasnya. Nah, selain dimakan di tempat, beberapa makanan tersebut bisa menjadi oleh-oleh khas Pangkalpinang yang layak dibawa pulang.

Penasaran ada makanan apa saja yang bisa kamu jadikan oleh-oleh setelah berkunjung ke Pangkalpinang? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 7 Tempat Wisata di Pangkalpinang Paling Instagramable

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Pangkalpinang

Terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Pangkalpinang yang menggugah selera. Mulai dari Kemplang, Asinan Kelubi, Bong Li Piang, hingga Sambal Rusip menawarkan cita rasa unik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Supaya enggak makin penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Beli Tiket Konser Dewa 19 di Pangkalpinang 2023: Mulai Rp179 Ribu!

1. Kemplang

Salah satu oleh-oleh khas Pangkalpinang yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kemplang. Camilan ini mirip dengan kerupuk, dibuat dengan campuran ikan tenggiri, udang, atau cumi segar yang dicampur dengan tepung tapioka.

Kemplang punya aroma ikan yang khas dan bikin ngiler. Selain digoreng, kamu juga bisa menemukan variasi panggang atau goreng pasir yang lebih rendah minyak. Dengan rasa yang renyah dan menggugah selera, kemplang adalah salah satu oleh-oleh yang wajib dicicipi saat kamu berkunjung ke Pangkalpinang.

2. Asinan Kelubi

Kamu pernah mendengar atau mencicipi buah kelubi? Biasanya, buah yang serupa dengan salak ini digunakan sebagai bahan utama dalam asinan kelubi khas Pangkalpinang. Asinan kelubi ini memiliki rasa yang beragam, dengan sentuhan manis, asam, dan rasa gurih yang nikmat saat dimakan bersama garam cabe.

Baca juga:  10 Makanan Khas Surabaya Legendaris yang Harus Kamu Coba

Selain lezat, buah kelubi juga dikenal kaya akan vitamin C, yang baik untuk kesehatan kulit kamu. Dengan segala kelezatan dan manfaat kesehatannya, buah kelubi menjadi pilihan oleh-oleh khas Pangkalpinang yang sempurna untuk kamu bawa pulang.

3. Bong Li Piang

Kalau kamu mencari oleh-oleh khas Pangkalpinang yang spesial, Bong Li Piang adalah pilihan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan. Kue lezat ini memiliki isian selai nanas yang membuatnya semakin menggoyang lidah.

Hal yang membuat makanan ini unik adalah adanya perpaduan budaya lokal dan Tionghoa yang terasa dalam setiap gigitan kue. Rasanya yang lezat dan kekayaan budaya yang ada di dalamnya menjadikan kue ini sempurna untuk dinikmati saat bersantai di penginapan atau pergi ke tempat wisata Pangkalpinang.

4. Otak-Otak Ase

Ketika kamu berkunjung ke Pulau Bangka, satu kuliner yang tidak boleh terlewat adalah otak-otak ase. Namun, yang menarik, otak-otak ase ini juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh khas Pangkalpinang yang spesial.

Terdapat beberapa varian Otak-otak Ase yang bisa kamu cicipi, yaitu yang terbuat dari ikan dan cumi. Otak-otak ikan bisa kamu makan dengan berbagai cara, seperti direbus, dipanggang, atau digoreng hingga menjadi renyah. Sementara otak-otak cumi biasanya cuman tersedia dalam versi rebus. Dengan rasanya yang unik dan lezat, Otak-otak Ase adalah pilihan sempurna untuk kamu yang sedang mencari oleh-oleh spesial.

5. Terasi Toboali

Ngomongin oleh-oleh khas Pangkalpinang, enggak lengkap rasanya kalau melewatkan Terasi Toboali dari daftar. Terasi, atau belacan, yang berasal dari Bangka Belitung ini sangat populer dan banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini.

Terasi Toboali terbuat dari udang rebon dan biasanya digunakan sebagai bahan dasar untuk membuat sambal yang khas dan pedas. Keunikan terasi ini bukan cuman terletak pada rasa yang tidak terlalu pahit, tetapi juga pada warnanya yang merah cerah, menandakan kualitasnya yang sangat baik.

Baca juga:  10 Lagu Bruno Mars Terpopuler yang Harus Kamu Putar!

Oleh karena itu, kalau kamu sedang berkunjung ke Pangkalpinang, jangan pernah ragu untuk membawa Terasi Toboali sebagai oleh-oleh.

6. Sirup Jeruk Kunci

Setelah berkeliling menikmati berbagai destinasi wisata, tidak ada yang lebih menyegarkan daripada menikmati minuman dingin seperti es Sirup Jeruk Kunci. Rasanya menyegarkan dengan perpaduan rasa asam dan manis yang menggugah selera.

Tentunya, sirup jeruk kunci bukan cuman cocok dinikmati selama liburan, tapi juga bisa dijadikan oleh-oleh khas Pangkalpinang yang kaya akan vitamin C untuk orang-orang tersayang di rumah. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk membawa pulang sirup jeruk kunci ini!

7. Sambal Rusip

Selain Terasi Toboali, kamu juga bisa mencicipi Sambal Rusip yang lezat ketika berlibur di Pangkalpinang. Sambal ini sangat unik karena dibuat dari ikan kecil yang telah mengalami proses fermentasi selama satu minggu, ditambah dengan bumbu seperti garam, gula merah, bawang merah, cabai, dan jeruk kunci.

Hasilnya adalah sambal dengan aroma kuat dan rasa asam-manis yang benar-benar berbeda dari sambal-sambal pada umumnya. Menghadirkan perpaduan cita rasa yang unik, sambal rusip adalah salah satu oleh-oleh khas Pangkalpinang yang akan membuat kamu terus kangen dengan berbagai kuliner khas Pangkalpinang.

Sudah Tau Mau Beli Oleh-oleh Khas Pangkalpinang yang Mana?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Pangkalpinang yang wajib kamu cicipi dan bawa pulang. Mulai dari Kemplang, Asinan Kelubi, Bong Li Piang, hingga Sambal Rusip akan membuat kamu susah move on dari lezatnya kuliner khas Pangkalpinang. Oleh karena itu, pastikan kamu membawa oleh-oleh yang cukup untuk di rumah, ya!

Jangan lupa juga untuk menyaksikan konser musik spektakuler di Pangkalpinang pada 18 November 2023 mendatang. Bertajuk “Pesta Rakyat Spektakuler Pangkalpinang”, kamu akan menyaksikan penampilan memukau dari grup musik legendaris Dewa 19.

Baca juga:  Sinopsis Ipar Adalah Maut dan Daftar Pemainnya, Viral Banget!

Supaya enggak ketinggalan keseruannya, yuk, segera beli tiket konser musik di Pangkalpinang melalui dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles