10 Oleh-Oleh Khas Palembang Terfavorit: Lezat dan Tahan Lama

Berkunjung ke Palembang, tak lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang. Mereka punya banyak pilihan makanan yang lezat dan tahan lama untuk kamu nikmati di rumah. Penasaran apa saja oleh-oleh khas Palembang yang menjadi favorit para wisatawan? Yuk, simak daftar lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Palembang: Harga Tiket, Line Up, dan Lokasinya!

Oleh-Oleh Khas Palembang Terfavorit

Dengan kekayaan kuliner yang dimiliki, terdapat banyak pilihan makanan dengan cita rasa otentik yang cuman bisa kamu temukan di Palembang. Mulai dari pempek yang legendaris hingga bolu suri yang lembut, berikut ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Palembang yang cocok untuk kamu bawa pulang.

Baca juga: 10 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Coba Selain Pempek

1. Pempek

Oleh-oleh khas Palembang, Pempek
Foto: masakapahariini.com

Pertama dan tidak boleh dilewatkan, oleh-oleh khas Palembang yang bisa kamu bawa pulang adalah pempek. Terbuat dari olahan ikan yang digiling halus dan dicampur dengan tepung kanji, makanan ini biasa disajikan dengan cuko untuk memberikan rasa asam, pedas, dan manis yang khas.

Tidak hanya itu, pempek juga dapat diisi dengan telur dan bahan tambahan lain sesuai dengan selera masing-masing. Meski kamu bisa dengan mudah menemukan pempek di berbagai kota di Indonesia, namun cita rasa yang otentik hanya bisa kamu temukan di Palembang.

2. Lempok durian

Lempok durian
Foto: kemazan.com

Tak kalah lezat, rekomendasi oleh-oleh khas Palembang selanjutnya  yang bisa kamu bawa pulang adalah Lempok Durian. Terbuat dari durian utuh, makanan ini memiliki tekstur yang mirip dodol. Cita rasanya masih dominan durian tetapi tidak terlalu kencang karena sudah ditambahkan campuran tepung. Cocok banget buat kamu yang kurang suka makan durian secara langsung.

Baca juga:  Grand Outlet Karawang: Alamat dan Restoran di Dalamnya

3. Kemplang

Oleh-oleh khas Palembang, Kemplang
Foto: Instagram/tommy_immotz

Saat membawa oleh-oleh dari tempat wisata, salah satu pilihan yang tak pernah terlewatkan adalah kemplang. Mirip dengan pempek, kemplang juga terbuat dari daging ikan yang dimasak hingga menjadi kerupuk. Tidak jarang, kemplang dibuat dari potongan pempek lenjer.

4. Kue Delapan Jam

Kue 8 Jam
Foto: paxelmarket/Cempako Palembang Food

Kue delapan jam konon menjadi camilan favorit para bangsawan pada masa lampau. Daya tarik kue ini terletak pada bahan utamanya yang terdiri dari telur bebek dan gula, bukan tepung seperti kebanyakan kue lainnya. Oleh karena itu, teksturnya sangat lembut dan bisa bertahan lama.

5. Ikan Salai

Ikan Salai
Foto: Rumah BUMN

Kalau kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Palembang yang cocok disantap dengan nasi, cobain deh beli ikan salai. Makanan ini merupakan hidangan khas Palembang yang dibuat melalui proses unik di mana ikan dipipihkan terlebih dahulu sebelum diasapi untuk mengawetkannya.

Jenis ikan yang umumnya digunakan untuk membuat ikan salai antara lain ikan tenggiri, bandeng, tongkol, atau gabus. Selain cita rasa smoky yang khas, ikan salai juga bisa tahan lama hingga 6 – 12 bulan selama kemasannya dalam kondisi baik.

6. Bolu kojo

Oleh-oleh khas Palembang, Bolu kojo
Foto: Endeus TV

Diambil dari kata “Kojo” yang artinya kamboja, bolu Kojo adalah rekomendasi oleh-oleh Palembang yang selanjutnya. Kue ini biasanya memiliki bentuk menyerupai bunga kamboja dalam loyangnya. Selain itu, Bolu Kojo juga punya aroma harum yang khas karena diberi campuran pandan atau daun suji.

Dengan cita rasa manis dan lembut, kue ini cocok banget untuk kamu santap sebagai camilan atau hidangan penutup. Tertarik untuk mencicipinya?

7. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung
Foto: Cookpad/Frielingga Sit

Meskipun namanya “sambal”, tekstur sambal lingkung ini sebenarnya lebih mirip abon atau serundeng, dengan bahan dasar ikan seperti ikan tenggiri, santan, dan rempah-rempah. Beberapa varian sambal lingkung juga menggunakan ikan gabus atau belida sebagai bahan utamanya. Sambal lingkung cocok untuk disantap bersama nasi hangat.

Baca juga:  10 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Coba Selain Pempek

8. Kerupuk pecah seribu

Oleh-oleh khas Palembang, Kerupuk pecah seribu
Foto: Tokopedia/aneka bintang rasa

Salah satu jenis kerupuk yang sangat populer sebagai oleh-oleh khas Palembang adalah pecah seribu. Kerupuk ini memiliki ukuran yang kecil dan terbuat dari ikan tenggiri, sehingga cocok sebagai pendamping nasi atau camilan. Nama “pecah seribu” diberikan karena teksturnya yang pecah secara merata ketika digigit.

9. Engkak Ketan

Engkak Ketan
Foto: Endeus TV

Selanjutnya, pilihan oleh-oleh khas Palembang yang lezat adalah engkak ketan yang terbuat dari bahan-bahan yang mirip dengan bolu kojo. Namun, dalam proses pembuatannya, engkak ketan ini hampir mirip dengan pembuatan lapis legit, karena keduanya melibatkan pembuatan beberapa lapisan.

Di Palembang, biasanya Engkak Ketan bisa kamu temukan di  acara-acara tertentu seperti upacara adat maupun hari besar keagamaan. Namun, untuk membawanya pulang, kamu juga bisa dengan mudah membelinya di toko oleh-oleh.

10. Bolu Suri

Oleh-oleh khas Palembang, Bolu Suri
Foto: Cookpad/Herliani

Kalau Medan punya bika Ambon, Palembang punya bolu suri. Meskipun bentuk dan teksturnya mirip, bolu suri tidak mengandung daun jeruk dan serai seperti bika Ambon. Selain itu, rasanya juga berbeda, yaitu manis dan gurih.

Kamu bisa dengan mudah menemukan kue khas Palembang ini di berbagai toko oleh-oleh. Namun, pastikan untuk memeriksa tanggal kadaluarsa kue ini saat membelinya agar aman.

Apa Oleh-Oleh Khas Palembang Favoritmu?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Palembang terfavorit yang lezat dan tahan lama. Jadi, mulai dari pempek, lempok durian, kemplang, hingga bolu suri, apa nih oleh-oleh Palembang favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Palembang dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles