10 Oleh-Oleh Khas Manado Favorit Wisatawan: Unik dan Lezat!

Pulang dari Manado kurang lengkap tanpa membawa oleh-oleh.  Mereka punya banyak pilihan makanan dan camilan legendaris yang cocok untuk kamu bawa pulang. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak daftar oleh-oleh Manado yang menjadi favorit wisatawan berikut ini!

Baca juga: Konser Dewa 19 di Manado 2024: Harga Tiket Mulai Dari Rp99k!

Oleh-Oleh Khas Manado Favorit Wisatawan

Manado punya banyak pilihan makanan lezat dan tahan lama untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh seperti klappertaart, pala manis, kacang goyang, panada, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah rekomendasi lengkapnya!

Baca juga: 10 Makanan Khas Manado yang Harus Kamu Coba: Lezat dan Unik!

1. Klappertaart

Oleh-oleh khas Manado, Klappertaart
Foto: Taste of Nusa

Di urutan pertama, Klappertaart adalah oleh-oleh khas Manado yang jadi favorit wisatawan. Meski sebenarnya kue ini berasal dari Belanda, Klappertaart yang kamu temukan di Manado sudah disesuaikan dengan budaya lokal. Oleh karena itu, setelah pergi berwisata di Manado, Klappertaart jadi kue yang wajib dibawa pulang.

2. Pala Manis

Pala Manis
Foto: Tokopedia/ Toko Manisan Kimmy

Pernah terbayang untuk memakan buah pala secara langsung? Di Manado, kamu bisa mencobanya dengan membeli Pala Manis. Makanan ini dibuat dengan memasaknya dalam cairan gula, berbeda dengan pala manis lainnya yang dibuat menggunakan gula pasir. Tak heran, rasa manis yang ditawarkan juga jadi otentik dan hanya bisa kamu temukan di Manado.

3. Kacang Goyang

Oleh-oleh khas Manado, Kacang Goyang
Foto: Indonesia Kaya

Kacang Goyang adalah camilan khas Manado yang juga cocok untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Camilan ini biasanya disajikan ketika ada perayaan besar di sana. Nama Kacang Goyang diambil dari cara pembuatannya yang melibatkan goyangan.

Secara sederhana, camilan ini sebenarnya adalah Kacang Atom yang dilapisi tepung terigu dan gula, sehingga menghasilkan rasa manis dengan tampilan yang menarik.

Baca juga:  Batak Night With Victor Hutabarat: Harga Tiket dan Lokasinya

4. Panada

Panada
Foto: Endeus TV

Panada adalah pilihan oleh-oleh yang populer di Manado. Kue ini berbentuk seperti pastel dan diisi dengan ikan cakalang yang disajikan dengan bumbu panpis. Bumbu panpis terbuat dari ikan cakalang yang dimasak dengan beragam bumbu seperti bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang.

5. Halua Kenari

Oleh-oleh khas Manado, Halua Kenari
Foto: Foto: Indonesia Kaya

Terkenal sebagai salah satu penghasil kacang kenari, kamu bisa dengan mudah menemukan banyak olahannya ketika berada di Manado, salah satunya adalah Halua Kenari. Kue ini terbuat dari kacang kenari yang dicampur dengan Gula Aren. Selain lezat, Halua Kenari juga tahan lama untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

6. Dodol Amurang

Dodol amurang
Foto: Pinterest

Tak kalah terkenal dengan dodol garut, di Manado kamu juga bisa menemukan makanan serupa yang disebut dengan dodol amurang.  Dodol ini terbuat dari campuran gula aren, beras halus, santan kelapa yang belum disaring, kacang, dan kayu manis. Selain rasanya yang lezat, Dodol Amurang juga bisa kamu beli dengan murah di toko oleh-oleh terdekat.

7. Kue Lampu-Lampu

Oleh-oleh khas Manado, Kue Lampu
Foto: nico

Di Manado, kue lampu-lampu sangat terkenal sebagai hidangan penutup favorit saat bulan Ramadan tiba. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, tepung beras, santan, dan gula aren yang kemudian dikukus hingga matang.

Dikenal dengan rasa manisnya yang lezat, kue ini dipercaya bisa memberikan tambahan energi selama menjalani puasa. Bagi pengunjung yang datang ke Manado selama bulan Ramadan, kue lampu-lampu adalah oleh-oleh khas yang wajib kamu cicipi dan bawa pulang.

8. Pia Amurang

Pia Amurang
Foto: instagram/sectiovanda

Pulang dari Manado, jangan lupa untuk membawa Pia Amurang. Makanan ini memiliki kulit yang kering dan padat dengan isian kacang manis. Pia Amurang memiliki berbagai bentuk, ada yang bulat pipih dan bahkan ada yang berbentuk seperti bunga. Harganya juga terjangkau dan bisa kamu temukan dengan mudah di toko kue dan toko oleh-oleh.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Karawang Terbaik yang Harus Kamu Bawa Pulang

9. Cakalang Fufu

Oleh-oleh khas Manado, Cakalang fufu
Foto: RRI

Cakalang Fufu adalah olahan ikan Cakalang yang diasap sehingga menjadi lebih tahan lama. Sebelum diolah, ikan cakalang dibersihkan, disisik, kemudian dibelah dan dilumuri dengan bumbu. Selain cita rasanya yang lezat dan tahan lama, Cakalang Fufu juga memiliki ukuran yang cukup besar sehingga bisa dinikmati beramai-ramai.

10. Kue Pinende

Kue Pinende
Foto: tempatwisata14.blogspot.com

Terakhir tapi tak kalah lezat, oleh-oleh khas Manado yang bisa kamu bawa pulang selanjutnya adalah Kue Pinende. Kue Kue tradisional ini dibuat dari campuran tepung ketan dan parutan kelapa yang lezat. Saat disajikan, kue pinende diberi sirup dan gula merah cair untuk menambah cita rasa manis dan gurih yang nikmat saat disantap.

Apa Oleh-Oleh Khas Manado Favorit Wisatawan Favoritmu?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Manado yang jadi favorit para wisatawan. Jadi, mulai dari Klappertaart, Pala Manis, Kacang Goyang, hingga Kue Pinende mana ini yang jadi favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser di Manado terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles