7 Oleh-oleh Khas Lampung Terpopuler 2023: Kekinian dan Tahan Lama!

Oleh-oleh khas Lampung menawarkan cita rasa yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Mulai dari camilan lezat berbahan dasar pisang, hingga makanan unik dari ikan tenggiri bisa kamu cicipi ketika berkunjung ke Lampung. Nah, kalau kamu penasaran ada makanan apa saja yang cocok untuk dibawa pulang, yuk, simak beberapa rekomendasi berikut ini!

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lampung Terbaru 2023: Bukan Cuman Pantai!

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Lampung

Ada banyak banget pilihan oleh-oleh khas Lampung yang bisa kamu bawa pulang. Namun, ada beberapa makanan yang populer banget di kalangan para pelancong dan wajib kamu beli ketika berkunjung ke Lampung. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Baca juga: Konser Dewa 19 di Lampung 2023: Harga Tiket dan Cara Membelinya!

1. Pie Susu Pisang

Kalau lagi jalan-jalan ke Lampung, kamu nggak boleh melewatkan camilan yang namanya pie susu pisang! Lampung memang terkenal banget sebagai penghasil pisang terbesar di Indonesia, jadi nggak heran kalau kamu akan menemukan banyak oleh-oleh khas Lampung yang berbahan dasar pisang.

Uniknya, pie susu pisang ini rasanya beda banget dari makanan lain. Gimana nggak, camilan ini memadukan cita rasa pisang dan pie susu sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan menggoyang lidah. Dan yang bikin pie susu ini makin khas, dia punya bentuk cetakan yang mirip pisang, jadi kamu pasti bisa langsung tau makanan apa ini.

Terdapat beberapa varian Pie Susu Pisang yang bisa kamu bawa pulang, mulai dari oreo, almond raisin, keju, sampe cokelat. Jadi, jangan lupa bawa pulang oleh-oleh pie susu pisang ini buat kamu dan temen-temen, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Drunk Text - Henry Moodie: Soal Mencintai Dari Jauh!

2. Browkis

Nah, selain pie susu pisang, Lampung juga punya oleh-oleh unik namanya browkis, singkatan dari brownis kulit pisang. Oleh-oleh khas Lampung yang satu ini dibuat dengan bahan dasar yang cukup unik yaitu tepung kulit pisang yang sudah melalui proses sterilisasi, jadi aman banget buat kamu makan.

Bukan cuman aman, browkis ini juga punya cita rasa yang nggak kalah sama brownis biasa, lho. Plus, kamu bisa dapetin kandungan nutrisi tambahan dari kulit pisang, kayak vitamin B6, B12, serat, dan protein. Varian rasanya juga banyak, ada stroberi, keju, cokelat, dan masih banyak lagi. Makanya, jangan lupa cicipin browkis ini kalau kamu lagi di Lampung, ya!

3. Kemplang

Walau camilan ini berasal dari Palembang, Kemplang tetap bisa jadi oleh-oleh khas Lampung yang enggak boleh kamu lewatkan. Camilan ini dibuat dari bahan dasar daging ikan laut, terutama ikan tenggiri. Tapi, ada juga kemplang dengan bahan dasar ikan layur, parang, dan yang lainnya.

Kalau lagi di Lampung, kamu bisa nemuin kemplang yang dibikin dengan dua metode, yakni dipanggang atau digoreng. Supaya makin enak, kamu juga bisa nikmatin kemplang pakai saus yang asam, gurih, dan manis. Dan yang bikin kemplang ini beda, dia dibuat tanpa campuran daging ikan lain, jadi rasanya renyah dan juara banget!

4. Bejak Enjak

Oleh-oleh khas Lampung yang enggak boleh kamu lewatkan selanjutnya adalah Bejak Enjak. Rasanya manis dan gurih banget. Bejakenjak ini juga kaya serat dan karbohidrat karena bahan dasarnya terdiri dari campuran gula, pisang raja, dan ketan putih yang dikukus dan dibungkus pake daun pisang.

Yang keren, bejak enjak ini tahan lama, jadi cocok banget buat oleh-oleh. Ada juga yang panggil makanan ini dengan nama bebai makhing di daerah pesisir selatan Lampung. Kalau mau coba, kamu tinggal mampir ke toko oleh-oleh di Lampung, pasti banyak yang jual makanan khas ini!

Baca juga:  Makna Lagu Birds of A Feather - Billie Eilish: Tentang Cinta Mati!

5. Keripik Pisang

Sebagai penghasil pisang terbesar di Indonesia, tentu ada satu olahan wajib yang harus kamu cicipi, yaitu keripik pisang. Meski ada banyak keripik pisang di tempat lain, yang dari Lampung ini punya ciri khas tersendiri dalam rasa dan tekstur. Pasalnya, bahan utamanya bukan pisang kepok, melainkan pisang ambon yang kelezatannya sudah terkenal luas.

Kamu bisa pilih dari berbagai varian rasa yang menggoda, seperti cokelat, keju, durian, stroberi, sampe yang pedas banget, balado. Penasaran? Tenang aja, kamu bisa temuin keripik pisang ini di berbagai toko oleh-oleh di Lampung. Jadi, jangan sampai ketinggalan buat bawa pulang camilan yang satu ini, ya!

6. Lapis Legit (Spekuk)

Di Lampung, kue lapis legit punya julukan spesial, yaitu spekuk. Makanan ini sudah sangat terkenal di seluruh penjuru negeri, kamu juga pasti sudah pernah mendengarnya, kan? Meski harga yang ditawarkan cukup mahal, makanan ini jadi oleh-oleh khas Lampung yang enggak boleh kamu lewatkan.

Dalam proses pembuatannya, spekuk pakai 21 butir telur dalam satu adonan, jadi teksturnya lembut banget. Makanya enggak heran kalau kamu udah pasti penasaran buat nyicipin kue spekuk yang bikin nagih sejak gigitan pertama ini.

7. Bakso Sony

Di Kota Lampung, ada banyak penjual bakso yang siap memanjakan lidah kamu, tapi Bakso Sony adalah yang paling populer. Rasanya yang khas bakal bikin kamu ketagihan. Makanya, makanan yang satu ini wajib banget jadi oleh-oleh khas Lampung yang kamu bawa pulang.

Bakso Sony pakai daging urat sapi pilihan yang sudah punya label halal dari MUI dalam proses pembuatannya. Enggak heran, makanan ini banyak diserbu oleh para pelancong yang datang ke Lampung. Urusan packing, kamu enggak perlu khawatir karena bakso ini masih beku saat kamu beli, jadi tetep aman buat dijadiin oleh-oleh.

Baca juga:  Jadwal JIExpo 2024: Juni dan Juli Banyak Pameran Seru!

Jadi, Mau Beli Oleh-oleh Khas Lampung yang Mana?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang lezat dan tidak boleh kamu lewatkan. Mulai dari berbagai olahan pisang hingga oleh-oleh berbahan dasar daging dan ikan menawarkan cita rasa khas yang enggak bisa kamu temuin di tempat lain.

Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Lampung sempatkan untuk berkunjung ke toko oleh-oleh dan beli beberapa rekomendasi yang sudah kita bahas tadi, ya!

Selain itu, supaya liburan kamu makin seru, bisa juga nih datang ke konser Dewa 19 di Lampung tanggal 22 Desember 2023 mendatang. Grup legendaris Indonesia itu bakal tampil di acara Pesta Rakyat Spektakuler Lampung yang jadi salah satu rangkaian konser Tour Soematra mereka.

Nah, supaya enggak ketinggalan keseruannya yuk segera beli tiket konsernya melalui dewatiket.id sekarang juga! Rasakan pengalaman nonton konser seru dengan murah, mudah, dan cepat hanya di Dewatiket!

 

 

 

Must Read

Related Articles