7 Oleh-oleh Khas Lamongan yang Cocok Dibawa Pulang!

Berkunjung ke Lamongan tentu kurang lengkap kalau pulangnya ga bawa oleh-oleh. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja rekomendasi oleh-oleh khas Lamongan yang cocok dibawa pulang, yuk, simak daftar berikut ini!

Baca juga: Swara Semesta Menyapa Lamongan: Ada Dewa 19, Tiketnya Murah!

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Lamongan

Lamongan punya banyak sekali pilihan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang. Namun, terdapat beberapa camilan dan batik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lamongan yang Lagi Hits 2024

1. Wingko Babat

Oleh-oleh khas Lamongan, Wingko Babat
Foto: Blue Gaz

Oleh-oleh khas Lamongan pertama yang cocok untuk dibawa pulang adalah wingko babat. Jajanan tradisional ini terbuat dari kelapa dengan cita rasa manis dan gurih yang khas, serta aroma kelapa yang menggugah selera.

Wingko cocok untuk dijadikan camilan, suguhan tamu, maupun oleh-oleh saat berkunjung ke Lamongan. Di sepanjang Jalan Raya Pasar Babat-Lamongan, wingko babat mudah ditemukan. Toko-toko di area ini menawarkan berbagai varian wingko, dari yang berukuran besar hingga wingko mini yang praktis untuk dinikmati kapan saja.

2. Marning

Marning
Foto: NU Online Jatim

Marning adalah salah satu camilan khas Lamongan yang juga tak kalah menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Terbuat dari jagung yang dikeringkan lalu digoreng hingga renyah, camilan ini terkenal dengan daya tahannya yang lama dan rasanya yang gurih.

Kamu bisa dengan mudah menemukan marning di berbagai pusat oleh-oleh di Lamongan. Harganya juga sangat terjangkau, mulai dari Rp12.000 – Rp30.000 tergantung kemasan yang kamu pilih.

3. Jumbrek

Oleh-oleh khas Lamongan, Jumbrek
Foto: Koran Memo

Terlihat seperti dodol yang dibungkus daun lontar, rekomendasi oleh-oleh khas Lamongan selanjutnya yang cocok untuk kamu bawa pulang adalah jumbrek. Jajanan tradisional ini terbuat dari tepung beras, santan, dan gula merah. Tapi, yang membuatnya unik adalah isian potongan buah nangka di dalamnya.

Aroma harum Jumbrek juga sangat menggoda selera, dan saat disantap, rasa manisnya pas, tidak berlebihan. Oleh karena itu, Jumbrek wajib kamu bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, supaya mereka juga bisa menikmati kelezatannya.

Baca juga: 10 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Tahan Lama Untuk Dibawa Pulang

4. Siwalan

Siwalan
Foto: Good News From Indonesia/Zakiya Rahma

Oleh-oleh khas Lamongan berikutnya yang tak kalah menarik adalah siwalan. Buah dari pohon lontar ini dikenal juga dengan sebutan ental oleh masyarakat setempat. Siwalan biasanya diolah sebagai isian es dawet atau dinikmati langsung karena rasanya yang segar dan teksturnya yang kenyal.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Lamongan, siwalan bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang unik dan menyegarkan.

5. Keripik Sunduk

Oleh-oleh khas Lamongan, Keripik Sunduk
Foto: Jejak Piknik

Keripik Sunduk adalah camilan khas Lamongan yang terbuat dari ikan sunduk, ikan yang sering ditemui di perairan sekitar. Bentuknya mirip ikan tenggiri atau kakap dan bisa dengan mudah kamu temukan di toko oleh-oleh atau pasar.

Selain harganya yang terjangkau, Keripik Sunduk juga tahan lama, sehingga cocok banget dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk teman atau keluarga.

Baca juga:  10 Oleh-Oleh Khas Kediri yang Tahan Lama Untuk Dibawa Pulang

6. Jenang Rochis

Jenang Rochis
Foto: Facebook/snackuy.id

Kalau lagi berkunjung ke daerah Paciran, jangan lupa bawa pulang Jenang Rochis yang sudah ada sejak 1981. Jenang tradisional ini terkenal dengan cita rasa gurih dari santan dan garam, dipadukan dengan manisnya gula pasir.

Ditambah lagi, taburan wijen di atasnya memberikan sentuhan nutty yang lezat. Kabar baiknya, jenang ini tahan lama, bisa awet hingga lima hari di suhu ruangan sehingga cocok untuk kamu bawa pulang meski harus menempuh perjalanan jauh.

7. Batik Sendang

Oleh-oleh khas Lamongan, Batik Sendang
Foto: Lamongan Tourism

Batik Sendang menjadi salah satu oleh-oleh khas Lamongan yang tak boleh dilewatkan. Dikenal sebagai batik asli dari Desa Sendang Duwur, batik ini memiliki nilai sejarah yang kuat, karena merupakan warisan dari Sunan Sendang Duwur.

Menariknya, batik ini masih diproduksi secara tradisional dengan teknik tulis, menjadikannya simbol kekayaan budaya yang tetap dijaga dan dilestarikan oleh masyarakat Lamongan hingga saat ini.

Baca juga:  Swara Semesta Menyapa Lamongan: Ada Dewa 19, Tiketnya Murah!

Apa Oleh-oleh Khas Lamongan yang Ingin Kamu Bawa Pulang?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lamongan yang sayang untuk dilewatkan. Jadi, mulai dari wingko babat, marning, jumbrek, hingga batik sendang, mana nih yang mau kamu bawa pulang?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Lamongan dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles