10 Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama [Beserta Harganya]

Selain berkunjung ke berbagai tempat wisata di Jogja, kamu juga tidak boleh melewatkan kesempatan untuk belanja oleh-oleh di Kota Pelajar. Ada banyak sekali pilihan yang bisa kamu bawa pulang mulai dari makanan khas hingga kain batik. Nah, kalau kamu penasaran apa saja oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama, berikut ini adalah rekomendasinya!

Baca juga: 10 Jadwal Konser di Jogja 2024: Ada Dewa 19 dan Yura Yunita!

Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

Terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Jogja yang bisa kamu bawa pulang. Namun, terdapat beberapa makanan dan barang yang sayang sekali untuk dilewatkan. Berikut ini adalah rekomendasinya:

Baca juga: 20 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Estetik dan Ada Live Music

1. Bakpia Pathok

Oleh-oleh Khas Jogja, Bakpia Pathok
Foto: Bakpia Pathok 25

Di urutan pertama, rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama dan wajib kamu bawa pulang tak lain dan tak bukan adalah Bakpia Pathok. Asalnya dari Bantul, camilan kecil ini memiliki tekstur lembut dan rasa yang enak, dengan berbagai varian seperti kacang hijau, cokelat, kumbu hitam, keju, hingga buah-buahan.

Saking populernya, kadang-kadang kita harus antre untuk membelinya. Tapi tenang, harga oleh-oleh ini murah, kok, kamu bisa membelinya mulai dari Rp35.000 per box saja.

2. Cokelat Monggo

Cokelat Monggo
Foto: Chocolate Monggo

Cokelat Monggo adalah cokelat asli Yogyakarta yang diciptakan oleh Thiery Detournay, menggunakan bahan cokelat asli dari Jawa, Sumatera, dan Sulawesi. Kualitasnya sebanding dengan cokelat Belgia.

Cokelat Monggo menjadi oleh-oleh khas Jogja yang tahan lama dan cocok untuk kamu bawa pulang. Camilan ini juga punya pilihan rasa yang beragam mulai dari durian, mangga, cabai merah, cokelat putih, hingga cokelat hitam. Untuk mendapatkannya, kamu perlu menyiapkan kocek mulai dari Rp27.000 per pcs.

3. Yangko

Oleh-oleh Khas Jogja, Yangko
Foto: Bakpia Tugu Jogja

Yangko adalah oleh-oleh khas Jogja yang terbuat dari tepung ketan berisi kacang cincang, dengan rasa manis dan tekstur kenyal. Meskipun mirip dengan mochi, yangko tetap merupakan makanan tradisional Yogyakarta yang unik.

Untuk mendapatkannya, kamu bisa pergi ke toko oleh-oleh dengan harga Rp20.000an per box.

Baca juga: 10 Musisi Terkenal dari Jogja: Ada Yang Udah Jadi Legend!

4. Peyek Tumpuk

Peyek Tumpuk
Foto: gudeg.net

Peyek tumpuk adalah oleh-oleh khas Jogja yang wajib dicoba, terutama peyek tumpuk Mbok Tumpuk di Bantul. Bentuknya tidak beraturan dan tampak bertumpuk-tumpuk, berbeda dari peyek pada umumnya yang pipih dan rata.

Meskipun bentuknya kurang menarik, rasanya sangat gurih dan renyah, bahkan lebih kriuk dibandingkan peyek biasa. Untuk mendapatkannya, siapkan kocek sebesar Rp25.000 untuk setiap plastik, ya!

5. Jogja Scrummy

Oleh-oleh Khas Jogja, Jogja Scrummy
Foto: JogjaKita

Jogja Scrummy adalah kue kekinian yang dipopulerkan oleh Dude Harlino di Yogyakarta, dengan empat cabang termasuk di Jalan Brigjen Katamso No. 198. Kue ini menggabungkan brownies kukus dengan puff pastry dan dijual sekitar Rp45.000 per box.

Pilihan rasanya beragam, seperti taro, cokelat, keju, srikaya, mangga, karamel, dan kacang wortel.

Baca juga:  Makna Lagu Tampar - Juicy Luicy: Tentang Cinta Tak Berbalas!

6. Walang Goreng

Must Read

Related Articles