10 Oleh-oleh Khas Jepara Legendaris: Lezat dan Murah!

Oleh-oleh khas Jepara, Jeruk Jepara
Foto: IDN Medis

Jeruk Jepara, yang juga dikenal sebagai jeruk swing, adalah buah khas yang hanya bisa kamu temukan di daerah Keling dan Celering di Jepara. Keunikan jeruk ini terletak pada kemampuannya tumbuh di tanah pesisir yang berpasir dan asin.

Rasa jeruk Jepara juga istimewa. Rasanya mirip dengan jeruk nipis, namun dengan sedikit sentuhan asin yang khas. Bentuknya seukuran jeruk nipis, tetapi warnanya kuning cerah mirip dengan jeruk Sunkist. Unik banget, kan?

6. Tenun Troso

Tenun Troso
Foto: blibli/Syila Etnik Tenun

Tenun Troso adalah kain tenun khas dari kawasan Troso di Jepara. Kain ini memiliki detail khusus yang membuatnya unik dan hanya bisa ditemukan di Jepara. Meskipun harganya per meter cukup tinggi, kualitas yang ditawarkan sangatlah baik. Jika kamu ingin oleh-oleh legendaris yang bisa awet, Tenun Troso bisa menjadi pilihan tepat!

7. Kawista Sirup

Oleh-oleh khas Jepara, Sirup Kawista
Foto: Facebook/Pecelgodhongjati

Salah satu minuman tradisional yang wajib dibawa pulang dari Jepara adalah kawista sirup. Dikenal juga sebagai sirup jeruk bali, minuman ini memiliki rasa manis dengan aroma yang khas. Cara menikmatinya juga sangat mudah, cukup campurkan dengan air dingin atau soda untuk mendapatkan minuman yang menyegarkan. Kawista sirup juga cocok ditambahkan ke dalam es campur untuk memberikan cita rasa yang unik.

Baca juga:  10 Musisi Terkenal dari Jogja: Ada Yang Udah Jadi Legend!

8. Kerupuk Udang Echo

Must Read

Related Articles