10 Oleh-oleh Khas Jepara Legendaris: Lezat dan Murah!

Oleh-Oleh khas Jepara menawarkan cita rasa otentik yang legendaris. Nah, buat kamu yang berencana datang ke Jepara, jangan lewatkan beberapa rekomendasi oleh-oleh untuk dibawa pulang berikut ini!

Baca juga: Konser Mistikus Cinta Dewa 19 di Jepara: Harga Tiket dan Jadwal Acaranya!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Oleh-oleh Khas Jepara

Selain berbagai tempat wisata di Jepara yang menakjubkan, tempat ini juga memiliki daya tarik oleh-oleh yang sayang untuk kamu lewatkan. Mulai dari berbagai olahan kacang hingga kain tenun, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya!

Baca juga: 12 Oleh-Oleh Khas Pati Terbaik: Enak dan Legendaris Banget!

1. Kacang Jepara

Oleh-oleh khas Jepara, Kacang Jepara
Foto: MuriaNews

Kacang Jepara merupakan salah satu oleh-oleh khas Jepara yang wajib kamu bawa pulang. Camilan ini memiliki keunikan tersendiri karena digoreng menggunakan pasir. Sebelum digoreng, kacang terlebih dahulu direbus dan dibumbui dengan campuran bawang putih, bawang merah, ketumbar, dan jinten hitam. Proses ini menghasilkan cita rasa gurih yang menggugah selera dan dijamin membuatmu ketagihan.

Bagi yang lebih menyukai kacang dengan rasa manis, jangan khawatir. Kacang Jepara juga tersedia dalam varian rasa manis yang tak kalah lezat. Biasanya, kacang Jepara dijual dalam kemasan kiloan, tetapi tersedia juga dalam kemasan kecil seberat seperempat kilo dengan harga mulai dari Rp20.000 per kemasan.

2. Kacang Oven

Kacang Oven
Foto: Shopee/Juall_Rupa2

Kacang oven adalah oleh-oleh yang wajib kamu coba selanjutnya. Rasa camilan ini gurih dan lezat sehingga kamu akan ketagihan ketika mencicipinya. Uniknya lagi, kacang oven tidak diproses menggunakan minyak, jadi kamu bisa tetap sehat meskipun banyak mengonsumsi kacang ini.

3. Carang Madu

Carang Madu
Foto: Inibaru

Carang Madu, yang berarti sarang madu, adalah jajanan tradisional berbentuk sarang dengan rasa manis seperti madu. Oleh-oleh khas Jepara ini terbuat dari adonan tepung beras, santan, dan gula, menciptakan rasa yang lezat dan khas.

Awalnya, Carang Madu hanya dikonsumsi oleh komunitas Tionghoa di Jepara. Namun, seiring waktu, masyarakat Jawa juga mengadopsi dan menjadikan Carang Madu sebagai hidangan istimewa dalam berbagai acara hajatan. Kini, kamu dapat dengan mudah menemukan Carang Madu di berbagai toko oleh-oleh di Jepara.

4. Sambal Samtis

Sambal Samtis
Foto: SAMTIS Bang Emir

Siapa yang bisa menolak kelezatan sambal? Kabupaten Jepara memiliki sambal khas yang tak boleh dilewatkan, yaitu sambal samtis. Sambal ini dibuat dari daging udang atau cumi yang diolah dengan bumbu tradisional, menghasilkan rasa pedas yang benar-benar nagih!

Sambal samtis cocok banget untuk menjadi pelengkap berbagai hidangan. Selain rasanya yang lezat, sambal samtis Jepara dikemas dengan rapi dalam botol higienis, menambah kesan cantik dan praktis sebagai oleh-oleh.

Baca juga:  10 Lagu Bruno Mars Terpopuler yang Harus Kamu Putar!

5. Jeruk Jepara

Must Read

Related Articles