10 Oleh-oleh Khas Cirebon Paling Terkenal dan Tahan Lama!

Berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah, Cirebon adalah daerah yang kaya akan budaya dan kearifan lokal. Banyak orang yang berkunjung untuk sekedar menikmati wisata sejarah dan kekayaan budaya di tempat ini. Namun, tentu kurang lengkap rasanya kalau berkunjung tapi tidak membeli oleh-oleh khas Cirebon.

Nah, buat kamu yang bingung mau beli apa, berikut ini adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh yang cocok banget untuk kamu bawa pulang!

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Cirebon 2024: Lebih Murah dan Meriah!

Rekomendasi Oleh-oleh Khas Cirebon

Terdapat banyak pilihan oleh-oleh khas Cirebon yang bisa kamu bawa pulang. Mulai dari sirup legendaris, olahan udang, sampai kain batik yang khas bisa kamu temukan di daerah ini. Namun, terdapat beberapa oleh-oleh yang sangat sayang untuk dilewatkan, berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca Juga: 15 Tempat Wisata Cirebon Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi!

1. Sirup Tjampolay

Oleh-oleh khas Cirebon, Sirup Tjampolay
Foto: Instagram/siroop_tjampolay

Oleh-oleh khas Cirebon paling terkenal yang pertama adalah Sirup Tjampolay. Sudah ada sejak tahun 1936, sirup ini punya cita rasa manis yang unik dan tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Tak heran, Sirup Tjampolay sering dijadikan pilihan minuman di restoran dan hotel lokal.

Kalau kamu tertarik untuk membeli, terdapat beberapa varian rasa yang tersedia seperti pisang susu, stroberi, kopyor, moka, mangga, melon, cocopandan, dan leci. Karena tersedia dalam jumlah yang terbatas, kamu harus mengeluarkan budget lumayan tinggi untuk sebotol Sirup Tjampolay, kira-kira sekitar Rp35.000.

2. Terasi Udang

Terasi Udang
Foto: Kompas.com

Dikenal sebagai Kota Udang, kamu bisa dengan mudah menemukan berbagai produk olahan udang di Cirebon, salah satunya adalah Terasi Udang. Terbuat dari udang rebon, bumbu masakan ini punya cita rasa yang dominan asin, gurih, dan lezat untuk ditambahkan ke berbagai masakan. Oleh karena itu, ketika kamu berada di Cirebon, jangan lupa beli terasi untuk di rumah, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Kita Ke Sana - Hindia: Tentang Nostalgia Masa SMA!

3. Kerupuk Kulit

Oleh-oleh khas Cirebon, Kerupuk Kulit
Foto: fimela.com

Kerupuk kulit, atau dikenal juga dengan sebutan kerupuk rambak adalah oleh-oleh khas Cirebon yang enak banget untuk dijadikan camilan. Terbuat dari kulit sapi, kerbau, atau ikan, kerupuk ini memiliki cita rasa gurih yang dijamin bakal bikin kamu ketagihan.

Baca juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Di Cirebon, kamu bisa membelinya dalam kondisi matang atau mentah, dengan harga bervariasi tergantung jenis kulit dan ukuran kemasan. Kalau kamu sedang mencari oleh-oleh yang tahan lama, kerupuk kulit yang mentah adalah pilihan sempurna.

4. Kue Gapit

Kue Gapit
Foto: rri.go.id

Memiliki tekstur yang tipis dan renyah, oleh-oleh khas Cirebon yang satu ini sebenarnya lebih mirip kerupuk dari pada kue. Bentuk Kue Gapit seperti waffle, tapi jauh lebih tipis dan tersedia dalam berbagai varian rasa seperti keju, bawang, kencur, dan original. Kalau kamu ingin camilan ini menjadi lebih tahan lama, jangan lupa untuk menyimpannya di wadah kedap udara, ya!

5. Kerupuk Melarat

Oleh-oleh Khas Cirebon, Kerupuk Melarat
Foto: indonesiakaya.com

Tidak kalah legendaris dan lezat dari oleh-oleh khas Cirebon sebelumnya, Kerupuk Melarat juga cocok banget untuk kamu bawa pulang. Dulu, pada awal pembuatannya, masyarakat Cirebon tidak mampu untuk membeli minyak, alhasil terciptalah kerupuk melarat yang sampai saat ini digoreng menggunakan pasir.

Namun, meskipun dibuat dengan cara unik dan sederhana, banyak warga lokal dan wisatawan yang menyukai kerupuk melarat ini. Untuk menambah kenikmatannya, kamu juga bisa memakan Kerupuk Melarat dengan siraman sambal asam yang lezat.

6. Jambal Roti

Foto: Genpi.co

Selain olahan udang, oleh-oleh khas Cirebon yang paling terkenal selanjutnya adalah Jambal Roti. Terbuat dari Ikan Manyung, makanan ini adalah sejenis ikan asin dengan cita rasa khas Cirebon. Sebelum bisa dihidangkan di atas piring, makanan ini telah melalui proses pengolahan yang cukup panjang.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian yang Tahan Lama dan Murah!

Tak heran, kamu perlu mengeluarkan budget yang lumayan besar untuk bisa mendapatkannya. Namun, dengan cita rasanya yang khas, makanan ini wajib banget untuk kamu jadikan buah tangan setelah berkunjung ke Cirebon.

7. Tape Ketan Daun Jambu

Oleh-oleh khas Cirebon, Tape Ketan Daun Jambu
Foto: Dictio.id

Kalau biasanya tape dibungkus dengan daun pisang, di Cirebon makanan ini dibungkus menggunakan daun jambu. Dengan cita rasa manis dan asam, kamu pasti akan ketagihan sejak pertama kali mencoba makanan ini.

Karena merupakan produk olahan hasil fermentasi, Tape Ketan Daun Jambu bisa tahan lama dalam suhu ruangan. Jika kamu tertarik untuk membelinya, makanan ini biasanya dijual dengan wadah ember besar yang membuatnya mudah untuk dibawa ke mana-mana.

8. Serabi

Serabi
Foto: Dapur Kobe

Meskipun kamu mungkin bisa menemukan makanan ini di tempat lain, mencicipi Serabi ketika berada di Cirebon adalah suatu keharusan. Terdapat beberapa jenis serabi yang bisa kamu temui, yaitu original dan juga manis.

Biasanya, serabi manis dihidangkan bersama gula merah cair sementara serabi original biasa dimakan dengan tambahan gorengan yang renyah. Supaya kamu enggak penasaran, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi serabi manis dan original ketika berada di Cirebon, ya!

9. Rengginang

Oleh-oleh khas Cirebon, Rengginang
Foto: Infogarut.id

Berbeda dengan rengginang yang bisa kamu temukan di tempat lain, di Cirebon makanan ini terbuat dari beras ketan yang dikeringkan sekaligus ditambah dengan terasi untuk mendapatkan cita rasa yang gurih. Biasanya makanan ini disajikan sebagai cemilan untuk mengisi waktu luang sambil ditemani oleh kopi atau teh hangat.

Kalau kamu tertarik untuk membelinya, rengginang tersedia dalam bentuk mentah dan matang. Selain itu, oleh-oleh khas Cirebon ini juga sangat tahan lama sehingga kamu bisa menyetoknya untuk camilan di rumah.

Baca juga:  10 Lagu SZA Terbaru 2024: Banyak Banget yang Viral!

10. Kain Batik

Kain Batik Mega Mendung. Foto: PNG Tree

Selain berbagai makanan lezat seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, oleh-oleh khas Cirebon yang tidak boleh kamu lewatkan adalah kain batik. Daerah ini punya corak batik khusus yang sulit untuk kamu temukan di tempat lain, yaitu batik Mega Mendung.

Untuk mendapatkannya, tersedia satu wilayah penghasil batik yang bisa kamu kunjungi yaitu Trusmi. Di sana, setiap rumah warga merupakan pengrajin batik dengan motif yang unik dan nyaman digunakan. Selain itu, tersedia juga satu toko batik besar yang bisa kamu kunjungi jika terlalu malas untuk keliling desa.

Sudah Tau Mau Bawa Pulang Oleh-oleh Khas Cirebon yang Mana?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Cirebon yang paling terkenal dan tahan lama. Mulai dari Sirup Tjampolay, Terasi Udang, Kerupuk Kulit, hingga Kain Batik, mana nih yang paling mau kamu bawa pulang?

Selain itu, jangan lupa juga untuk kunjungi berbagai konser spektakuler di Cirebon dan beli tiketnya dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles