10 Oleh-oleh Karawang Terbaik yang Harus Kamu Bawa Pulang

Berkunjung ke Karawang tentu kurang lengkap tanpa membeli oleh-oleh. Mereka punya banyak camilan enak yang cocok untuk kamu bawa pulang. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak daftar oleh-oleh Karawang terbaik berikut ini!

Baca juga: Konser Dewa 19 di Karawang 2024: Harga Tiketnya Cuman Rp99k!

Oleh-oleh Karawang Terbaik

Karawang punya banyak pilihan camilan yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh seperti opak ketan rawagede, bolu kijing, rengginang, semprong, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah rekomendasi lengkapnya!

Baca juga: 10 Makanan Khas Karawang Terbaik: Lezat dan Legendaris!

1. Opak ketan rawagede

Oleh-oleh Karawang, Opak ketan rawagede
Foto: Carica.id

Opak ketan rawagede adalah oleh-oleh khas dari Karawang yang sangat populer dan diminati oleh banyak orang. Dibuat dari beras ketan yang dipadu dengan berbagai bumbu, opak ini punya cita rasa gurih dan tekstur yang renyah.

Biasanya, opak ketan rawagede disajikan dengan cabai rawit untuk menambahkan sentuhan pedas yang memikat. Setiap gigitan opak menghadirkan harmoni sempurna antara manisnya ketan dan kepedasan cabai, membuatnya jadi camilan yang sulit dilewatkan.

2. Bolu Kijing

Bolu Kijing
Foto: Endeus

Bolu Kijing adalah kue tradisional yang terbuat dari tepung beras, gula kelapa, dan santan, dengan nama yang diambil dari alat pemanggang khasnya. Kue ini menarik perhatian dengan rasa manis gurih dan tekstur lembutnya.

Meskipun harganya bervariasi sesuai dengan ukuran dan kualitasnya, umumnya tergolong terjangkau. Kamu bisa menemukan Bolu Kijing di pasar tradisional atau toko oleh-oleh di Karawang.

3. Rengginang Ketan

Oleh-oleh Karawang
Rekomendasi oleh-oleh Karawang terbaik. Cover: Rengginang Ketan

Tak kalah lezat dari sebelumnya, rengginang juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Karawang untuk kamu bawa pulang. Terbuat dari beras ketan yang dikeringkan lalu digoreng hingga renyah, makanan ini biasa disantap sebagai camilan.

Baca juga:  10 Makanan Khas Jepara Paling Legend yang Harus Kamu Cicipi!

Selain itu, rengginang ketan juga memiliki banyak varian mulai dari pedas, asin, gurih, hingga manis. Kamu bisa dengan mudah menemukan makanan ini di toko oleh-oleh dengan harga terjangkau.

4. Semprong

Semprong
Foto: paxelmarket/Loves Semprong Depok

Semprong adalah kue tabung tipis yang terbuat dari campuran tepung beras, gula, dan santan. Dibuat dengan menggulungnya saat masih panas, kue ini punya rasa manis dengan tekstur yang renyah.

Meskipun harganya bervariasi tergantung pada kualitas dan jumlah pembelian, umumnya masih terjangkau. Kamu bisa menemukan semprong di pasar tradisional maupun di toko oleh-oleh.

5. Kerupuk Gendar

Oleh-oleh Karawang, Kerupuk Gendar
Foto: Wiratech

Kerupuk Gendar adalah camilan renyah yang terbuat dari campuran tepung kanji dan irisan tipis bawang putih. Nama “Gendar” dipilih karena suara kriuknya yang khas saat digigit. Rasanya gurih dengan sentuhan pedas dari bawang putih.

Baca juga: 10 Cafe Karawang Instagramable Terbaik: Murah dan Estetik!

Kamu bisa membeli kerupuk ini sebagai oleh-oleh dalam bentuk mentah maupun membeli yang sudah matang. Kerupuk gendar cocok dinikmati sebagai pelengkap makan siang dan malam.

6. Dodong Ketan Hideung

Dodong Ketan Hideung
Foto: Klik Karawang

Dodong Ketan Hideung adalah oleh-oleh khas Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Bahan dasar utama dodol ini adalah ketan hitam, yang memberikan tekstur kenyal dan aroma khas. Rasanya manis dengan sentuhan segar dari aroma pandan. Tenang saja, harganya murah kok!

7. Telur Asin Batik

Oleh oleh Karawang, Telur Asin Batik
Foto: Pertamina

Tak kalah menarik dari oleh-oleh sebelumnya, telur asin batik juga bisa menjadi pilihan cendera mata yang unik.  Telur Asin Batik adalah telur asin yang disulap menjadi karya seni dengan motif batik yang menawan menggunakan pewarna alami.

Tak hanya memikat mata dengan hiasan batiknya yang cantik, Telur Asin Batik juga memukau lidah dengan rasa gurih dan asin yang khas. Harganya bervariasi tergantung pada kualitas dan desainnya yang unik. Kamu bisa menemukan Telur Asin Batik ini di sejumlah toko oleh-oleh dan pusat kerajinan di Karawang.

Baca juga:  Makna Lagu Evaluasi - Hindia: Tentang Pengingat Soal Hidup!

8. Tape Singkong

Tape Singkong
Foto: Astronauts

Tape singkong, juga disebut peuyeum, adalah makanan tradisional Jawa Barat yang dibuat dengan fermentasi singkong menggunakan ragi tape. Proses fermentasi ini menghasilkan rasa manis dan sedikit asam dengan aroma alkohol yang ringan.

Selain lezat, tape singkong juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan seperti bisa melancarkan pencernaan, meningkatkan daya tahan tubuh, dan membantu kamu untuk mengatasi jerawat. Maka dari itu, jika kamu sedang berada di Karawang, tape singkong wajib banget jadi makanan yang dibawa pulang!

9. Lumpia Karawang

Oleh-oleh Karawang, Lumpia
Foto: Instagram/doyanjajannnn

Lumpia Karawang merupakan lumpia yang terdiri dari sayuran segar dan daging cincang, yang kemudian digoreng hingga menjadi renyah. Rasanya gurih dengan tekstur segar dari sayuran yang diisi di dalamnya.  Untuk mencicipinya, kamu bisa datang ke warung makan atau toko oleh-oleh khas Karawang.

10. Keripik Pisang dan Keripik Ubi

Keripik pisang dan keripik ubi
Foto: Freepik

Terakhir tapi tak kalah menarik untuk dibawa pulang, rekomendasi oleh-oleh Karawang yang bisa kamu beli selanjutnya adalah keripik pisang dan keripik ubi. Makanan ini dibuat dengan memotong tipis pisang atau ubi lalu digoreng hingga kering, mereka menggoda dengan rasa manis alami dan tekstur yang renyah. Selain jadi oleh-oleh, keripik pisang dan keripik ubi juga cocok untuk camilan santai di rumah.

Apa Oleh-oleh Karawang Favoritmu?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi oleh-oleh Karawang yang bisa kamu bawa pulang. Jadi, mulai dari Opak ketan rawagede, Bolu Kijing, Rengginang ketan, hingga keripik pisang dan keripik ubi, oleh-oleh apa ini yang jadi favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Karawang dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles