10 Makanan Khas Tegal Paling Lezat yang Harus Kamu Cicipi!

Urusan kuliner, Tegal punya daya tarik tersendiri yang sayang untuk dilewatkan. Mereka menawarkan banyak makanan lezat dengan cita rasa otentik yang cuman bisa kamu temukan di Tegal. Nah, buat kamu yang berencana untuk berkunjung ke sana, berikut ini adalah beberapa makanan khas Tegal yang wajib kamu cicipi!

Baca Juga: Konser Dewa 19 di Tegal 2024: Harga Tiket, Line Up, dan Lokasinya!

Makanan Khas Tegal Paling Lezat

Dengan kekayaan rempah dan budayanya, Tegal memiliki banyak pilihan makanan khas mulai dari makanan berat hingga camilan yang lezat. Dari banyaknya pilihan yang ada, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang tidak boleh kamu lewatkan!

Baca Juga: 10 Wisata Tegal Terbaru 2024: Harga Tiket dan Alamatnya!

1. Sate Tegal

Makanan Khas Tegal, Sate Tegal
Foto: pergikuliner/Renodaneswara

Bagi para pencinta kuliner, Tegal menyajikan sebuah hidangan yang tak boleh dilewatkan yaitu sate kambing khas Tegal, Kemronyos. Berbeda dengan sate kambing biasa, Kemronyos tidak menggunakan bumbu kecap maupun bumbu kacang. Ini memberikan sentuhan unik pada cita rasa yang disajikan.

Hidangan khas Tegal ini sering dinikmati saat malam tiba, menawarkan nikmatnya cita rasa gurih dari daging kambing yang lezat. Dengan tekstur dan aroma yang menggugah selera, Kemronyos menjadi pilihan utama bagi para penggemar kuliner yang ingin menjelajahi wisata kuliner di Tegal.

2. Tahu Aci

Tahu Aci
Foto: Cookpad/ihdanas

Menjadi salah satu yang paling terkenal, makanan khas Tegal selanjutnya adalah Tahu Aci. Ini merupakan sajian yang menggabungkan dua bahan utama yaitu tahu dan tepung kanji atau aci. Gabungan tekstur kenyal dari aci dan kelembutan tahu membuat makanan ini menjadi pilihan camilan yang menarik untuk dinikmati, terutama bagi para pecinta gorengan.

3. Rujak Teplak

Makanan Khas Tegal, Rujak Teplak
Foto: Tribun Jateng

Makanan khas Tegal selanjutnya yang wajib kamu cicipi adalah Rujak Teplak. Menggabungkan beragam sayuran yang direbus seperti kangkung, daun lemayung, daun pepaya, dan berbagai jenis sayuran lainnya, hidangan khas Tegal ini ditambahkan dengan sambal gaul yang menjadikannya istimewa.

Baca juga:  Jadwal JIExpo 2024: Juni dan Juli Banyak Pameran Seru!

Sambal gaul yang unik ini terdiri dari singkong rebus yang dihaluskan dengan tambahan bumbu pedas. Keunikan cita rasa Rujak Teplak telah menjadikannya sebagai salah satu kuliner legendaris yang ikonik di Tegal.

4. Ketupat Glabed

Kupat Glabed
Foto: Cookpad/AzizahPrantoro

Salah satu makanan khas Tegal yang tidak boleh dilewatkan adalah Ketupat Glabed. Makanan dengan nama unik ini hanya bisa ditemui di Tegal, loh. Setiap hidangan Ketupat Glabed tak pernah lupa menyajikan potongan ketupat, tempe, sayuran kuning yang segar, sambal pedas, kerupuk mie kuning yang renyah, dan kuah kental yang begitu menggoda.

Biasanya, Ketupat Glabed juga disajikan dengan telur rebus, daging ayam, atau berbagai macam sate seperti sate ayam, sate kikil, atau sate kerang. Yang unik, kamu juga bisa memilih lauk sesuai selera. Rasa gurih Ketupat Glabed berpadu sempurna saat disantap.

5. Blendung

Makanan khas Tegal, Blendung Jagung
Foto: Cookpad/ellaeloet

Blendung dibuat dari jagung yang telah direbus hingga matang, kemudian disajikan dengan parutan kelapa. Meski sederhana, makanan khas ini memiliki cita rasa otentik dan selalu menjadi incaran banyak orang ketika berkunjung ke Tegal.

Untuk menemukannya, kamu bisa pergi ke pasar tradisonal dan di sana akan ada banyak pedagang yang menjual makanan khas ini. Jangan sampai dilewatkan, ya!

6. Glotak

Glotak
Foto: Indonesia Senang

Bagi kebanyakan orang, kuliner Glotak mungkin masih terdengar asing di telinga. Namun, Glotak merupakan salah satu makanan khas yang wajib kamu cicipi ketika sedang berada di Tegal. Makanan ini terbuat dari bahan utama gembus yang mirip denga noncom dan dimasak bersama bumbu khas dengan cita rasa yang lezat.

Nama “glotak” sendiri diambil dari suara yang terdengar saat proses memasaknya, menghasilkan bunyi “glotak-glotak” yang khas. Biasanya, glotak disajikan dengan kuah kaldu yang melimpah, yang dibuat dari rebusan tulang ayam atau sapi guna memberikan perpaduan rasa yang lebih nikmat.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Jepara Legendaris: Lezat dan Murah!

7. Kupat Blengong

Makanan khas Tegal, Kupat Blengong
Foto: VIsit Jawa Tengah

Kupat Blengong sebenarnya adalah varian Kupat Glabeb yang disajikan dengan Sate Blengong sebagai tambahannya. Dibuat dari daging Blengong, sate ini memiliki ukuran yang agak lebih panjang dari sate biasanya dan memiliki cita rasa yang gurih. Mengenai teksturnya, daging Blengong memiliki kesamaan dengan tekstur daging bebek yang kenyal.

8. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol
Foto: yummy

Nasi Ponggol adalah makanan khas dari Tegal yang sangat populer sebagai menu sarapan pagi. Berbeda dengan nasi bungkus biasa yang dibungkus dengan kertas nasi, nasi ponggol disajikan dalam daun pisang.

Setiap sajian nasi ponggol terdiri dari nasi putih yang disandingkan dengan lauk seperti tempe, tahu orek, oseng mie, dan sambal teri. Selain itu, kamu juga bisa memilih lauk tambahan seperti telur dadar atau udang sesuai selera. Kombinasi rasa yang sempurna dijamin akan membuat kamu ketagihan dengan hidangan ini.

9. Soto Tauco

Makanan khas Tegal, Soto Tauco
Foto: Disway Jateng

Bagi penggemar kuliner, Tegal menawarkan pengalaman unik dengan varian Soto yang berbeda. Dalam Soto Tauco, daging ayam yang diiris tipis, babat, tauge, dan brambang goreng menjadi bahan utama. Namun, yang membuatnya istimewa adalah kehadiran Tauco yang memperkaya cita rasa.

Tauco memberikan cita rasa baru pada makanan khas Tegal ini dengan sentuhan manis, asam, asin, serta aroma yang khas. Kombinasi bahan-bahan ini menciptakan harmoni rasa yang tak terlupakan bagi para penikmatnya.

10. Olos

Olos
Foto: Cookpad/Dapur Akhwat

Berlibur ke Tegal kurang lengkap rasanya kalau kamu tidak mencicipi Olos, camilan khas Tegal berbentuk bulat yang kerap dijajakan oleh penjual gerobak. Gorengan ini terbuat dari tepung terigu dengan isian sayuran dan cabai, menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang sangat digemari. Bahkan, kini Olos telah dimodifikasi dengan berbagai isian seperti sosis, ayam, dan keju.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian yang Tahan Lama dan Murah!

Apa Makanan Khas Tegal yang Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia beberapa makanan khas Tegal paling lezat yang wajib banget kamu cicipi. Jadi, mulai dari Sate Tegal, Tahu Aci, Rujak Teplak, sampai Olos mana nih yang paling ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles