7 Makanan Khas Pati yang Wajib Dicoba!

Ada banyak makanan khas Pati yang lezat dan sayang untuk dilewatkan. Mulai dari Soto Kemiri hingga Sayur Tempe Semanggit Pedas, semua masakan tersebut menawarkan kelezatan yang cuman bisa kamu temukan di Pati.

Nah, buat kamu yang punya rencana untuk wisata kuliner di Pati, terdapat beberapa rekomendasi makanan lezat dari Dewa Tiket yang wajib kamu coba. Penasaran ada apa saja? Yuk, simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 8 Rekomendasi Cafe Instagramable di Pati yang Harus Kamu Kunjungi!

1. Soto Kemiri

Makanan khas Pati pertama yang harus kamu coba adalah Soto Kemiri. Makanan ini punya sejarah yang unik untuk diketahui. Karena pada zaman dahulu ayam atau daging sulit untuk dijangkau, masyarakat setempat akhirnya menggunakan bumbu kemiri sebagai campuran kuah soto.

Hidangan ini juga punya isian yang cukup sederhana. Dalam setiap mangkok, kamu akan menemukan kecambah segar, tauge, seledri, bawang goreng, dan suwiran ayam yang disiram dengan kuah soto santan berbumbu kemiri yang khas. Cita rasa yang dihasilkan sangat unik dan layak sekali untuk kamu coba.

2. Mangut Kepala Manyung

Suka makanan dengan cita rasa pedas? Mangut Kepala Manyung adalah makanan khas Pati yang harus kamu coba. Dengan kepala ikan manyung yang diasap sebagai bahan utamanya, mangut ini memiliki kuah santan kuning yang sangat lezat.

Siraman kuah pedas dan bumbu rempah di dalamnya akan menyatu dengan aroma ikan asap, menciptakan kenikmatan yang enggak bakal kamu lupakan. Jangan lupa juga untuk mengosongkan perut kamu sebelum melahap makanan khas Pati ini supaya bisa menikmati kelezatannya sampai puas.

3. Nasi Gandul

Wisata kuliner di Pati kurang lengkap rasanya kalau kamu belum mencicipi Nasi Gandul. Makanan ini merupakan seporsi nasi putih yang dihidangkan dengan empal atau daging sapi bumbu bacem serta kuah gurih yang melimpah.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Jepara Legendaris: Lezat dan Murah!

Nama Nasi Gandul datang dari kebiasaan para pedagang di zaman dulu yang suka menggantung barang dagangannya. Hingga kini, masakan legendaris ini terus bertahan dan menjadi warisan lezat dari Pati yang tak ternilai harganya.

Baca juga: Konser Dewa 19 di Pati 2023: Ini Harga Tiket dan Jadwalnya!

4. Sego Tewel

Makanan khas Pati selanjutnya yang harus kamu cicipi adalah Sego Tewel. Di atas daun jati, seporsi nasi akan disajikan bersama guyuran sayur lodeh yang nikmat. Sego Tewel merupakan makanan yang sangat sederhana dan mudah ditemui di warung-warung nasi daerah Tambakromo. Jika kamu sedang berkunjung ke Pati, jangan lupa untuk makan sepiring Sego Tewel, ya!

5. Sayur Mrico

Tidak kalah lezat dari makanan-makanan sebelumnya, Sego Mrico juga merupakan makanan khas Pati yang wajib sekali untuk kamu coba. Makanan ini menawarkan sajian dari perpaduan rasa pedas dan asam yang begitu sempurna.

Seporsi Sego Mrico akan berisi nasi putih yang diguyur kuah asam pedas dan potongan ikan manyung yang mengenyangkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa pelengkap seperti potongan ketimun atau labu putih untuk melengkapi kelezatan di setiap suapan Sego Mrico.

6. Petis Runting

Makanan khas Pati selanjutnya yang wajib kamu coba adalah Petis Runting. Tampilan makanan ini sekilas mirip tengkleng atau gulai namun dengan kuah yang lebih pekat. Dalam proses pembuatannya, daging atau lemak kambing akan direbus, lalu dicampur dengan racikan bumbu dan tepung beras.

Selanjutnya, seporsi Petis Runting akan disajikan di atas piring dengan kuah melimpah. Kamu juga biasanya akan diberikan campuran kecap dengan potongan cabai dan bawang yang bisa kamu tambahkan ke dalam Petis Runting sesuai selera.

Baca juga:  Profil Mahalini: Agama, Prestasi, dan Perjalanan Kariernya!

7. Sayur Tempe Semangit Pedas

Di Pati, kamu bisa menemukan makanan lezat dari tempe yang sudah berwarna kuning atau biasa disebut semanggit. Selain berbahan dasar tempe, sayur ini juga terdiri dari sejumlah bahan masakan lain seperti tahu, udang, dan cabai rawit.

Cita rasa pedas, empuk, dan lembut akan berpadu sempurna dalam kuah kuning yang lezat. Makanan ini sangat cocok untuk dinikmati bersama sepiring nasi hangat dan juga kerupuk atau gorengan yang renyah.

Itu dia beberapa makanan khas Pati yang wajib banget untuk dicoba jika kamu sedang berkunjung ke sana. Selain berbagai masakannya yang menggugah selera, Pati juga menawarkan hiburan seru yang sayang untuk dilewatkan seperti konser Gayeng Festival Season Dua.

Konser spektakuler tersebut akan mengguncang Pati pada 16 September 2023 mendatang dengan formasi lengkap Dewa 19 bersama The Lucky Laki. Supaya kamu enggak ketinggalan keseruannya, yuk pesan tiket konser Gayeng Festival Season Dua melalui dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles