10 Makanan Khas Palembang yang Harus Kamu Coba Selain Pempek

Berkunjung ke Palembang, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi berbagai hidangan khas yang mereka miliki. Selain pempek yang sangat terkenal, masih ada banyak makanan khas Palembang lain yang bisa kamu coba. Berikut ini adalah beberapa rekomendasinya!

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Palembang: Harga Tiket, Line Up, dan Lokasinya!

Makanan khas Palembang

Ketika mencicipi makanan khas Palembang, kamu akan menemukan banyak olahan ikan yang lezat dengan cita rasa otentik. Selain itu, terdapat juga beberapa olahan daging dan buah yang tak kalah lezat untuk dicoba. Berikut ini adalah daftar rekomendasinya!

Baca juga: 10 Mall di Palembang yang Paling Bagus: Luas dan Lengkap!

1. Tekwan

Makanan khas Palembang, Tekwan
Foto: masakapahariini.com

Rekomendasi makanan khas Palembang pertama yang harus kamu coba adalah Tekwan. Makanan ini dibuat menggunakan bumbu yang mirip dengan pempek. Jadi, kalau kamu penggemar pempek, kamu juga kemungkinan besar akan menyukai Tekwan.

Tekwan disajikan dalam kuah kaldu udang yang gurih dan lezat. Bentuknya kecil-kecil seperti bakso ikan. Selain kuah kaldu udang, tekwan juga diberi tambahan bawang goreng, daun seledri, daun bawang, potongan bengkuang, bihun, dan jamur kuping yang membuatnya semakin nikmat!

2. Mie Celor

Mie Celor
Foto: Sasa

Mie Celor adalah makanan tradisional Palembang berupa mie dengan balutan kuah santan yang kental dan gurih. Makanan ini juga disajikan bersama potongan daging udang, tauge, telur rebus, dan hiasan daun bawang segar. Kelezatan kuah yang kaya dan beraroma creamy membuat Mie Celor menjadi pilihan sempurna untuk dinikmati saat waktu santai atau cuaca sedang dingin.

3. Celimpungan

Makanan khas Palembang, Celimpungan
Foto: Endeus TV

Biasa ditemukan saat perayaan lebaran, celimpungan bisa masuk ke daftar kuliner yang harus kamu cicipi ketika berada di Palembang. Mirip dengan pempek dan tekwan, celimpungan dibuat dari bahan dasar ikan dan sagu namun memiliki ukuran yang lebih besar.

Baca juga:  10 Lagu Cigarettes After Sex yang Galau, Ngena Banget!

Sementara tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang, celimpungan disajikan dengan kuah kari yang kaya rasa. Bagi kamu pecinta cita rasa gurih, celimpungan merupakan pilihan yang pas untuk disantap ketika berada di Palembang.

4. Model Palembang

Model Palembang
Foto: Indonesiakaya

Di Palembang, ada satu kuliner khas yang disebut Model. Makanan ini dibuat dengan adonan yang diisi tahu kemudian digoreng kemudian disajikan bersama kuah kaldu udang. Model terbuat dari ikan tenggiri sebagai bahan utamanya dan dicampur dengan tahu cina. Rasanya gurih, teksturnya garing, dan tentu saja sangat segar!

5. Pindang Patin

Makanan khas Palembang, Pindang Patin
Foto: masakapahariini.com

Tak kalah lezat, Pindang Patin adalah makanan khas Palembang yang wajib kamu coba selain pempek dan tekwan. Makanan ini terbuat dari ikan patin yang dimasak dengan bumbu khas Palembang dan disajikan dengan kuah santan. Rasanya asam, manis, dan sedikit pedas. Untuk menikmatinya, kamu juga bisa menambahkan nasi putih dan jgua sambal tempoyak.

6. Laksan

Laksan
Foto: Pinterest/Widya

Berbeda dari laksa Singapura, Laksan adalah makanan khas Palembang. Makanan ini terdiri dari pempek yang disajikan dengan kuah santan yang pedas. Karena terbuat dari pempek, bahan-bahan yang digunakan mirip dengan yang digunakan untuk membuat tekwan dan model.

7. Burgo

Makanan khas Palembang, Burgo
Foto: baba

Burgo mirip dengan kwetiau, terbuat dari campuran tepung beras dan tepung sagu yang dimasak seperti dadar tipis. Kemudian, dadar tersebut digulung dan dipotong tipis. Biasanya, burgo disajikan dengan kuah santan yang gurih, lengkuas, kencur, kunyit, ketumbar, dan kemiri. Kadang-kadang, suwiran daging ikan atau celimpungan juga ditambahkan untuk memberi tambahan cita rasa pada hidangan khas Palembang ini.

8. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak
Foto: Tastemade

Sambal Tempoyak dibuat dengan cara mengolah durian yang difermentasi, memberikan kombinasi rasa asam, pedas, dan manis yang disertai dengan aroma khas durian. Untuk membuatnya, durian yang sudah dipotong dimasak bersama cabai dan bawang. Sambal ini biasa dinikmati sebagai pelengkap berbagai hidangan khas Palembang lainnya.

Baca juga:  Makna Lagu Evaluasi - Hindia: Tentang Pengingat Soal Hidup!

9. Malbi

Makanan khas Palembang, Malbi
Foto: masakapahariini.com

Malbi adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari daging sapi. Meskipun secara tampilan mirip dengan semur daging, namun saat mencicipinya, kamu akan merasakan perbedaannya yang unik. Hidangan ini memiliki cita rasa khas Palembang yang terdiri dari sentuhan ladesa, pala, dan keasaman yang menyegarkan.

Tekstur daging yang empuk dipadukan dengan rempah-rempah khas Palembang dijamin akan membuat kamu ketagihan untuk menyantap Malbi.

10. Kue 8 Jam

Kue 8 Jam
Foto: paxelmarket/Cempako Palembang Food

Terakhir tapi tak kalah lezat, makanan khas Palembang yang harus kamu cicipi adalah Kue 8 Jam. Sesuai namanya, proses pembuatan kue ini memerlukan waktu hingga delapan jam. Dengan tekstur yang lembut, kenyal, dan rasa manis yang khas menjadikan Kue 8 Jam sajian wajib di momen-momen spesial seperti lebaran atau acara hajatan.

Apa Makanan Khas Palembang yang Ingin Kamu Coba?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Palembang yang harus kamu coba selain pempek. Jadi, mulai dari Tekwan, Mie Celor, Celimpungan, hingga Kue 8 Jam, mana nih makanan yang ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Palembang dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles