10 Makanan Khas Manado yang Harus Kamu Coba: Lezat dan Unik!

Urusan kuliner, Manado punya banyak sajian khas yang tidak boleh kamu lewatkan. Mereka menawarkan berbagai makanan lezat dengan cita rasa otentik yang cuman bisa kamu temukan di Manado. Nah, buat kamu yang penasaran dengan rekomendasi makanan khas Manado, berikut ini adalah ulasan lengkapnya!

Baca juga: Konser Dewa 19 di Manado 2024: Harga Tiket Mulai Dari Rp99k!

Makanan Khas Manado

Dengan kekayaan rempah dan budayanya, Manado punya banyak pilihan makanan khas mulai dari olahan ikan, daging, hingga sayur-sayuran.  Dari banyaknya pilihan yang ada, berikut ini adalah beberapa rekomendasi yang tidak boleh kamu lewatkan!

Baca juga: 10 Cafe di Manado yang Bagus: Kekinian dan Instagramable!

1. Bubur Manado

Makanan khas Manado, Bubur Manado
Foto: Masak Apa Hari Ini

Salah satu makanan khas Manado yang sangat terkenal adalah Bubur Manado. Bubur ini terbuat dari campuran labu, bayam, kangkung, daun gedi, singkong, daun kemangi, dan jagung, yang memberikan cita rasa khas. Selain itu, bubur Manado juga dikenal dengan nama tinutuan di daerah tersebut.

Karena menggunakan labu sebagai salah satu bahan utamanya, kuah Bubur Manado memiliki warna kuning yang khas dan tekstur yang cukup kental. Biasanya, bubur ini dinikmati dengan ikan asin atau ayam goreng sesuai dengan selera masing-masing. Untuk menyempurnakan rasanya, kamu bisa menambahkan sambal roa agar semakin lezat.

2. Dabu-Dabu

Dabu-Dabu
Foto: Pinterest/Cookpad Indonesia

Dabu-dabu adalah salah satu hidangan khas yang paling terkenal di Manado, bahkan dianggap sebagai simbol dari kuliner Manado. Ini adalah sambal khas Manado yang terdiri dari potongan cabai dicampur dengan potongan tomat segar, bawang merah, dan bahan lainnya, menghasilkan sensasi pedas yang menyegarkan.

Di Manado, kamu bisa menemukan berbagai variasi Dabu-dabu, termasuk Dabu-dabu lemong, Dabu-dabu bakar, dan berbagai varian lainnya untuk dinikmati.

Baca juga:  10 Makanan Khas Karawang Terbaik: Lezat dan Legendaris!

3. Mie Cakalang

Makanan Khas Manado, Mie Cakalang
Foto: Indonesia Kaya

Bekunjung ke Manado, Mie Cakalang jadi sajian wajib yang harus kamu cicipi. Makanan ini adalah mie kuning yang disajikan dalam kuah ikan cakalang, lengkap dengan potongan ikan cakalang, kubis, daun bawang, bawang putih, caisim, bawang merah, dan cabai. Untuk menambah cita rasa, kamu juga bisa menikmatinya bersama sambal roa atau sambal ijo.

4. Sambal Roa

Sambal Roa
Foto: thermonix

Manado dikenal sebagai surga bagi pecinta makanan pedas, dengan Dabu-dabu sebagai salah satu ikonnya. Namun, selain itu, ada satu lagi sambal khas Manado yang patut dicicipi, yaitu Sambal Roa.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Manado yang Lagi Trend 2024

Sambal ini dibuat dari daging ikan roa yang diasap, dicampur dengan cabe rawit dan berbagai rempah, memberikan rasa gurih yang khas. Kelezatan Sambal Roa ini bahkan membuatnya menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung ke Manado.

5. Ayam Tuturuga

Makanan khas Manado, Ayam Tuturuga
Foto: Masak Apa Hari Ini

Tak kalah lezat dari beberapa makanan khas Manado sebelumnya, Ayam Tuturuga juga wajib banget kamu cicipi. Proses memasak makanan ini mirip dengan opor ayam, tetapi kuah ayam tuturuga memiliki sentuhan merah yang khas. Kuahnya yang lezat ini diberi cita rasa asam segar dengan tambahan jeruk nipis dan cabai merah.

Untuk membuat kuah ayam tuturuga, kamu perlu menyiapkan jahe, bawang merah, bawang putih, kunyit, perasan jeruk nipis, garam, dan gula. Untuk menambah kenikmatan, kamu bisa menyantap Atam Tuturuga dengan sepiring nasi hangat.

6. Paniki

Paniki
Foto: Indonesia Kaya

Kalau kamu suka dengan kuliner khas yang unik, mencicipi Paniki di Manado bisa masuk ke bucket list kamu. Makanan ini terbuat dari daging kelelawar yang dimasak dengan santan dan berbagai rempah-rempah. Dalam satu mangkok, kamu akan merasakan daging kelelawar yang unik dan juga cita rasa pedas dan hangat dari kuah yang khas.

Baca juga:  Mengenal Pohon Kasih Kawasan Megamas, Venue Konser Persembahan Cinta Manado

7. Sate Kolombi

Makanan khas Manado, Sate Kolombi
Foto: Instagram/mdofoodies

Setiap daerah memiliki sate khasnya sendiri, seperti sate Madura, sate Maranggi, dan sate Taichan. Di Manado, kamu juga bisa mencicipi sate khas mereka yang disebut dengan sate kolombi.

Berbeda dari sate-sate biasanya yang terbuat dari daging ayam, sapi, atau kambing, sate Kolombi ini terbuat dari daging keong emas. Sate ini biasanya dinikmati dengan nasi hangat dan cocok disantap baik siang maupun malam hari.2

8. Papare

Papare
Foto: Cookpad/dyah arum arimurti

Salah satu makanan khas Manado yang tidak boleh dilewatkan adalah Papare. Papare adalah hidangan yang terbuat dari Ikan Tongkol yang dibungkus dengan daun pare dan kemudian digoreng. Meskipun pare memiliki rasa pahit, namun dengan campuran rempah-rempah dan bumbu pada ikan tongkol, Papare tetap lezat dan gurih saat dimakan.

9. Cakalang fufu

Makanan khas Manado, Cakalang fufu
Foto: RRI

Cakalang fufu, adalah makanan khas yang terbuat dari ikan cakalang yang dibumbui, diasapi, dan dijepit dalam kerangka bambu. Proses ini memerlukan waktu memasak sekitar 4 jam, diikuti dengan pendinginan selama 2 jam. Cakalang Fufu biasanya disajikan dengan sambal dabu-dabu dan nasi hangat untuk menambah kenikmatannya.

10. Gohu

Gohu
Foto: Yummy

Makanan khas Manado berikutnya adalah Gohu, hidangan asinan buah yang sangat populer di kalangan masyarakat setempat. Biasanya, Gohu terbuat dari pepaya, tetapi kadang-kadang juga ditemukan dengan tambahan timun atau nanas. Buah-buahan ini direndam dalam campuran air, cuka, lemon, cabai rawit, jahe, gula merah, dan garam.

Setelah semua bahan tercampur, Gohu akan disajikan dalam keadaan dingin dan menjadi pilihan tempat untuk disantap ketika cuaca sedang panas.

Apa Makanan Khas Manado yang Ingin Kamu Coba?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Manado yang bisa kamu cicipi. Jadi, mulai dari Bubur Manado, Dabu-dabu, Mie Cakalang, hingga Gohu, mana nih yang paling ingin kamu coba?

Baca juga:  Makna Lagu Lewat Doa - Fiersa Besari: Tentang Duka Mendalam!

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Manado dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles