10 Makanan khas Lamongan yang Menarik Untuk Kamu Cicipi!

Selain punya banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, Lamongan juga punya banyak makanan khas yang menarik untuk dicicipi. Penasaran apa saja makanan khas Lamongan yang wajib dicoba? Yuk, simak daftar lengkap berikut ini!

Baca juga: Swara Semesta Menyapa Lamongan: Ada Dewa 19, Tiketnya Murah!

Makanan Khas Lamongan

Dari berbagai pilihan makanan khas yang bisa kamu temukan di Lamongan, terdapat beberapa hidangan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari nasi boranan hingga soto lamongan, berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Lamongan yang Lagi Hits 2024

1. Nasi Boranan

Makanan khas Lamongan, Nasi Boranan
Foto: Indonesia.go.id

Makanan khas Lamongan pertama yang menarik untuk dicicipi adalah nasi boranan. Makanan ini dinamai dari wadah bambu anyaman yang digunakan untuk menyajikan nasi, yang dikenal sebagai Boran.

Sajian Nasi Boranan terdiri dari nasi, bumbu khas, lauk pauk, dan rempeyek. Beberapa pelengkap lain seperti empuk (tepung goreng) dan pletuk (kacang dan remah nasi aking) juga biasa ditambahkan ke dalamnya.

Bumbu dari masakan ini juga kaya akan rempah seperti cabai dan kelapa parut, dan biasa dihidangkan bersama daging ayam, jeroan, ikan bandeng, hingga telur, tahu, dan tempe. Dengan perpaduan yang unik, nasi boran wajib banget kamu cicipi ketika berkunjung ke Lamongan.

2. Pecel Lele

Pecel Lele Lamongan
Foto: Endeus.tv

Pecel lele menjadi makanan khas Lamongan selanjutnya yang wajib kamu coba. Berbeda dari pecel lainnya, hidangan ini dikenal dengan sambal pedasnya yang dibuat dari rempah-rempah pilihan.

Meskipun proses pembuatannya sederhana, kesederhanaan ini justru menghasilkan sajian yang lezat dan otentik. Perpaduan Ikan lele goreng yang renyah dan sambal pedas dijamin akan membuat kamu ketagihan.

3. Keripik Sunduk

Keripik Sunduk
Foto: Jejak Piknik

Keripik Sunduk adalah camilan khas Lamongan yang terbuat dari ikan sunduk, sejenis ikan yang banyak ditemui di perairan Lamongan dan memiliki bentuk mirip ikan tenggiri atau kakap.

Baca juga:  10 Lagu Mr. Big Paling Populer yang Bikin Nostalgia!

Sebagai salah satu olahan seafood andalan daerah ini, Keripik Sunduk tidak hanya lezat, tetapi juga terjangkau dan mudah ditemukan di toko oleh-oleh atau pasar setempat. Makanan ini awet dan biasa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau teman.

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Lamongan yang Cocok Dibawa Pulang!

4. Asem Bandeng

Makanan khas Lamongan, Asem Bandeng
Foto: Endeus.tv

Asem Bandeng adalah makanan khas Lamongan yang wajib dicoba selanjutnya. Hidangan ini menyajikan ikan bandeng dalam kuah asam gurih yang sangat khas. Ketika disantap dengan nasi hangat, kenikmatannya semakin terasa sempurna.

Asem Bandeng bisa ditemukan di berbagai tempat makan di Lamongan dan menjadi hidangan wajib bagi para pelancong yang ingin berwisata kuliner.

5. Bandeng Colo

Bandeng Colo
Foto: instagram.com/lamongantourism

Bandeng Colo adalah salah satu kuliner khas Lamongan yang tak kalah menarik untuk dicoba. Sebagai salah satu sentra penghasil ikan tawar di Jawa Timur, bandeng colo menjadi bukti kelezatan kuliner Lamongan.

Makanan ini merupakan olahan ikan bandeng dengan bumbu khusus yang mampu menghilangkan bau tanah dan amis. Uniknya, hidangan ini hanya tersedia di sebuah rumah makan di Jalan Sunan Giri, Lamongan.

Baca juga: 10 Makanan khas Lamongan yang Menarik Untuk Kamu Cicipi!

6. Tahu Campur

Must Read

Related Articles