10 Makanan Khas Kuningan yang Lezat dan Wajib Kamu Coba!

Selain terkenal dengan udara sejuk pegunungan nya, Kuningan juga merupakan rumah bagi berbagai hidangan khas yang lezat. Mulai dari makanan berat, camilan, hingga minuman otentik bisa kamu temukan di tempat ini. Nah, supaya enggak nyesel, berikut ini adalah beberapa makanan khas Kuningan yang wajib kamu coba ketika berada di sana:

Baca juga: Konser Dewa 19 di Cirebon 2023: Harga Tiketnya Murah!

Rekomendasi Makanan Khas Kuningan

Terdapat banyak pilihan makanan khas Kuningan yang bisa kamu cicipi. Namun, terdapat beberapa hidangan yang sangat legendaris dan sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Baca juga: 10 Tempat Wisata Kuningan Terbaru 2023, Udaranya Sejuk Banget!

1. Peuyeum Ketan

Makanan khas Kuningan, Peuyeum Ketan
Foto: INDONESIA Kaya

Peuyeum Ketan adalah hidangan khas Jawa Barat yang terbuat dari beras ketan putih atau merah. Pembuatannya melibatkan proses pengukusan dan fermentasi dengan ragi. Setelah itu, peuyeum dibungkus dengan daun jambu untuk memberikan aroma dan rasa khas, serta ditambahkan daun katuk untuk warna hijau dan tekstur yang tidak mudah berair.

Makanan khas Kuningan ini bisa kamu temukan di pusat oleh-oleh dan sering disajikan dalam ember hitam untuk mencegah air peuyeumnya tumpah. Untuk membawa seember Peuyeum Ketan kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp55.000 – Rp100.000 tergantung ukuran embernya.

2. Opak Bakar

Opak Bakar
Foto: Bu Sepuh

Opak bakar adalah makanan khas Kuningan yang cocok untuk ngopi di pagi hari karena diolah dengan cara dipanggang. Camilan ini terbuat dari campuran beras ketan dan kelapa yang dipotong tipis agar teksturnya renyah dan mudah dikonsumsi oleh berbagai usia.

Untuk menemani waktu ngopi kamu di pagi dan malam hari, Opak Bakar khas Kuningan wajib banget kamu cicipi! Camilan ini bisa kamu temukan di toko oleh-oleh dengan harga berkisar antara Rp25.000 – Rp33.000 per box. Murah banget, kan?

Baca juga:  Profil Tiara Andini: Agama, Pekerjaan Orang Tua, dan Karier!

3. Ketempling

Makanan khas Kuningan, Ketempling
Foto: Blibli/Aneka Kue Cirebon

Berbentuk bulat kembung dan kopong di tengah, makanan khas Kuningan yang harus kamu cicipi selanjutnya adalah Ketempling. Ini merupakan camilan dengan cita rasa gurih dan tekstur yang sangat renyah, cocok sebagai teman makan mie, bakso, atau soto.

Selain itu, karena bentuknya yang bulat, Ketempling juga mirip dengan gemblong yang terbuat dari singkong. Untuk bisa mencicipinya, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp15.000 – Rp50.000 tergantung ukuran kemasan yang dipilih.

4. Keripik Gemblong

Keripik Gemblong
Foto: Blibli/ENAM SEMBILAN1

Selain Ketempling, Kuningan juga punya Keripik Gemblong yang sayang untuk dilewatkan. Terbuat dari singkong dengan tambahan oncom di bagian tengahnya, keripik ini memiliki irisan tipis yang memungkinkan dinikmati kapan saja.

Kalau tertarik, camilan berwarna kekuningan ini bisa kamu di pusat oleh-oleh dalam kemasan plastik. Harga Keripik Gemblong juga sangat terjangkau, kira-kira sekitar Rp17.500 – Rp27.500 saja!

5. Kwecang

Makanan khas Kuningan, Kwecang
Foto: Cookpad/Indah Mulia

Kwecang adalah jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan dan air kapur sirih. Bentuknya menyerupai bakcang, tetapi dibungkus dengan daun bambu untuk memberikan aroma khas. Proses pembuatannya melibatkan pengukusan hingga mencapai tekstur yang sangat lembut.

Baca juga: 10 Kolam Renang Kuningan Terbaik 2023: Harga Tiketnya Murah!

Perlu diingat, kwecang cuman bisa bertahan maksimal satu hari, jadi kamu harus cepat-cepat memakannya setelah jajanan ini selesai dimasak. Untuk mencicipinya, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp1.000 – Rp2.000 per pcs!

6. Kue Satu Kacang Hijau

Kue Satu Kacang Hijau
Foto: Mengerti.id

Seperti namanya, Kue Satu Kacang Hijau terbuat dari kacang hijau yang disangrai, dihaluskan, dan dicampur dengan gula halus. Kue ini dibentuk menggunakan cetakan khusus sehingga bisa kamu makan dengan mudah dalam satu suapan. Kalau kamu tertarik untuk mencicipinya, siapkan saja budget sebesar Rp15.000 – Rp17.000 per kemasan.

Baca juga:  10 Makanan Khas Surabaya Legendaris yang Harus Kamu Coba

7. Hucap

Makanan khas Kuningan, Hucap
Foto: Indonesia Kaya

Terbuat dari tahu dan kecap, Hucap adalah makanan khas Kuningan yang penyajiannya mirip dengan ketoprak dan kupat tahu. Makanan ini biasa disajikan dengan kombinasi bumbu kacang dan kecap yang melimpah.

Cita rasanya dominan manis dari kecap dan gurih dari tahu goreng dan ketupat yang ada di dalamnya. Biasanya, makanan ini bisa kamu temukan di pinggir jalan dengan harga berkisar Rp8.000 – Rp12.000 per porsi. Jangan lupa untuk tambah kerupuk dan gorengan juga, ya!

8. Keripik Gadung

Keripik Gadung
Foto: Agro Indonesia

Keripik Gadung dibuat dari tanaman gadung yang diolah dengan terampil dan hati-hati, karena kalau tidak makanan ini justru bisa menjadi racun yang berbahaya. Biasanya, para pembuat keripik akan memotong gadung hingga tipis, merendamnya dalam abu, dikeringkan, baru setelah itu digoreng menjadi keripik.

Hasilnya, kamu akan mendapatkan camilan yang lezat, renyah, dan punya rasa bawang yang khas. Untuk bisa mencicipinya, kunjungi toko oleh-oleh Kuningan terdekat dan siapkan uang sekitar Rp10.000 – Rp20.000.

9. Kopi Luwak Linggarjati

Makanan khas Kuningan, Kopi Luwak Linggarjati
Foto: akwnulis

Kopi Luwak Linggarjati adalah kopi yang dihasilkan dari biji kopi yang telah dikonsumsi oleh hewan luwak. Proses produksi ini melibatkan budidaya luwak di sekitar Gunung Ciremai. Kopi ini menawarkan cita rasa khas dan aroma yang nikmat, sementara harganya bersaing dengan merek kopi lainnya.

10. Nasi Kasreng

Nasi Kasreng
Foto: Instagram/kuninganfoodies

Terakhir, makanan khas Kuningan yang harus kamu cicipi adalah Nasi Kasreng. Makanan ini terdiri dari nasi putih yang dipadukan dengan beragam lauk pauk seperti ikan paray goreng, pepes ikan paray, sambal, lalapan tauge, udang rebon, gorengan, dan lain-lain.

Banyaknya pilihan lauk yang ada membuat Nasi Kasreng sangat populer di kalangan masyarakat. Selain itu, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau berkisar Rp2.500 – Rp3.000 saja. Murah banget, kan?

Baca juga:  Makna Lagu Rockstar - LISA: Tentang Kehidupan LISA!

Apa Makanan Khas Kuningan yang Paling Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Kuningan yang lezat dan wajib untuk kamu coba. Jadi, mulai dari Peuyeum Ketan, Opak Bakar, Ketempling, sampai Nasi Kasreng, apa hidangan khas Kuningan yang paling ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser di Kuningan terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles