10 Makanan Khas Karawang Terbaik: Lezat dan Legendaris!

Terletak di daerah pesisir, Karawang punya banyak makanan lezat yang bisa kamu cicipi. Mulai dari makanan berat hingga kudapan semuanya bisa kamu temukan dengan cita rasa yang khas dan legendaris. Nah, buat kamu yang penasaran dengan makanan khas Karawang terbaik, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

Baca juga: Konser Dewa 19 di Karawang 2024: Harga Tiketnya Cuman Rp99k!

Makanan Khas Karawang Terbaik

Karena kondisi geografisnya, Karawang punya banyak olahan makanan berbahan dasar ikan yang lezat. Selain itu, terdapat juga beberapa camilan unik yang cocok banget untuk jadi tempat ngopi. Supaya kamu nggak penasaran lagi, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Soto Tangkar

Makanan khas Karawang, Soto Tangkar
Foto: Dapur Kobe

Di urutan pertama, makanan khas Karawang yang wajib kamu coba adalah Soto Tangkar. Makanan ini mirip dengan soto betawi, namun dengan kuah yang lebih kuning. Dalam seporsi Soto Tangkar, kamu akan menemukan potongan iga sapi, tulang muda, dan kaki, yang dibumbui dengan aneka rempah seperti kunyit dan cabai.

Cita rasa gurih dan hangat akan memanjakan lidah kamu ketika pertama kali mencicipinya.  Untuk menambah kelezatan, kamu juga bisa menyantap Soto Tangkar dengan tambahan perasan jeruk, sambal, dan emping.

2. Bandeng Gepuk

Bandeng Gepuk
Foto: Tokopedia/Hamada_Shop

Tak kalah lezat, Bandeng Gepuk juga menjadi makanan khas Karawang yang wajib kamu coba. Makanan ini dibuat dari ikan bandeng segar dengan balutan bumbu rempah. Selain itu, Bandeng Gepuk juga disajikan tanpa tulang sehingga kamu bisa menyantapnya dengan tenang.

Bandeng Gepuk bisa diolah dengan berbagai cara, mulai dari digoreng hingga dimasak sesuai selera. Kelebihannya, makanan ini cukup tahan lama sehingga kamu juga bisa membelinya sebagai oleh-oleh.

3. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Makanan khas Karawang, Ikan Gabus Bumbu Pucung
Foto: Astronauts

Kalau di Surabaya ada Rawon, di Karawang kamu bisa mencicipi lezatnya Ikan Gabus Bumbu Pucung. Makanan ini memiliki kuah berwarna hitam dari keluwak dan isi potongan ikan gabus yang lembut. Supaya makin nikmat, kamu bisa menyantap ikan gabus bumbu pucung dengan nasi hangat dan juga es teh.

Baca juga:  10 Menu Lebaran Sederhana Tapi Mewah yang Wajib Ada Di Rumah

4. Pepes Ikan Jambal

Pepes Ikan Jambal
Foto: Cookpad/Sri suharyaningsih

Terletak di kawasan pesisir, Karawang tentu punya banyak olahan ikan yang bisa kamu coba, salah satunya adalah Pepes Ikan Jambal. Makanan ini memiliki cita rasa bumbu rempah yang kuat. Selain itu, ikan jambal yang digunakan juga memiliki cita rasa yang begitu gurih dan juga lembut di lidah.

Dalam proses pengolahannya, pepes ikan jambal juga tidak dikukus, melainkan dibakar dengan menggunakan tungku. Dengan kemasan daun pisang dan berbagai rempah yang digunakan, kamu dijamin puas dalam menikmati setiap gigitan makanan ini.

5. Soto Gempol

Makanan khas Karawang, Soto Gempol
Foto: Pakndut

Kembali ke makanan berkuah, Karawang punya Soto Gempol yang tak kalah menarik untuk dicoba. Makanan ini dikenal sebagai kuliner lawas dari Kabupaten Karawang. Dalam penyajiannya, kamu bisa memilih berbagai toping seperti daging, ayam, babat, hingga usus.

Selain itu, biasanya Soto Gempol juga disajikan dengan acar yang terdiri dari wortel, bunga kol, dan juga mentimun. Kalau kamu penasaran dengan rasanya, silakan cicipi langsung ketika berkunjung ke Karawang, ya!

6. Bubur Ayam Cilamaya

Bubur Ayam Cilamaya
Foto: Facebook/Cilamaya-Bercerita

Tak kalah menarik dari berbagai kuliner sebelumnya, Karawang juga punya bubur Ayam Cilamaya yang unik karena memiliki toping kerupuk mie dan sayur khusus. Cita rasanya merupakan perpaduan antara daging ayam, kacang kedelai, bawang goreng, bawang daun, kerupuk mie, dan juga sambal yang bisa kamu tambah sesuai selera.

Kalau kamu sedang mencari sarapan, Bubur Ayam Cilamaya khas Karawang bisa menjadi pilihan makanan yang menarik.

7. Kue Gonjing

Makanan khas Karawang, Kue Gonjing
Foto: Herstory

Beralih ke kudapan, ada Kue Gonjing yang bisa kamu coba ketika berkunjung ke Karawang. Makanan ini terbuat dari campuran kelapa dan tepung yang bisa kamu santap dengan dua cara berbeda.

Baca juga:  10 Lagu BTS Terbaru 2024 yang Paling Viral: Apa Favoritmu?

Jika kamu ingin yang manis-manis, Kue Gonjing bisa kamu santap dengan taburan gula bubuk di atasnya. Namun, jika kamu sedang ingin makanan yang pedas gurih, Kue Gonjing bisa kamu nikmati dengan cocolan saus pedas. Menarik sekali, kan?

8. Sorabi Hijau

Sorabi Hijau
Foto: Pexels/Anton Tezar

Tak kalah menarik dari kudapan sebelumnya, Sorabi Hijau juga sangat lezat untuk disantap ketika kamu sedang berada di Karawang. Makanan ini terbuat dari adonan tepung, santan, pandan, dan gula yang diolah menjadi satu. Selain itu, Sorabi Hijau juga biasa disajikan dengan tambahan gula merah cair yang manis.

9. Jojongkong

Makanan khas Karawang, Jojongkong
Foto: Youtube/DERI BAHTIAR

Jojongkong adalah makanan legendaris dari Karawang yang biasa disantap sebagai camilan. Makanan ini terbuat dari campuran beras, tepung ketan, kanji, dan garam yang kemudian dibungkus dengan daun pisang. Selain itu, Jojongkong juga biasanya diisi dengan parutan kelapa dan gula merah.

Jika kamu sedang mencari camilan untuk teman ngopi, Jojongkong menjadi makanan yang tidak boleh kamu lewatkan!

10. Kerupuk Bontot

Kerupuk Bontot
Foto: SisiJabar

Kalau biasanya kerupuk berbentuk bundar, keriting, dan memiliki rasa renyah, Kerupuk Bontot khas Karawang punya penampilan yang beda. Meski disebut kerupuk, makanan ini memiliki tekstur yang kenyal seperti aci.

Hal ini terjadi karena Kerupuk Bontot merupakan bahan setengah jadi dari kerupuk udang. Saat sudah digoreng, kerupuk ini pun tetap tebal dan kenyal layaknya cimol dan cocok dihidangkan sebagai cemilan.

Apa Makanan Khas Karawang yang Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia beberapa makanan khas Karawang terbaik yang bisa kamu coba. Jadi, mulai dari Soto Tangkar, Bandeng Gepuk, Ikan Gabus Bumbu Pucung, hingga Kerupuk Bontot, mana nih yang ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Karawang dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Baca juga:  Konser Dewa 19 di Karawang 2024: Harga Tiketnya Cuman Rp99k!

Must Read

Related Articles