10 Makanan Khas Jepara Paling Legend yang Harus Kamu Cicipi!

Opor Panggang Jepara
Foto: Cookpad/Annisa Rahmatillah

Di Jepara, opor ayam berbeda dari yang biasa kamu temui di daerah lain. Alih-alih direbus, ayamnya dipanggang terlebih dahulu sehingga memberikan aroma dan tekstur yang khas dan unik. Ayam kampung biasa digunakan sebagai bahan utamanya.

Setelah dipanggang, ayam dimasak bersama kuah di kuali tanah liat, menghasilkan rasa yang istimewa. Bumbu yang digunakan meliputi santan, daun jeruk, kemiri, dan berbagai rempah lain yang menyegarkan, menjadikan hidangan ini sangat menggoda.

9. Tempong

Makanan khas Jepara, Tempong
Foto: Tokopedia/Dapur Rasa Jepara

Tempong adalah hidangan khas Jepara yang terbuat dari ikan teri kecil yang diolah menyerupai bakwan atau bala-bala. Camilan ini memiliki rasa gurih yang cocok sebagai lauk, berkat campuran tepung terigu, garam, merica, dan kemiri dalam bumbunya. Tempong biasanya disajikan dengan sambal dan nasi hangat sebagai hidangan utama.

10. Sambal Samtis

Sambal Samtis
Foto: SAMTIS Bang Emir

Jepara tidak hanya terkenal dengan makanan utama dan camilannya, tetapi juga dengan sambal khasnya, yaitu Sambal Samtis. Sambal ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia dan biasanya disajikan sebagai pendamping makanan lain.

Yang membuat Sambal Samtis istimewa adalah campuran cumi dan udang, serta bumbu original yang khas dan tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Jika penasaran, kamu juga bisa menemukan makanan ini di toko oleh-oleh khas Jepara.

Apa Makanan Khas Jepara yang Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi makanan khas Jepara paling legend yang bisa kamu temukan ketika berkunjung ke sana. Jadi, mulai dari Cetot, Horok-horok, Pindang Serani, hingga Sambal Samtis, mana nih yang ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru di Jepara dan beli tiket konser dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Seru Banget!

Must Read

Related Articles