10 Makanan Khas Jepara Paling Legend yang Harus Kamu Cicipi!

Makanan khas Jepara, Moto Belong
Foto: cookpad/Mama fathan

Moto Belong adalah camilan tradisional dari Jepara yang terbuat dari perasan singkong parut, lalu diisi dengan pisang matang dan dibentuk menyerupai kapsul. Jajanan ini kemudian digoreng hingga bertekstur renyah di luar namun tetap lembut di dalam. Moto Belong sangat populer dan sering dinikmati sebagai camilan favorit oleh masyarakat Jepara.

6. Bongko Mento

Bongko Mento
Foto: Ngabuburead

Bongko Mento adalah makanan khas Jepara yang sekilas mirip dengan pepes karena dibungkus daun pisang. Namun, isian Bongko Mento berbeda, terdiri dari campuran suwiran ayam, mie soun, jamur, dan santan.

Proses memasaknya sederhana juga cukup sederhana, setelah adonan dibungkus rapi dengan daun pisang, Bongko Mento dikukus hingga daun pisang layu, menghasilkan aroma yang menggugah selera. Biasanya, Bongko Mento disajikan sebagai lauk pendamping saat makan.

7. Lontong Krubyuk

Makanan khas Jepara, Lontong Krubyuk
Foto: Inibaru.id

Lontong Krubyuk adalah hidangan khas Jepara yang unik dan lezat. Hidangan ini terdiri dari lontong yang disiram dengan kuah kental berbahan dasar kaldu sapi sehingga memberikan rasa gurih dan kaya rempah yang khas. Untuk menambah kelezatannya, Lontong Krubyuk biasanya disajikan dengan telur rebus, tahu, dan tempe goreng.

Baca juga:  Makna Lagu Asing - Juicy Luicy: Tentang Cinta Seorang Ibu!

8. Opor Panggang Jepara

Must Read

Related Articles