10 Makanan Khas Jepara Paling Legend yang Harus Kamu Cicipi!

Berkunjung ke Jepara, kurang lengkap rasanya kalau tidak mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di sana. Mulai dari makanan berat hingga camilan bisa kamu temukan di Jepara. Nah, buat kamu yang penasaran apa saja makanan khas Jepara yang paling legend untuk dicicipi, berikut ini adalah rekomendasinya!

Baca juga: Konser Mistikus Cinta Dewa 19 di Jepara: Harga Tiket dan Jadwal Acaranya!

Makanan Khas Jepara Paling Legend

Dari banyaknya pilihan makanan khas yang bisa kamu temukan di Jepara, terdapat beberapa hidangan legend yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari cetot, horok-horok, hingga sambal samtis, berikut ini adalah daftar lengkapnya.

Baca juga: 10 Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits: Murah dan Seru!

1. Cetot

Makanan khas Jepara, Cetot
Foto: Ticjepara

Di urutan pertama, makanan khas Jepara yang harus kamu coba adalah Cetot. Makanan ini merupakan kue basah kebanggaan Jepara yang terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk bulat dan digoreng hingga matang.

Kue ini memiliki tekstur unik dengan bagian dalam yang kenyal dan bagian luar yang renyah. Biasanya, Cetot disajikan dengan taburan kelapa parut dan gula merah, menambah rasa manis dan nikmat.

2. Horok-horok

Horok-horok
Foto: National Geographic Indonesia/Anandita Marwa Aulia

Tak kalah lezat, Horok-horok juga makanan khas Jepara yang harus kamu coba. makanan ini terbuat dari tepung pohon aren. Untuk meningkatkan cita rasanya, tepung ini diolah bersama santan dan gula pasir. Meski termasuk makanan ringan, horok-horok sering digunakan sebagai pengganti nasi oleh masyarakat setempat.

Kamu bisa menikmati horok-horok secara langsung atau memadukannya dengan berbagai hidangan lain seperti petis, bakso, gulai, soto, sate, atau sayur pecel. Jangan lupa juga untuk menyajikannya dengan teh manis sebagai pelengkap.

3. Pindang Serani

Makanan khas Jepara, Pindang Serani
Foto: Endeus TV

Pindang Serani adalah hidangan tradisional dari Jepara yang menggunakan ikan segar sebagai bahan utama. Ikan ini dimasak dengan bumbu rempah dan kuah santan, menciptakan cita rasa gurih dan aroma yang khas. Hidangan ini sangat populer di kalangan masyarakat Jepara dan biasanya disajikan dengan nasi hangat sebagai makanan utama.

4. Turuk Bintol

Turuk Bintol
Foto: Telusuri

Turuk Bintol adalah jajanan khas dari Desa Pendosawalan, Kecamatan Kalinyamatan, Jepara. Makanan ini terbuat dari ketan putih yang dikukus, menghasilkan tekstur yang lembut dan kenyal.

Untuk memberikan cita rasa dan tekstur yang unik, Turuk Bintol diolah dengan tambahan santan, garam, daun pandan, dan kacang tolo, menciptakan sensasi renyah saat dikunyah. Ketika disajikan, makanan khas Jepara ini ditaburi dengan kelapa parut kasar untuk menambah rasa gurih yang menggugah selera.

Baca juga:  10 Lagu Juicy Luicy Terbaru 2024: Viral dan Relate Banget!

5. Moto Belong

Must Read

Related Articles