10 Makanan Khas Jember yang Harus Kamu Cicipi: Ada Sate dan Tape!

Urusan kuliner, setiap daerah di Indonesia punya pesonanya tersendiri termasuk juga Kabupaten Jember. Mulai dari olahan tape hingga berbagai jenis sate dengan cita rasa yang unik bisa dengan mudah kamu temui di sini. Nah, buat kamu yang bingung ingin mencicipi makanan khas Jember yang mana, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Jember Paling Populer 2023: Harga Tiket dan Alamatnya

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Rekomendasi Makanan Khas Jember

Kalau kamu sedang berkunjung ke Jember, mencicipi kuliner khas mereka harus masuk ke dalam agenda acara. Ada banyak pilihan makanan khas dengan cita rasa autentik yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Jember yang wajib banget kamu cicipi!

Baca juga: Jadwal Konser di Jember Terbaru 2023: Diupdate Setiap Bulan!

1. Suwar-Suwir

Makanan khas Jember, Suwar-Suwir
Foto: Pesona Nusantara

Tertarik untuk mencicipi makanan khas Jember yang unik? Yuk, cobain Suwar-suwir! Makanan khas Jember ini dibuat dari tape singkong yang diproses hingga mengeras dan dibuat dalam berbagai varian rasa seperti strawberry, coklat, kacang, dan sirsak. Bentuknya hampir mirip dodol dan cocok banget untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh.

Selain rasanya yang unik dan beragam, harga makanan ini juga sangat terjangkau, mulai dari Rp25.000 saja. Jadi, kalau lagi jalan-jalan ke Jember, jangan lupa cicipi kelezatan Suwar-suwir, ya!

2. Gudeg dan Pecel Lumintu

Gudeg dan Pecel Lumintu
Foto: Maps/Tanz

Jember punya dua tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi, yaitu Gudeg dan Pecel Lumintu. Warung ini udah jadi favorit sejak tahun 80an dan selalu ramai pengunjung. Kalo kamu mampir, cobain deh nasi campur mereka yang gabungin nasi gudeg dan nasi pecel.

Tapi kalo mau, bisa juga pesen nasi gudeg dan nasi pecel terpisah. Makanannya bener-bener lezat dan bikin ketagihan! Jadi, kalo lagi di Jember, jangan lupa mampir ke sini ya. Pasti puas perut kamu!

Baca juga:  Makna Lagu Aku yang Jatuh Cinta - Dudy Oris: Tentang Kasmaran!

3. Prol Tape

Makanan khas Jember, Prol Tape
Foto: Endeus TV

Makanan khas Jember yang wajib kamu cicipi selanjutnya adalah Prol Tape. Makanan ringan ini terbuat dari tape singkong yang diolah menjadi kue lezat. Biasanya, warga lokal menyajikan makanan ini untuk tamu.

Baca juga: 7 Cafe Live Music di Jember: Dijamin Nyaman dan Full Hiburan!

Ada banyak varian rasa Prol Tape yang bisa kamu beli mulai dari coklat, kismis, keju, sampai rasa original. Kalau kamu tertarik untuk membawanya pulang, Prol Tape bisa dengan mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang terjangkau, mulai dari Rp25.000 saja.

4. Mi Pangsit Rama

Mi Pangsit Rama
Foto: Maps/Mie Rama Jember

Seperti namanya, Mi Pangsit Rama terkenal banget dengan mi pangsitnya yang sering direkomendasikan oleh para wisatawan. Mereka punya berbagai varian mi yang super enak, mulai dari mi pangsit kuah, bakwan, sampe tahu. Plus, suasana di sini bener-bener bikin nostalgia dengan nuansa tempo dulu.

Kalau kamu tertarik untuk mencicipinya, Mi Pangsit Rama biasanya buka dari sore sampe malam hari di Jl. Diponegoro No.26, Tembaan, Kepatihan, Kec. Kaliwates, Kabupaten Jember.

5. Pia Tape

Makanan khas Jember, Pia Tape
Foto: Primadona Jember

Pia Tape adalah olahan tape singkong yang memiliki kulit keras dan renyah di luar, tapi lembut di dalamnya. Makanan khas Jember ini tersedia dalam berbagai varian rasa seperti coklat, pisang, strawberry, blueberry, keju, dan masih banyak lagi.

Kalau kamu tertarik untuk membelinya, makanan ini bisa dengan mudah ditemukan di toko oleh-oleh dengan harga terjangkau, mulai dari Rp28.500 saja. Jadi, ketika berada di Jember jangan lewatkan kesempatan buat mencicipi kelezatan pia tape, ya!

6. Wedang Cor

Wedang Cor
Foto: Suara Indonesia

Wedang Cor adalah minuman hangat khas Jember yang enggak boleh kamu lewatkan! Ini bener-bener jadi ikon kuliner di Kabupaten Jember. Selain minumannya, di sini kamu juga bisa menikmati aneka camilan lezat.

Baca juga:  Makna Lagu Asing - Juicy Luicy: Tentang Cinta Seorang Ibu!

Minuman khas ini terbuat dari tape singkong atau tape ketan hitam, dicampur sedikit susu kental manis, jahe yang dimemarkan, dan disiram air panas. Rasanya manis dan asam yang unik dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Biasanya, minuman lezat ini dibanderol dengan harga Rp10.000 per porsi. Murah banget, kan?

7. Nasi Langgi

Makanan khas Jember, Nasi Langgi
Foto: GNFI

Nasi Langgi adalah makanan khas Jember yang terdiri dari nasi, daging sapi, petis, kentang, sambal goreng tempe, bumbu bali, abon sapi, mentimun, dan sambal. Biasanya makanan ini disajikan di pagi dan siang hari, jadi cocok buat sarapan atau makan siang.

Kalau kamu pengen nyobain, ada satu outlet legendaris yang bisa kamu kunjungi yaitu Depot Jawa Timur di Jl. Gatot Subroto No. 10, Jember. Mereka buka dari jam 10.00 sampai 20.00 dengan harga Rp24.000. Nasi Langgi di sini bener-bener nggak boleh dilewatkan, jadi pastikan buat mampir dan nikmati kelezatannya!

8. Sate Pak Malud

Sate Pak Malud
Foto: Maps/Nadine Sefta

Kalau kamu pencinta sate, di Jember ada Sate Pak Malud yang enggak boleh kamu lewatkan! Tempat yang satu ini sangat ikonik sebagai tempat mencicipi makanan khas Jember bagi para wisatawan. Mereka bukan cuman menyajikan sate ayam, tapi juga sate kambing dengan cita rasa khas Jawa Timuran.

Sate Pak Malud buka mulai jam 6 petang dan ada di Jalan Trunojoyo nomer 100. Kalo suka sate kambing, ini jadi andalan para wisatawan. Plus, sate ini disajikan dengan gulai yang bikin makan malammu makin spesial. Kalo khawatir soal kolesterol, tenang aja, mereka juga punya sate ayam yang nggak kalah enak. Jadi, jangan lupa mampir ke Sate Pak Malud, ya!

9. Sate CR

Makanan khas Jember, Sate CR
Foto: budaya-indonesia.org

Sate memang jadi makanan khas hampir di seluruh Indonesia, dan di Jember, ada sate yang benar-benar istimewa, yaitu sate CR. Makanan khas Jember ini dibuat dari daging kambing dan biasanya disajikan dengan bumbu kacang yang khas.

Baca juga:  10 Makanan Khas Jepara Paling Legend yang Harus Kamu Cicipi!

Kamu bisa merasakan kelezatan sate CR ini di rumah makan Sate Kambing & Ayam CR yang sudah cukup populer di kalangan warga lokal. Mereka berlokasi di Jl. Gajah Mada, Jember, dan buka dari jam 11.00 sampai 20.00 (tapi jangan lupa, jam operasional bisa berubah ya). Jadi, kalo lagi di Jember, jangan lupa mampir ke sini dan nikmati cita rasa otentik sate CR!

10. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok
Foto: Maps/Azhari Ramdani

Soto Ayam Dahlok adalah makanan khas Jember yang sangat legendaris dan wajib banget kamu cicipi. Meski sudah berdiri sejak tahun 1958, soto ini tetap jadi incaran warga dan wisatawan. Lokasinya di Jalan Fatahilah, buka dari pagi sampai malam.

Kenapa Soto Ayam Dahlok wajib kamu cicipi? Selain rasanya yang khas, lokasinya juga pas di tengah kota. Meskipun bahan-bahannya sederhana seperti daging ayam kampung, jeroan, telur rebus, tomat, dan bawang goreng, tapi begitu disajikan, aroma dan rasa nikmatnya nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Jadi, kalo lagi di Jember, jangan lupa mampir ke Soto Ayam Dahlok dan rasakan sendiri kelezatannya!

Apa Makanan Khas Jember yang Paling Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia deretan makanan khas Jember yang wajib banget buat kamu cicipi. Mulai dari Suwar-Suwir, Gudeg dan Pecel Lumintu, Prol Tape, sampai Soto Ayam Dahlok, mana nih yang paling mau kamu cicipi?

Selain menikmati sajian kuliner khasnya, kamu juga bisa datang ke berbagai konser spektakuler di Jember. Untuk tau jadwal konser dan harga tiketnya, yuk kunjungi website dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles