10 Makanan Khas Cirebon yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Selain kaya akan sejarah dan budaya lokal, Cirebon juga punya banyak makanan khas yang sayang untuk dilewatkan. Terletak di perbatasan Jawa Barat – Jawa Tengah, kamu akan menemukan banyak makanan khas Cirebon dengan cita rasa yang unik. Penasaran apa saja makanan lezat yang harus kamu cicipi di tempat ini? Yuk, simak beberapa rekomendasinya berikut ini!

Baca juga: 15 Tempat Wisata Cirebon Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi!

Rekomendasi Makanan Khas Cirebon

Ada banyak sekali pilihan makanan khas Cirebon yang lezat untuk dinikmati. Mulai dari makanan berkuah, berbagai olahan daging, hingga makanan-makanan sederhana yang lezat bisa kamu cicipi di tempat ini. Namun, terdapat beberapa makanan yang sayang sekali untuk dilewatkan, ulasan lengkapnya adalah seperti berikut ini!

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Cirebon 2024: Lebih Murah dan Meriah!

1. Mi Koclok

Makanan khas Cirebon, Mi Koclok
Foto: masakapahariini.com

Kalau kamu penggemar mie, Mie Koclok adalah makanan khas Cirebon yang wajib kamu cicipi. Makanan ini disajikan dengan kuah kental, daging ayam suwiran, telur, dan irisan daun bawang. Kuahnya terbuat dari campuran kaldu ayam dan tepung tapioka, memberikan warna putih pekat yang menggoda.

Ada banyak sekali pilihan tempat makan mie koclok yang enak di Cirebon seperti Mie Koclok Mas Edi dan Mie Koclok Gombang Pak Rasita yang legendaris. Dua tempat makan tersebut menawarkan kualitas makanan yang telah bertahan sejak dulu dengan bagan baku berkualitas tinggi.

2. Empal Gentong

Empal Gentong
Foto: warisankuliner.com

Empal Gentong adalah makanan khas Cirebon yang wajib kamu cicipi selanjutnya. Sekilas, makanan ini mirip dengan gulai namun dengan tambahan usus dan babat. Dahulu, hidangan ini dibuat dengan daging kerbau dan disajikan sebagai makanan kaum ningrat.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian yang Tahan Lama dan Murah!

Namun, kini kamu bisa menemukan penjual empal gentong di sepanjang jalan kota Cirebon. Dengan rasanya yang gurih dan lezat, Empal Gentong cocok sekali untuk dihidangkan dengan lontong dan taburan daun kucai. Kalau kamu sedang mencari makan siang atau malam di Cirebon, Empal Gentong sangat sayang untuk dilewatkan!

3. Nasi Jamblang

Makanan khas Cirebon, Nasi Jamblang
Foto: Maps/Sucipto Hadi Purnomo

Mirip dengan nasi uduk Betawi dan nasi pecel Madiun, Nasi Jamblang adalah makanan khas Cirebon yang lezat dan wajib kamu cicipi. Keunikan nasi jamblang terletak pada pembungkusnya yang menggunakan daun jati.

Selain penyajiannya yang unik, kamu bisa memilih sendiri beragam hidangan sebagai lauknya mulai dari tempe, tahu, sate kentang, semur ati, sambal, dan masih banyak lagi.

Nasi jamblang telah menjadi makanan sehari-hari orang Cirebon dan mudah ditemui di setiap sudut kota. Oleh karena itu, ketika kamu berkunjung ke Cirebon, jangan lupa cicipi makanan ini, ya!

4. Gado-gado Ayam

Gado-gado Ayam
Foto: simakterus.com

Meski tidak sepopuler Empal Gentong, Gado-gado Ayam adalah makanan khas Cirebon yang tidak boleh kamu lewatkan. Berbeda dengan gado-gado pada umumnya yang terbuat dari campuran sayuran, gado-gado ayam disajikan dengan lontong dan sayuran, disiram dengan kuah kuning khas, serta disempurnakan dengan bumbu kacang.

Makanan ini juga biasa disajikan bersama kerupuk udang dan emping, menambahkan tekstur dan cita rasa khas yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Kalau kamu sedang berada di Cirebon dan merasa lapar, jangan ragu untuk langsung mencaru Gado-gado Ayam, ya!

5. Nasi Lengko

Makanan khas Cirebon, Nasi Lengko
Foto: fimela.com

Nasi Lengko adalah makanan khas Cirebon yang unik. Namanya berasal dari kata “langka” yang artinya jarang dalam bahasa Cirebon. Makanan rumahan ini terdiri dari nasi yang disajikan dengan tahu, tempe, daun kucai, tauge, mentimun, dan siraman bumbu kacang pecel. Tampilannya sangat simpel dan agak mirip dengan nasi pecel yang bisa kamu temukan di Jawa Timur.

Baca juga:  25 Lagu Viral Indonesia 2024 Untuk Kamu Dengar [Pilihan Editor]

6. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
Foto: Instagram/byviszaj

Tidak kalah menarik dari sebelumnya, Tahu Gejrot juga wajib banget kamu cicipi ketika berkunjung ke Cirebon. Kata “gejrot” dalam makanan ini berasal dari bahasa Cirebon yang artinya tumbuk atau uleg. Dalam hidangan ini, tahu diguyur dengan kuah yang terdiri dari kecap cabe bawang.

Uniknya, Tahu Gejrot tidak hanya dapat ditemui di rumah makan tetapi juga dijajakan oleh penjual yang menggunakan pikulan. Jadi, kamu enggak akan kesulitan untuk mencicipi makanan khas Cirebon ini!

7. Docang

Makanan khas Cirebon, Docang
Foto: GNFI

Docang adalah hidangan sarapan yang sangat digemari oleh warga Cirebon. Hidangan ini terdiri dari lontong, tauge, dan daun singkong yang disajikan dengan kuah dage (oncom) serta parutan kelapa. Untuk menambah kenikmatannya, docang biasanya disajikan dengan kerupuk. Hidangan ini paling nikmat dinikmati dalam keadaan panas dengan tambahan kerupuk dan teh hangat.

8. Pedesan Entog

Pedesan Entog
Foto: Endeus.tv

Pedesan Entog adalah makanan yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Cirebon, terutama bagi pecinta pedas. Meskipun berasal dari Indramayu, kota tetangga Cirebon, makanan ini telah menjadi legendaris di Kota Udang.

Pedesan Entog terbuat dari daging entog yang diolah dengan mencampur rempah-rempah dan diberi banyak cabai untuk memberikan rasa pedas yang khas. Nikmati kelezatannya dengan nasi panas, dan kamu dijamin akan terus ketagihan!

9. Rujak Kangkung

Makanan khas Cirebon, Rujak Kangkung
Foto: Endeus.tv

Rujak Kangkung bentuknya menyerupai pecel, hidangan khas Jawa Tengah yang terdiri dari sayur rebus dengan siraman bumbu kacang. Bedanya, Rujak Kangkung menggunakan kangkung sebagai bahan utama dan disajikan dengan sambal asem pedas.

Makanan ini kadang-kadang disebut “rujak kangkung dadakan” karena kangkung direbus mendadak dan diaduk bersama sambal saat disajikan. Jangan lupa juga untuk memesan teh manis dan kerupuk ketika makan ini, ya!

Baca juga:  Makna Lagu Drunk Text - Henry Moodie: Soal Mencintai Dari Jauh!

10. Empal Asem

Empal Asem
Foto: theasianparent.com

Empal Asem adalah makanan khas Cirebon yang mirip dengan empal gentong, keduanya merupakan masakan berkuah dengan bahan utama daging sapi, babat, dan usus. Namun, perbedaannya terletak pada kuah empal asem yang bening seperti sop, tanpa menggunakan santan. Kuah ini diberi tambahan tomat dan belimbing wuluh untuk memberikan cita rasa asam segar.

Banyak rumah makan yang menyajikan empal gentong juga menyediakan empal asem. Jadi, jika kamu sedang mencari alternatif dengan lebih sedikit kolesterol dan rasa yang tidak terlalu kuat seperti empal gentong, empal asem bisa menjadi pilihan yang sempurna.

Makanan Khas Cirebon Apa yang Ingin Kamu Coba?

Nah, itu dia penjelasan lengkap terkait beberapa rekomendasi makanan khas Cirebon yang lezat dan wajib dicoba. Mulai dari Mi Koclok, Empal Gentong, Nasi Jamblang, sampai Empal Asem menawarkan cita rasa unik yang tidak bisa kamu temukan di tempat lain. Nah, dari beberapa rekomendasi tersebut, mana nih yang paling mau kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa juga untuk kunjungi berbagai konser spektakuler di Cirebon dan beli tiketnya dengan mudah, murah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles