10 Kuliner Jogja Legendaris dan Paling Hits yang Wajib Kamu Coba!

Sebagai salah satu kota tujuan wisata di Indonesia, kamu bisa menemukan banyak kuliner Jogja legendaris yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Selain karena usianya, setiap tempat juga menyimpan rasa otentik yang terus dijaga selama puluhan tahun berdiri. Penasaran tempat kuliner apa saja yang wajib kamu kunjungi ketika berada di Jogja? Berikut ini adalah rekomendasinya!

Baca juga: Ekspectanica Yogyakarta 2024: Harga Tiket dan Line Upnya!

Rekomendasi Kuliner Jogja Legendaris

Kuliner Jogja legendaris tersedia dalam berbagai varian, mulai dari makanan berat sampai camilan dan dessert yang menyegarkan. Dari banyaknya pilihan yang ada, terdapat beberapa tempat kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: 13 Rekomendasi Cafe di Jogja yang Estetik dan Ada Live Music!

1. Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Kuliner Jogja legendaris, Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan
Foto: Maps/Satu Daun

Untuk mengawali perjalanan mencicipi kuliner Jogja legendaris, kamu bisa berkunjung ke Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan yang ada di Malioboro. Tempat sarapan yang legendaris ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu dan enggak ada matinya!

Gudeg yang mereka sajikan selalu berhasil bikin para pengunjung ketagihan dengan cita rasa khas yang sudah mereka jaga selama puluhan tahun berdiri. Dan yang pasti, harga makanan di tempat ini sangat terjangkau, mulai dari Rp 15 ribuan aja! Jadi, kalau kamu lagi jalan-jalan ke Jogja, pastikan mampir ke Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan di Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, ya.

2. Angkringan Kopi Joss Lik Man

Angkringan Kopi Joss Lik Man
Foto: Maps/Lovely Awlen

Di Angkringan Kopi Joss Lik Man, kamu bisa mencicipi kuliner Jogja legendaris nasi kucing dan kopi joss. Selain itu, kamu juga bisa mencicipi berbagai masakan sederhana seperti orek tempe, aneka sate, gorengan, dan sambal teri yang bikin nagih.

Di antara banyaknya pilihan menu, kopi joss adalah yang paling populer di tempat ini. Mereka membuatnya dengan menyeduh kopi panas lalu diberi arang panas yang diambil langsung dari tungku. Tenang aja, itu aman kok!

Lokasi tempat nongkrong terkenal ini enggak jauh dari Stasiun Tugu Jogja. Harganya? Terjangkau banget, dengan budget Rp25.000 kamu dijamin sudah bisa menikmati suasana malam Jogja sambil makan dan ngemil di Angkringan Kopi Joss Lik Man.

Baca juga:  10 Makanan Khas Surabaya Legendaris yang Harus Kamu Coba

3. Mie Ayam Bu Tumini

Kuliner Jogja legendaris, Mie Ayam Bu Tumini
Foto: Maps/Hari Akhwanudin

Kalau kamu penggemar mie, berkunjung ke Mie Ayam Bu Tumini harus jadi agenda wajib! Ini bukan mie ayam biasa, melainkan salah satu kuliner Jogja legendaris yang rasanya bikin ketagihan. Kuah yang mereka sajikan kental berwarna coklat dengan ayam dan ceker di atas mie yang kenyal, bener-bener mantap. Tapi, siap-siap aja buat antri karena tempat ini selalu ramai pembeli.

Baca juga: 12 Tempat Wisata di Jogja yang Paling Terkenal dan Murah

Alamatnya di Jl. Imogiri Timur Nomor 187, Umbulharjo, Kota Yogyakarta. Buka setiap hari dari jam 10.00 sampai 17.00. Harganya juga terjangkau, mulai dari Rp 11 ribuan aja! Jadi, kalau lagi di Jogja dan pengen nikmatin mie ayam legendaris, langsung aja ke Mie Ayam Bu Tumini. Lidah dan perut kamu dijamin puas!

4. Oseng-Oseng Mercon Bu Narti

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti
Foto: Maps/Christina Martha

Selain penggemar mie, Jogja juga punya kuliner legendaris untuk kamu yang suka dengan makanan pedas, yaitu Oseng Mercon Bu Narti. Oseng mercon di sini dibuat dari kikil dan gajih sapi yang diolah dengan rempah dan cabe rawit merah. Rasanya unik dan pedas, jadi cocok banget buat kamu yang memang suka pedas.

Nah, kalau mau nyicipin kuliner Jogja legendaris ini, langsung aja ke Jalan KH. Ahmad Dahlan No.107, Ngampilan, Kota Yogyakarta. Tempatnya buka tiap hari mulai jam 16.00 sampai 23.00. Harganya juga masih terjangkau, mulai dari Rp 25 ribuan. Jadi, kalau malam-malam pengen makan pedas, Oseng Mercon Bu Narti wajib banget untuk kamu kunjungi!

5. Sate Klatak Pak Bari

Kuliner Jogja legendaris, Sate Klatak Pak Bari
Foto: Maps/Rz_Nuzz (Nuzz)

Sate Klatak Pak Bari adalah kuliner Jogja legendaris yang bikin ngiler! Daging kambingnya super empuk dan lezat, nggak heran warung sate ini selalu rame pengunjung. Uniknya, sate klathak ini ditusuk pake jeruji sepeda, bukan bambu biasa. Kalo kamu pengen variasi, mereka juga punya gule kambing yang gak kalah enaknya.

Alamatnya di Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No.5, Wonokromo, Pleret, Bantul. Buka setiap hari dari jam 18.30 sampai 00.00. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari Rp 20 ribuan. Jadi, kalau lagi di Jogja dan mau nikmatin sate kambing yang luar biasa, langsung saja datang ke Sate Klatak Pak Bari.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Seru Banget!

6. House of Raminten

House of Raminten
Foto: Maps/Surya Game

Nah, buat penggemar kuliner dan atmosfer tradisional, House of Raminten di Jogja adalah pilihan yang pas banget! Mereka berhasil menghadirkan menu tradisional Yogyakarta, seperti tahu bola, wedang sereh, cunduk, brongkos, sate lilit, dan nasi kucing dengan sentuhan elegan dan berkelas.

Tempat makan ini bukan hanya tentang makanan lezat, tapi juga tentang pengalaman. Di sini, kamu bisa merasakan suasana tradisional Jawa yang autentik. Bahkan, para pelayannya mengenakan pakaian khas kemben Jawa. Yang unik, ada kentongan di meja untuk memanggil pelayan jika kamu butuh bantuan.

Alamat rumah makan kuliner Jogja legendaris ini ada di Jalan FM Noto 7, Kota Baru, Yogyakarta. Jadi, kalau pengen mencicipi kuliner tradisional dengan sentuhan elegan, langsung aja ke House of Raminten. Suasana dan makanannya pasti bikin pengalaman makan kamu jadi istimewa!

7. Mangut Lele Mbah Marto

Kuliner Jogja legendaris, Mangut Lele Mbah Marto
Foto: Maps/Geza Ardiatama

Sambut cita rasa Jogja yang legendaris di Mangut Lele Mbah Marto! Warung makan yang telah berdiri sejak tahun 1960-an ini menyajikan sajian andalan mangut lele asap. Ikan lele yang diolah kembali dengan rempah dan kuah santan menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat.

Selain makanan yang lezat, pengunjung juga akan merasakan nuansa desa yang autentik dan keramahan dari sang pemilik, Mbah Marto sendiri. Alamatnya berada di Jl. Sewon Indah RT.04, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Kab. Bantul, DIY.

Kuliner Jogja legendaris ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 20.00. Harganya juga ramah di kantong, mulai dari Rp 25 ribuan saja. Jadi, kalau lagi di Jogja dan pengen merasakan cita rasa kuliner yang bersejarah, jangan lupa mampir ke Mangut Lele Mbah Marto, ya!

8. Bakso Klenger Ratu Sari

Bakso Klenger Ratu Sari
Foto: Maps/Aldhyan Putra

Buat para penggemar bakso, jangan lewatkan Bakso Klenger Ratu Sari di Jogja! Di sini, bakso hadir dalam berbagai ukuran, dari yang biasa sampai yang super besar dengan berat hingga 20 kg.

Warung ini diberi nama Bakso Klenger karena bakso yang disajikan bikin orang “klenger” atau pingsan karena kelezatan dan porsinya yang super besar. Jadi, pastikan perutmu kosong sebelum datang ke sini, ya!

Baca juga: 10 Waterboom Jogja Terbaik 2024: Viral dan Tiketnya Murah!

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Surabaya Kekinian yang Tahan Lama dan Murah!

Alamat kuliner Jogja legendaris ini ada di Jalan Wahid Hasyim No.296, Caturtunggal, Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Mereka buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai 21.00 WIB. Jadi, kalau pengen nikmatin bakso super enak dan beragam, kamu bisa langsung pergi ke Bakso Klenger Ratu Sari.

9. Rujak Es Krim Pak Nardi

Kuliner Jogja legendaris, Rujak Es Krim Pak Nardi
Foto: Maps/Hungry Mike Go

Nikmati sensasi kuliner unik di Jogja dengan Rujak Es Krim Pak Nardi yang tempatnya ada di kawasan Pakualaman. Rujak ini memadukan cita rasa rujak dengan es krim, menciptakan pengalaman rasa yang luar biasa. Cocok banget buat dinikmati saat cuaca lagi panas di Jogja.

Kalau kamu pengen mencoba, langsung aja ke Jalan Harjowinatan, Purwokinanti, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Mereka buka setiap hari dari jam 09.00 sampai 16.00. Harganya juga ramah di kantong, Cuma Rp 8000,- per mangkuk. Jadi, kalau pengen rasa manis dan segar yang unik, Rujak Es Krim Pak Nardi adalah pilihan yang pas!

10. Lupis Mbah Satinem

Lupis Mbah Satinem
Foto: Maps/Juang Maradona

Salah satu yang terbaik dari deretan kuliner Jogja legendaris adalah sajian dari Lupis Mbah Satinem. Warung ini selalu diserbu pengunjung sejak mereka buka jam 5 pagi. Penjualnya adalah Mbah Satinem, seorang pedagang sepuh yang sudah berjualan puluhan tahun. Meski hanya berjualan di depan sebuah toko, lupisnya punya cita rasa otentik dan lezat yang bikin banyak orang rela mengantre panjang.

Jangan kaget kalau kamu melihat pendatang dari luar Jogja juga menggemari lupis ini. Alamatnya di Jl. Bumijo No.52-40, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta, DIY. Harganya? Cuma Rp 10.000,- per porsi. Jadi, kalau pengen ngerasain lupis lezat yang terkenal di Jogja, langsung aja ke Lupis Mbah Satinem.

Kuliner Jogja Legendaris Mana yang Paling Mau Kamu Coba?

Nah, itu dia beberapa rekomendasi kuliner Jogja legendaris yang wajib banget untuk kamu coba. Mulai dari Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan, Angkringan Kopi Joss Lik Man, Mie Ayam Bu Tumini, hingga Lupis Mbah Satinem, mana nih yang paling mau kamu coba?

Selain itu, jangan lupa juga untuk merasakan sensasi seru menonton berbagai konser spektakuler di Jogja dengan beli tiketnya dari jauh-jauh hari di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles