10 Kuliner Bali yang Harus Kamu Cicipi: Lezat dan Khas Banget!

Sebagai tujuan wisata nomor satu di Indonesia, Pulau Bali tidak pernah kehilangan pesonanya. Selain tempat wisata yang indah, kamu juga bisa dengan mudah menemukan banyak kuliner Bali dengan cita rasa khas yang sayang untuk dilewatkan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Baca juga: Konser Malam Tahun Baru 2024 di Bali: Ada Dewa 19 dan Isyana Sarasvati!

Rekomendasi Kuliner Bali yang Lezat

Kuliner Bali terbentang mulai dari hasil olahan daging hingga sayur dan buah-buahan. Untuk kamu yang suka pedas atau makanan manis, semua bisa dengan mudah ditemukan selama kamu di Bali. Supaya enggak bingung harus mencicipi makanan apa saja, berikut ini adalah beberapa rekomendasinya:

1. Ayam Betutu

Kuliner Bali, ayam betutu
Foto: sasa.co.id

Ayam Betutu adalah kuliner Bali pertama yang harus kamu cicipi. Makanan ini merupakan olahan ayam atau bebek yang dikukus atau dipanggang bersama olesan rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, jahe, cabai, terasi, dan lainnya.

Ayam Betutu punya cita rasa yang cukup pedas dan penuh rempah khas masakan Bali dan Lombok. Jangan kaget juga kalau kamu akan menemukan komposisi rasa Ayam Betutu yang berbeda di setiap wilayah Bali.

2. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali
Foto: Instagram/nasiayamkedawetan

Nasi Campur Bali adalah hidangan khas Bali yang terdiri dari nasi yang disajikan dengan berbagai lauk dan sayuran. Lauknya bisa berupa suwiran daging, lawar atau urap, dan sate lilit. Kadang-kadang, hidangan ini juga dilengkapi dengan potongan telur rebus dan kacang tanah goreng.

Ada tiga varian nasi campur Bali yang bisa kamu temui yaitu nasi campur dengan daging babi, ayam suwir, dan juga dengan sambal pedas. Namun, ada satu hal yang tidak boleh kamu lewatkan ketika mencicipi kuliner Bali ini yaitu menambahkan sambal matah sebagai pelengkapnya.

Baca juga:  Sinopsis Ipar Adalah Maut dan Daftar Pemainnya, Viral Banget!

3. Sate Lilit

Kuliner Bali Sate Lilit
Foto: masakapahariini.com

Tidak kalah lezat dari makanan-makanan sebelumnya, Sate Lilit juga wajib kamu cicipi ketika sedang berada di Bali. Makanan ini terbuat dari daging yang dicampur dengan kelapa parut, santan kental, perasan lemon, bawang merah, dan lada. Campuran ini dililit pada bambu, tebu, atau sereh, lalu dipanggang di atas arang.

Baca juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Istilah ‘lilit’ dalam kuliner Bali ini merujuk pada cara pembuatannya yang melilitkan adonan pada bahan lain daripada menusuknya. Dengan cara pembuatannya yang cukup unik, kamu tidak boleh melewatkan makanan ini ketika sedang berada di Bali.

4. Babi Guling

Babi guling
Foto: Instagram/loresadanette

Babi Guling adalah hidangan khas Bali yang sangat populer, terutama di kalangan turis internasional. Dalam hidangan ini, daging babi dimasak dengan cara dibakar utuh bersama rempah-rempah, lalu diputar-putar (diguling-guling) agar matang merata.

Hasilnya adalah daging babi yang empuk dengan cita rasa yang kaya dan biasa disajikan bersama nasi campur. Para turis yang berkunjung ke Bali pasti tidak akan melewatkan kelezatan ini.

5. Lawar

Kuliner Bali Lawar
Foto: Flickr/basibanget

Lawar adalah kuliner Bali yang terdiri dari campuran sayuran, kelapa, dan daging cincang yang dipadu dengan bumbu dan rempah-rempah khas. Meskipun berisi beragam sayuran, lawar tidak bersifat vegetarian karena sering kali dicampur dengan daging cincang.

Hidangan ini bisa kamu temukan dengan mudah di berbagai restoran maupun warung makan di Bali. Jadi, ketika berada di tempat makan jangan lupa untuk pesan menu ini, ya!

6. Rujak Kuah Pindang

Rujak Kuah Pindang
Foto: Instagram/deliciousbali

Rujak Kuah Pindang adalah makanan yang cukup unik dari Bali. Bedanya dengan rujak biasa, hidangan ini disajikan dengan kuah pindang ikan tuna yang pedas. Meskipun begitu, isiannya tetap sama terdiri dari irisan buah mangga muda dan buah-buahan lainnya.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Jepara yang Lagi Hits: Murah dan Seru!

Kombinasi buah-buah yang segar dengan kuah pindang membuat kuliner Bali ini punya cita rasa pedas, asam, sekaligus manis dalam satu suapan. Oleh karena itu, kamu wajib banget untuk mencicipi rujak kuah pindang!

7. Rujak Bulung

Kuliner Bali Rujak Bulung
Foto: Instagram/warung_men_gege

Rujak Bulung atau rujak rumput laut adalah salah satu makanan favorit di kalangan masyarakat Bali. Hidangan ini mudah ditemukan di kios-kios makanan lokal di Bali.

Selain lezat, Rujak Bulung juga sering dikonsumsi oleh penduduk setempat ketika mereka merasa mual, karena kuliner Bali ini punya khasiat yang bisa meredakan mual.

8. Tipat Blayag

Tipat Blayag
Foto: YouTube/Pipilan Kitchen

Tipat Blayag adalah hidangan khas dari Buleleng, Bali yang terdiri dari ketupat yang dibungkus dengan daun enau atau daun aren. Masakan ini biasa disajikan dengan urap, suwiran ayam, telur rebus, atau sate lilit, kemudian disiram dengan kuah khas untuk menciptakan kombinasi rasa yang lezat dan unik dalam satu sajian.

9. Tum Ayam

Kuliner Bali Tum Ayam
Foto: Instagram/jenscookingdiary

Mirip dengan pepes ikan dan otak-otak, kuliner Bali yang harus kamu cicipi selanjutnya adalah Tum Ayam. Dalam hidangan ini, ayam cincang dicampur dengan rempah-rempah aromatik, santan, dan bumbu yang dihaluskan. Setelah itu, campuran bahan-bahan tadi dibungkus dengan daun pisang, dan selanjutnya dikukus atau dipanggang.

Setelah jadi, Tum Ayam akan memiliki perpaduan rasa antara kelembutan daging ayam, gurihnya santan, dan rasa otentik dari rempah-rempah khas Bali. Oleh karena itu, kamu wajib banget mencicipi makanan ini ketika sedang berada di Pulau Dewata.

10. Bubur Injin

Bubur Injin
Foto: frisianflag.com

Bubur Injin adalah puding beras hitam yang merupakan makanan penutup khas Bali. Hidangan ini terbuat dari campuran beras hitam dan beras ketan yang ditambahkan gula aren dan disajikan bersama saus kelapa.

Baca juga:  10 Oleh-oleh Khas Jepara Legendaris: Lezat dan Murah!

Perpaduan tersebut menghasilkan bubur injin dengan cita rasa yang khas dan menggoyang lidah. Kulineran kamu selama di Bali belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi bubur injin!

Apa Kuliner Bali yang Paling Ingin Kamu Cicipi?

Nah, itu dia deretan kuliner Bali yang wajib kamu cicipi ketika sedang berkunjung ke Pulau Dewata. Mulai daei Ayam Betutu, Nasi Campur Bali, Sate Lilit, sampai Bubur Injin mana nih makanan yang paling ingin kamu cicipi?

Selain itu, jangan lupa untuk cek jadwal konser terbaru di Bali dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles