Daftar Juara Dangdut Academy Asia 1 hingga 5 dan Nasib Terbarunya

Juara Dangdut Academy Asia 1 hingga 5 baru-baru ini menjadi perhatian banyak orang. Hal ini terjadi karena kompetisi dangdut tingkat Asia ini akhirnya kembali ke televisi setelah sebelumnya harus vakum selama tiga tahun karena pandemi.

Selain itu, gelaran Dangdut Academy Asia (DAA) tahun 2023 juga kedatangan wajah baru. Pada tahun ini, terdapat kontestan dari Turki yang ikut berlaga. Tak heran, gelarannya menjadi perbincangan banyak orang.

Lalu, siapa saja juara Dangdut Academy Asia 1 hingga 5 dan bagaimana nasib mereka saat ini? Yuk, simak penjelasan lengkap Dewa Tiket berikut ini.

Baca juga: 10 Penyanyi Indonesia yang Mendunia: Ada yang Jadi Rapper!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Daftar Juara Dangdut Academy Asia

Daftar juara Dangdut Academy Asia 1 hingga 5 dimulai pada tahun 2015 ketika acara ini pertama kali diselenggarakan. Selama lima musim terakhir, posisi puncak klasemen selalu diisi oleh penyanyi asal Indonesia. Daftar lengkapnya adalah seperti berikut ini.

Nama Tahun Juara Negara
Danang Pradana Dieva 2015 Indonesia
Weni Wahyuni 2016 Indonesia
Fildan Rahayu 2017 Indonesia
Selfiyani 2018 Indonesia
Fauzul Abadi 2019 Indonesia

 

1. Danang Pradana Dieva

Juara Dangdut Academy Asia yang pertama adalah Danang Pradana Dieva, ia memenangkan kompetisi ini pada tahun 2015. Ia berhasil memenangkan persaingan melawan 20 kontestan dari beberapa negara di asia seperti Malaysia, Singapura, dan juga Brunei.

Pria yang akrab disapa Danang ini sebelumnya juga merupakan kontestan pada kompetisi Dangdut Academy musim kedua. Pada acara tersebut, Danang berhasil finish di posisi kedua dengan Evi Anggraini yang menjadi pemenangnya.

Delapan tahun berselang, kini Danang telah menjadi salah satu penyanyi dangdut papan atas di Indonesia. Namanya terus malang melintang di stasiun TV dan berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti Anugerah Dangdut Indonesia, dan AMI Awards.

Baca juga:  Makna Lagu Boleh Juga - Salma Salsabil: Soal Cinta yang Salah!

2. Weni Wahyuni

Juara Dangdut Academy Asia yang selanjutnya adalah Weni Wahyuni atau yang lebih akrab disapa dengan sebutan Weni Wen. Ia memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 2016 dengan mengalahkan 35 kontestan lain yang berasal dari Indonesia, Malaysia, Thailand, Singapura, Timor Leste, dan juga Brunei.

Sama seperti penyanyi sebelumnya, Weni Wen juga merupakan jebolan dari kompetisi Dangdut Academy. Ia mengikuti kompetisi tersebut pada 2016 dan berhasil finish sebagai runner up sebelum akhirnya memenangkan kompetisi Dangdut Academy Asia musim kedua.

Kini, setelah tujuh tahun berselang dari pencapaian gemilang tersebut, Weni Wen masih aktif berkarier di dunia musik. Baru-baru ini ia juga merilis mashup lagu “Insan Biasa” dengan “Sekali Seumur Hidup” yang menuai banyak perhatian dari para penggemarnya. Dalam waktu kurang dari satu bulan, rilisan terbarunya tersebut berhasil mendapatkan lebih dari 100 ribu penonton.

3. Fildan Rahayu

Terkenal dengan kemampuannya menyanyikan lagu-lagu India, juara Dangdut Academy Asia yang selanjutnya adalah Fildan Rahayu. Ia memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 2017 setelah bersaing melawan 35 kontestan lain yang berasal dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, Brunei, dan Timor Leste.

Baca juga: 7 Penyanyi Jazz Indonesia Paling Terkenal, Siapa favoritmu?

Tidak kalah berprestasi dari para peraih juara sebelumnya, Fildan merupakan seorang pemenang kompetisi Dangdut Academy musim Ke-4 sebelum akhirnya memenangkan kompetisi DAA musim Ke-3. Selain itu, ia juga berhasil memenangkan kompetisi D’Star untuk melengkapi gelar juara dangdutnya.

Kini, setelah enam tahun berlalu, nasib Fildan di kancah musik nasional tidak jauh berbeda dengan para penyanyi sebelumnya. Ia masih aktif bermusik, bahkan beberapa waktu lalu juga merilis single anyarnya yang berjudul “Satu Kamu”.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Seru Banget!

4. Selfiyani

Berasal dari Sulawesi Selatan, juara Dangdut Academy Asia yang selanjutnya adalah Selfiyani atau lebih akrab disapa Selfi Yamma. Ia merupakan pemenang pada kompetisi DAA musim Ke-4 yang terselenggara pada tahun 2017. Sama seperti sebelumnya, ia berhasil mengalahkan 35 peserta dari enam negara di Asia termasuk Indonesia.

Selain itu, ia juga berhasil meraih juara pada kompetisi Liga Dangdut Indonesia 2018 dan meraih peringkat empat pada kompetisi D’Star Indonesia tahun 2019. Tidak ketinggalan, sejumlah penghargaan dari Indonesia Dangdut Awards dan AMI Awards juga berhasil ia raih.

Jika dibanding para penyanyi sebelumnya, popularistas Selfi Yamma saat ini bisa dibilang yang paling tinggi. Sepanjang tahun 2023, ia telah merilis dua cover lagu india dan tiga single baru yang semuanya berhasil meraih lebih dari 400 ribu penonton di Youtube.

5. Fauzul Abadi

Nama Fauzul Abadi pertama kali meroket ketika ia menjuarai kompetisi Liga Dangdut Indonesia pada tahun 2019. Tidak lama berselang, ia juga berhasil menjadi juara Dangdut Academy Asia yang Ke-5 setelah mengalahkan 34 peserta dari tujuh negara termasuk Indonesia.

Sejak saat itu, namanya semakin bersinar di belantika musik Indonesia. Fauzul Abadi tercatat telah dianugerahi beberapa penghargaan seperti HOT Awards 2021 dan Anugerah Syiar Ramadhan 2022.

Kini setelah hampir empat tahun pencapaian tersebut, penyanyi yang kerap disapa Faul Gayo ini masih terus aktif bermusik. Ia masih sering merilis single terbaru dan lagu covernya di channel Youtube pribadi. Selain itu, ia juga terlihat aktif mengunjungi berbagai negara sebagai seorang traveler.

Nah, itu dia daftar juara Dangdut Academy Asia 1 hingga 5 dan nasib terbarunya saat ini. Dengan kontestan dari berbagai negara di Asia, kompetisi musik ini sangat bergengsi untuk para penyanyi dangdut. Dari beberapa pemenang yang sudah disebutkan sebelumnya, mana nih yang jadi favorit kamu?

Baca juga:  10 Lagu Cigarettes After Sex yang Galau, Ngena Banget!

Must Read

Related Articles