Ini 5 Tips Penting Agar Terhindar dari Konser Musik Abal-abal

Setelah dipaksa vakum selama dua tahun karena pandemi, industri musik Indonesia kembali menggeliat dengan terselenggaranya banyak event-event besar. Namun, di samping itu masih banyak juga konser musik abal-abal yang bertebaran. Ironisnya, selain tidak bisa menonton artis kesayangan, para pembeli tiket konser tersebut juga harus rugi secara finansial karena ulah beberapa promotor yang tidak bertanggung jawab.

Promotor konser musik yang batal kerap kali berkelit ketika dimintai refund oleh para konsumen. Melansir laman Narasi, mereka mendapatkan 797 laporan dari 22 konser yang dibatalkan. Hingga saat laporannya dirilis, terdapat 1550 tiket yang belum dikembalikan oleh promotor dengan total kerugian mencapai Rp1.114.792.101. Nah, supaya kamu bisa terhindar dari kerugian tersebut, simak tipsnya berikut ini.

Tips Agar Terhindar dari Konser Musik Abal-abal

Konser musik abal-abal adalah acara musik yang diadakan secara asal-asalan tanpa persiapan matang sehingga bisa merugikan para pembeli tiket. Acara semacam ini masih sering bersliweran dan tidak banyak disadari oleh para pencinta musik sebelum akhirnya mereka menjadi korban.

Meski pelakunya berbeda-beda, mereka pada umumnya memiliki pola yang sama. Untuk terhindar dari risiko tersebut, yuk simak penjelasan lengkap mengenai tips agar terhindar dari konser musik abal-abal berikut ini.

1. Lakukan riset terlebih dahulu

Banyak konsumen yang malas untuk melakukan ini, para pencinta musik biasanya hanya ingin membayar tiket konser, lalu menunggu artis kesayangannya tampil. Padahal, melakukan riset sebelum membeli tiket suatu kegiatan musik adalah salah satu tips agar terhindar dari konser musik abal-abal yang wajib kamu lakukan.

Beberapa hal yang perlu dicari tahu di antaranya adalah siapa promotornya, bagaimana reputasi mereka, lalu di mana lokasi acara tersebut diselenggarakan, dan berbagai detail acara lainnya. Hal tersebut sangat berguna, karena biasanya, promotor yang kerap kali bermasalah memiliki catatan digital maupun laporan-laporan dari berbagai website berita terpercaya.

2. Perhatikan isi feed Instagram promotor

Feed Instagram promotor bisa menjadi semacam rambu terkait kesiapan mereka dalam menyelenggarakan acara. Biasanya, event abal-abal punya feed yang diunggah secara terburu-buru, isinya baru sedikit, atau bahkan akunnya baru dibuat. Jika kamu menemukan promotor acara semacam itu, tidak adanya untuk mempertimbangkan kembali keputusanmu untuk membeli tiket konser tersebut.

Meski ini hanya semacam rambu, kamu bisa mempertimbangkan kondisi feed instagram promotor sebagai salah satu bagian dari riset yang dilakukan sebelum membeli tiket.

3. Waspada dengan media penjualan tiket

Beberapa konser abal-abal kerap kali melakukan penjualan tiket melalui media yang meragukan seperti melalui Google Form, DM Instagram, maupun pembelian langsung melalui Whatsapp pihak promotor. Acara dengan metode pembelian tiket semacam itu patut dicurigai karena rawan penipuan.

Sebaiknya, kamu hanya membeli tiket yang dijual oleh Ticketing Management Service terpercaya seperti Dewa Tiket agar terhindar dari penipuan. Platform terpercaya akan melakukan verifikasi terlebih dahulu dengan promotor acara sehingga para pengguna bisa terhindar dari konser abal-abal.

4. Beli tiket di lokasi acara jika benar-benar ragu

Kalau kamu sangat ragu dengan penyelenggara konser, maka opsi membeli tiket di lokasi acara bisa dipertimbangkan. Meski cara ini bisa gagal karena tiket sudah lebih dulu habis, opsi membeli tiket on the spot bisa jauh lebih aman dibandingkan harus mengambil risio membeli tiket konser yang tidak meyakinkan.

Baca juga: Harga Tiket Konser Orchestra Dewa 19 di Solo: Di Bawah Satu Juta!

Biasanya kamu juga akan dikenakan biaya yang lebih mahal ketika membeli tiket di lokasi acara dibandingkan membelinya secara online. Jadi, opsi ini bisa menjadi pertimbangan ketika benar-benar dibutuhkan saja.

5. Jangan ragu untuk bertanya ke manajemen artis

Tips agar terhindar dari konser musik abal-abal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengonfirmasi kehadiran artis pada suatu event ke pihak manajemen mereka. Biasanya, pihak manajemen artis cenderung terbuka dengan jadwal artis-artis di bawah naungan mereka.

Baca juga: Jadwal ICE BSD Tangerang 2023: Ada Pameran hingga Konser Kpop

Oleh karena itu, kamu bisa melakukan verifikasi mandiri terkait kebenaran konser musik yang tiketnya ingin kamu beli. Meski tips ini agak tricky, namun informasi didapatkan bisa sangat membantu kamu untuk terhindar dari kerugian finansial yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia beberapa tips agar terhindar dari konser musik abal-abal yang bisa kamu ikuti. Semoga dengan tips tersebit kamu bisa terhindar dari berbagai modus penipuan dan bisa menikmati penampilan spesial dari artis favoritmu dengan nyaman. Untuk urusan tiket konser, supata kamu bisa beli tiket dengan aman, cepat, dan mudah, gunakan dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles