Event Organizer: Pengertian, Jenis, Tugas, dan Gajinya! [Terbaru]

Di balik keberhasilan setiap acara, ada event organizer (EO) yang bekerja keras untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Dalam artikel ini, kita akan membahas segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Event Organizer, mulai dari pengertian dan jenis-jenisnya, hingga tugas-tugas yang mereka lakukan dan gajinya. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya!

Baca juga: Tips Persiapan Nonton Konser: Ini 7 Barang yang Harus Dibawa!

Pengertian Event Organizer (EO)

Event organizer adalah para ahli yang memiliki kemampuan untuk merencanakan, mengorganisir, dan melaksanakan berbagai jenis acara dengan sempurna. Mereka adalah pilar utama di balik keberhasilan suatu acara seperti pesta pernikahan, konferensi bisnis, konser musik, atau acara-acara lainnya.

Baca juga: Surat Kuasa Tiket Konser: File PDF dan Panduan Mengisinya!

Sebuah event organizer bertanggung jawab untuk mengelola semua aspek teknis dan logistik acara mulai dari konseptualisasi awal hingga evaluasi akhir. Selain itu, mereka juga berperan sebagai penata seni sekaligus memastikan anggaran yang ada digunakan dengan efisien dan menguntungkan. Kesuksesan suatu acara sangat ditentukan oleh kepiawaian EO yang mengelolanya.

Jenis-jenis Event Organizer

Karena banyaknya acara yang bisa dikelola oleh sebuah EO, terdapat beberapa jenis Event Organizer yang biasa ditemukan, berikut ini adalah penjelasannya!

  • One stop service agency: Ini adalah EO yang mengatur acara dalam skala besar, bahkan hingga tingkat internasional. Mereka mengelola acara dengan ribuan peserta seperti konser musik atau pesta akbar nasional.
  • MICE: MICE adalah singkatan dari meeting, incentive, convention, dan exhibition. EO MICE adalah orang atau tim yang mengurusi acara pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran. Mereka digunakan oleh tokoh atau pengusaha perorangan untuk membahas topik tertentu.
  • Musik dan Entertainment: Jenis EO ini memiliki keahlian dan pengalaman khusus dalam mengelola kegiatan musik dan acara hiburan lainnya. Jika kamu sering menghadiri konser atau acara musik, kamu bisa dengan mudah menemukan tim EO yang sedang mengatur segala sesuatu di acara tersebut.
  • Wedding planner: Mereka adalah profesional yang mengkhususkan diri dalam merencanakan, mengorganisir, dan mengelola segala aspek acara pernikahan. Biasanya jenis EO ini digunakan untuk membantu pasangan pengantin membuat pernikahan mereka berjalan lancar dan sesuai dengan keinginan.
  • Ulang Tahun: Dalam tugas dan tanggung jawab mereka, EO ini membantu merencanakan dan menyelenggarakan acara ulang tahun sesuai dengan keinginan klien, mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan acara.
Baca juga:  15 Lagu Ari Lasso Terbaru yang Harus Kamu Tahu

Tugas Event Organizer

Event organizer memiliki tugas yang beragam tergantung dengan acara yang mereka kelola. Tetapi, biasanya tugas sebuah EO meliputi beberapa poin berikut ini:

  1. Mengembangkan Konsep: Mereka berkolaborasi dengan klien untuk memahami visi acara dan menerjemahkannya ke dalam rencana konkret.
  2. Membuat Anggaran: EO merencanakan pembiayaan acara secara efisien, mencakup semua aspek acara yang diperlukan.
  3. Memilih Tempat: EO mencari venue yang sesuai dengan konsep acara, termasuk kapasitas, lokasi, dan fasilitas yang dibutuhkan.
  4. Koordinasi dengan Vendor: Mereka mencari, mengelola, dan berkoordinasi dengan vendor, supplier, dan kontraktor yang diperlukan.
  5. Mengelola Logistik: EO mengawasi jadwal, transportasi, akomodasi, serta mengurus pendaftaran atau penjualan tiket.
  6. Melakukan Promosi Acara: Mereka mengembangkan strategi pemasaran, berkoordinasi dengan tim PR, dan menggunakan media sosial serta platform lain untuk mempromosikan acara.
  7. Menangani Operasional di Lokasi: EO mengawasi semua aspek operasional selama acara, berkoordinasi dengan staf dan vendor, menangani masalah darurat, dan memastikan kelancaran acara.
  8. Mengevaluasi dan Mengumpulkan Umpan Balik: Setelah acara selesai, EO melakukan evaluasi, mengumpulkan umpan balik dari klien dan peserta, serta mengidentifikasi area perbaikan untuk acara mendatang.

Gaji Event Organizer

Event Organizer adalah pekerjaan dengan tanggung jawab besar, dan oleh karena itu, gaji yang ditawarkan cukup tinggi. Menurut riset Glints, gaji EO berkisar antara Rp5.460.000 hingga Rp8.100.000, melebihi UMP Jakarta. Perlu diingat bahwa rentang gaji ini dapat berubah sesuai dengan UMR di daerah tempat kamu bekerja.

Sudah Paham Apa Itu Event Organizer?

Nah, itu dia penjelasan lengkap terkait Event Organizer mulai dari pengertian, jenis, tugas, hingga gaji yang ditawarkan. Kalau kamu tertarik untuk berkarier sebagai EO, jangan lupa untuk mengasah berbagai keterampilan yang dibutuhkan seperti multitasking, perhatian pada detail, komunikasi dan negosiasi, adaptasi, serta mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan.

Baca juga:  Makna Lagu One Of The Girls - The Weeknd: Soal Hubungan Rumit!

Selain itu, jangan lupa untuk kunjungi berbagai acara musik spektakuler karya berbagai EO terbaik di Indonesia dengan membeli tiket konser terbaru di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles