Drummer Dewa 19 Dari Masa ke Masa: Ada yang Dijuluki Drummer Ganteng!

Selama tiga dekade perjalanan karier, drummer Dewa 19 telah mengalami beberapa kali pergantian. Bahkan, Dewa 19 juga pernah menggunakan additional drummer setelah mereka ditinggalkan oleh drummer utamanya. Penasaran siapa saja yang pernah menjadi drummer utama grup musik legendaris ini? Yuk, temukan jawabannya di bawah ini!

Baca juga: Vokalis Dewa 19 dari Masa ke Masa: Lengkap dengan Lagu-lagu Hitsnya!

Advertisements
Banner Dewa 19 featuring All Stars 2.0

Drummer Dewa 19 Dari Masa ke Masa

Setidaknya ada empat orang yang pernah menjadi drummer Dewa 19 sejak debut pertama mereka pada tahun 1992. Menariknya, keempat drummer tersebut masih kerap tampil bersama Dewa 19. Jadi, jangan heran kalau kamu menonton konser Dewa 19 dan drummernya berbeda-beda. Supaya enggak makin penasaran, yuk simak daftar lengkapnya berikut ini!

Baca juga: 15 Lagu Dewa 19 Paling Hits dan Enak Didengar [Pilihan Editor]

1. Wawan Juniarso

Drummer Dewa 19, Wawan Juniarso
Dari kiri ke kanan: Ahmad Dhani, Ari Lasso, Wawan Juniarso. Foto: Instagram/wa2n_juniarso

Drummer Dewa 19 yang pertama adalah Setyawan Juniarso Abipraja atau yang lebih sering dikenal sebagai Wawan Juniarso. Ia merupakan huruf “W” dalam akronim Dewa 19 ketika pertama kali debut dengan nama Dewa pada tahun 1992.

Selain menjadi penabuh drum, Wawan Juniarso juga punya peran penting dalam perjalanan Dewa 19. Dia yang pertama kali menemukan vokalis handal buat band ini, yaitu Ari Lasso. Bahkan, Wawan juga lah yang ngumpulin semua personil Dewa 19 pada tahun 1992 ketika dia dapet tawaran dari temannya yang mau ngebiayain proses rekaman Dewa 19.

Tapi, sayangnya, Wawan enggak bertahan lama di Dewa 19 dan harus keluar pada tahun 1994. Hal tersebut terjadi karena Wawan memutuskan buat lebih fokus dengan kuliah dokter giginya di UNAIR Surabaya.

Baca juga:  Makna Lagu we can't be friends - Ariana Grande: Soal Mantan!

Nah, setelah Wawan pergi, posisinya diisi sementara oleh Ronald Fristianto dan Rere Reza sebelum Dewa 19 akhirnya dapet drummer utama baru. Jadi, Wawan Juniarso adalah salah satu sosok kunci di balik awal perjalanan seru Dewa 19 di belantika musik Indonesia!

2. Aksan Sjuman

Aksan Sjuman
Foto: Instagram/indralesmanaspace

Setelah menggunakan beberapa additional drummer, akhirnya Dewa 19 memiliki drummer utama mereka yang baru, yaitu Sri Aksana Sjuman atau yang dikenal dengan Wong Aksan. Ia resmi bergabung dengan Dhani, Erwin, Andra, dan Ari Lasso setelah mereka merilis album ketiga, Terbaik Terbaik pada tahun 1995.

Namun, sayangnya, karir Wong Aksan di Dewa 19 hanya bertahan selama tiga tahun. Meskipun dia turut berkontribusi dalam album Pandawa Lima (1997), permainannya dianggap kurang bertenaga oleh Ahmad Dhani. Setelah disetujui oleh semua anggota band, akhirnya Wong Aksan resmi dikeluarkan dari Dewa 19 pada tahun 1998.

Tidak lama kemudian, posisinya digantikan oleh Bimo Sulaksono, tetapi itu pun tidak berlangsung lama karena Bimo memilih untuk tidak menekan kontrak dengan Dewa 19 dan memilih bergabung dengan Bebi Romeo di grup Romeo.

3. Tyo Nugros

Drummer Dewa 19
Foto: Instagram/realnugros

Drummer Dewa 19 yang selanjutnya adalah Setyo Nugroho atau yang akrab dikenal sebagai Tyo Nugros, si drummer ganteng idaman para Baladewi. Dia mengambil alih posisi Wong Aksan sejak tahun 1999.

Keputusan Tyo untuk bergabung dengan Dewa 19 terjadi berkat ajakan dari Once Mekel. Ketika itu, Once menggantikan Ari Lasso yang dikeluarkan dari band karena masalah obat-obatan.

Ternyata, kedatangan Tyo Nugros membawa angin segar bagi Dewa 19 setelah mereka vakum dari dunia musik Indonesia untuk waktu yang cukup lama. Pada tanggal 30 April 2000, Dewa 19 tampil dengan formasi baru yang terdiri dari Once Mekel (vokal), Ahmad Dhani (keyboard), Andra Ramadhan (gitar), dan Tyo Nugros (drummer), tanpa embel-embel angka 19.

Baca juga:  Mengenal Extreme, Band Rock Legend yang Bakal Manggung di Jakarta

Kembali ke panggung musik, Dewa merilis album Bintang Lima yang meledak di pasaran dan menjadi salah satu album tersukses dalam sejarah karier mereka dengan total penjualan hingga lebih dari 1,7 juta kopi.

Baca juga: 14 Album Dewa 19 (Full): Urutan dan Lagu Hits di Dalamnya!

Namun sayangnya, Tyo memutuskan untuk meninggalkan Dewa pada tahun 2007. Keputusannya ini diketahui disebabkan oleh cedera kaki yang membuatnya tidak dapat bermain drum untuk waktu yang lama.

Meskipun telah keluar, pada beberapa kesempatan Tyo Nugros masih manggung bersama Dewa 19. Salah satunya adalah ketika konser 30 Tahun Perjalanan Karier di Jakarta dan konser Dewa 19 feat All Stars di Bandung.

4. Agung Gimbal

Agung Gimbal
Foto: Instagram/drummergimbal

Tidak lama setelah Tyo hengkang, posisi drummer Dewa 19 secara resmi diisi oleh Agung Gimbal. Memiliki nama asli Agung Yudha Asmara, ia pertama kali diperkenalkan sebagai pengganti Tyo dalam video klip lagu “Dewi” dan “Mati Aku Mati” dari album Kerajaan Cinta.

Hingga hari ini, Agung Gimbal masih menduduki posisi drummer utama dan menjadi yang paling lama dibandingkan beberapa drummer sebelumnya. Selain itu, dia juga terus tampil dalam setiap konser dan tur Dewa 19 saat ini.

Siapa Drummer Dewa 19 Favoritmu?

Itu dia deretan drummer Dewa 19 dari masa ke masa yang tidak akan terlupakan. Mulai dari Wawan sampai Agung Gimbal, mana yang pertunjukannya jadi favorit kamu?

Nah, buat kamu yang mau menikmati pertunjukan spektakuler mereka, jangan lewatkan setiap pertunjukan Dewa 19, ya! Supaya enggak ketinggalan, yuk cek jadwal dan beli tiket konser Dewa 19 dengan murah, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Baca juga:  10 Lagu Ariana Grande Terbaru 2024 yang Paling Viral

Must Read

Related Articles