Batik Trusmi Cirebon: Jenis-jenis, Harga, dan Alamatnya

Batik Trusmi Cirebon adalah salah satu kain batik paling terkenal di Indonesia. Asal usulnya sudah ada sejak zaman kerajaan, kira-kira pada abad ke-14 lalu. Mereka terkenal dengan kualitas batiknya yang presisi, memiliki warna yang tegas, dan nyaman untuk digunakan. Tak heran, ada banyak orang yang rela datang dari jauh ke Cirebon untuk mendapatkan batik ini.

Kalau kamu penasaran dengan jenis-jenis, harga, dan alamat untuk membeli Batik Trusmi, berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Baca juga: Konser Persembahan Cinta Cirebon 2024: Lebih Murah dan Meriah!

Batik Trusmi Cirebon

Batik Trusmi Cirebon terbuat dari kain dengan motif-motif tradisional yang dihasilkan melalui proses pewarnaan yang rumit. Lokasi pembuatannya terpusat di Kecamatan Plered, sekitar empat kilometer di sebelah barat pusat Kota Cirebon, Jawa Barat.

Daerah asalnya bahkan mendapat julukan “Kampung Batik Trusmi” karena menjadi pusat produksi batik ini. Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, simak terlebih dahulu informasi lengkap di bawah ini!

Baca juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Lezat dan Wajib Dicoba!

Jenis-jenis Batik Trusmi

Batik Trusmi Cirebon menawarkan beragam jenis kain batik yang bisa disesuaikan dengan selera kamu. Dalam koleksinya, terdapat tiga jenis batik yang bisa kamu pilih yaitu batik tulis, cap, dan printing. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

Baca juga: 15 Tempat Wisata Cirebon Paling Hits 2023 yang Wajib Dikunjungi!

Batik tulis adalah jenis batik yang dibuat dengan tangan menggunakan teknik penghiasan tekstur dan corak batik secara manual. Proses pembuatannya memakan waktu 2-3 bulan dan menghasilkan karya seni batik yang memukau. Harganya cenderung lebih tinggi karena melibatkan kerja keras dan keahlian tangan para pengrajin.

Baca juga:  10 Tempat Wisata di Surabaya yang Lagi Hits dan Seru Banget!

Batik cap adalah jenis batik yang menggunakan teknik pembuatan dengan menggunakan cap tembaga khusus. Proses ini lebih efisien dan memakan waktu sekitar 2-3 hari. Batik cap tetap mempertahankan keindahan dan keaslian batik dengan harga yang lebih terjangkau, menjadikannya pilihan populer di kalangan pencinta batik.

Sementara itu, batik printing adalah jenis batik modern yang diproduksi melalui mesin berteknologi tinggi. Prosesnya sangat cepat, hanya membutuhkan beberapa jam saja. Batik printing menghasilkan motif batik yang presisi dan tajam dengan harga yang lebih ramah di kantong, cocok banget buat kamu yang mau pakai batik dengan corak menarik tanpa harus bayar mahal.

Harga Batik Trusmi

Harga Batik Trusmi Cirebon
foto: Indonesia Travel

Harga Batik Trusmi Cirebon sangat variatif tergantung jenis pembuatan batik, corak dan kain yang digunakan. Kamu punya banyak pilihan batik yang bisa disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Kira-kira seperti ini kisaran harga batik Trusmi yang harus kamu bayar:

Baca juga: Konser Dewa 19 di Cirebon 2023: Harga Tiketnya Murah!

Nama Harga
Kain Batik Printing Rp35.000 – Rp135.000
Kain Batik Cap Rp119.000 – Rp195.000
Kain Batik Tulis Rp119.000 – Rp299.000
Baju Batik Lengan Pendek Rp59.000 – Rp459.000
Baju Batik Lengan Panjang Rp119.000 – Rp609.000
Dress Rp160.000 – Rp1.149.000
Atasan Rp115.000 – Rp799.000
Gamis Rp160.000 – Rp1.149.000
Outer Rp175.000 – Rp799.000
Setelan Rp135.000 – Rp820.000

Note: Umumnya ukuran kain batik adalah 200 Cm × 115 Cm, sementara baju jadi tersedia dalam ukuran S – XXL dan juga All size.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa harga Batik Trusmi akan sangat variatif. Beberapa kain atau pakaian dengan bahan, corak, dan model khusus bisa dihargai lebih tinggi dari perkiraan di atas. Kamu juga bisa mendapatkan harga yang berbeda untuk satu kain yang sama jika membelinya di toko yang berbeda. Jadi, pastikan kamu berkeliling dulu, yaa.

Baca juga:  10 Lagu SZA Terbaru 2024: Banyak Banget yang Viral!

Alamat Batik Trusmi

Untuk mendapatkan Batik Trusmi secara langsung dari sentra atau bahkan pengrajinnya, kamu bisa mengunjungi kawasan khusus yang ada di daerah Plered, Kabupaten Cirebon. Atau kalau kamu ingin berkunjung ke salah satu toko terbesar yang menjual batik Trusmi, berikut ini adalah alamatnya:

Baca juga: 10 Oleh-oleh Khas Cirebon Paling Terkenal dan Tahan Lama!

Jl. Trusmi No.148, Weru Lor, Kec. Plered, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45154

Sudah Siap Berkunjung Ke Batik Trusmi Cirebon?

Nah, itu dia penjelasan lengkap terkait Batik Trusmi Cirebon mulai dari jenis-jenis, harga, hingga alamatnya. Untuk mendapatkan corak dan kualitas bahan terbaik, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa toko terlebih dahulu sebelum membeli kain batik. Kalau kamu punya banyak waktu, berkunjung ke rumah para pengrajin juga bisa menjadi pengalaman yang tak kalah seru!

Selain itu, jangan lupa untuk cek jadwal konser di Cirebon terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles