15 Band Rock Indonesia Terbaik: Ada Dewa 19 hingga Cokelat!

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya musik, terutama di genre rock. Sejak tahun 60-an hingga kini, banyak band rock Indonesia terbaik yang muncul dan menghasilkan lagu-lagu legendaris. Dengan basis penggemar yang setia, ada banyak sekali lagu rock ikonis yang masih terus menggema hingga kini.

Meski tren musik silih berganti, para musisi dan band rock tetap punya tempat di hati para pendengarnya. Mulai dari para legend hingga pendatang baru, berikut ini adalah deretan band rock Indonesia terbaik yang harus kamu tahu!

Baca juga: Jadwal Konser 2024: Harga dan Cara Beli Tiketnya! [Update]

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Band Rock Indonesia Terbaik

Sebagai pencinta musik, ada banyak sekali band rock Indonesia terbaik yang harus kamu tau. Mereka semua punya banyak lagu hits dengan perjalanan karier selama puluhan tahun. Selain itu, terdapat juga beberapa pendatang baru yang kehadirannya berhasil kembali menghidupkan genre rock di tanah air.

Mulai dari God Bless sampai Cokelat, simak deretan band rock Indonesia terbaik dan lagu-lagu ikonisnya berikut ini!

Baca juga: 20 Penyanyi Pendatang Baru Indonesia 2024: Muda dan Hits! [Update] 

1. God Bless

Band rock Indonesia terbaik, God Bless
Foto: Instagram/godblessrocks

God Bless, salah satu band rock Indonesia terbaik yang sangat legendaris. Berrdiri sejak 1973, grup musik ini telah banyak diakui sebagai salah satu band rock paling berpengaruh di dalam dan luar negeri. Nama “God Bless” dipilih oleh para anggota band untuk mengekspresikan rasa syukur atas karunia Tuhan yang diberikan kepada mereka.

Dibentuk di Jakarta oleh Ahmad Albar, Donny Fattah, Jockie Surjoprajogo, dan Ludwig Lemans, God Bless telah menunjukkan kemampuan musik rock mereka yang luar biasa sejak awal, terutama dalam panggung-panggung musik live. Keunikan band ini terletak pada kemampuan mereka untuk menggabungkan unsur-unsur musik rock barat dengan musik tradisional Indonesia, seperti gamelan dan kendang.

Baca juga: Konser Emas 50 Tahun God Bless: Harga Tiket dan Jadwalnya!

Beberapa single hit dan ikonis dari God Bless adalah “Rumah Kita”, “Semut Hitam”, “Kehidupan”, dan “Panggung Sandiwara”. Melalui lagu-lagu tersebut, God Bless berhasil meraih popularitas yang tinggi dan menjadi salah satu grup musik legendaris di Indonesia.

2. Dewa 19

Dewa 19
Foto: Instagram/cak_frod

Tidak kalah populer dengan beberapa nama sebelumnya, Dewa 19 adalah band rock Indonesia terbaik yang membawa nuansa pop rock dan ballad romantis dengan sentuhan filosofis. Dibentuk pada tahun 1986 di Surabaya, band legendaris ini dipimpin oleh salah satu maestro kenamaan tanah air, Ahmad Dhani. Tak heran, Dewa 19 telah meraih banyak penghargaan dan menghasilkan banyak lagu hits yang melegenda dalam dunia musik Indonesia.

Terobosan Dewa 19 dimulai ketika album pertama mereka dirilis pada tahun 1992, yang bertajuk 19. Album ini memperkenalkan Dewa 19 sebagai band yang eksperimental dan berbeda dengan sentuhan musik pop rock dan ballad yang tak terlupakan. Lagu hits seperti “Kangen” dan “Pupus” pun meroketkan nama Dewa 19 ke permukaan.

3. Slank

Slank
Foto: Instagram/slankdotcom

Siapa yang tidak kenal dengan Slank? Band rock Indonesia terbaik yang berdiri sejak 1983 di Jakarta ini dikenal dengan musik yang enerjik, penuh semangat, dan lirik-lirik yang tajam dan kritis terhadap kondisi sosial di Indonesia. Slank merupakan band rock paling populer dan berpengaruh di Indonesia.

Baca juga:  Profil Ari Lesmana Vokalis Fourtwnty: Perjalanan Karier hingga Keluarga!

Bimo Setiawan (Bimbim) dan Kaka adalah tokoh di balik terbentuknya band legendaris ini. Awalnya, mereka dikenal dengan nama “Cikini Stones Complex”. Namun, Slank baru mendapatkan popularitas setelah tampil di festival musik “Rock Power” pada tahun 1984. Album-album mereka yang sukses, seperti Piss (1993), Kampungan (1991), dan Generasi Biru (1994) menjadikan Slank sebagai ikon bagi para penggemar musik rock di Indonesia.

4. Gigi

Band rock Indonesia terbaik, Gigi
Foto: Instagram/gigibandofficial

Sejak terbentuk pada tahun 1994 di Bandung, Gigi sudah merajai panggung musik Indonesia dengan musik yang catchy dan mudah dicerna oleh pendengar. Gigi juga dikenal dengan kualitas vokal dan musikalitas yang tinggi, serta lirik-lirik yang penuh makna dan inspiratif.

Armand Maulana (vokal), Dewa Budjana (gitar), Thomas Ramdhan (gitar), dan Budhy Haryono (bass) adalah sosok penting yang membentuk Gigi. Mereka memulai debut publik dengan album pertama yang berjudul Angan pada tahun 1994. Album ini segera membuat nama Gigi dikenal luas di seluruh Indonesia. Beberapa lagu hits mereka seperti “Janji” dan “11 Januari” telah berhasil merajai tangga lagu Indonesia.

5. Jamrud

Band rock Indonesia terbaik, Jamrud
Foto: Instagram/jamrud_official

Dibentuk pada tahun 1984 dengan nama Jamrock di Jakarta, band rock legendaris Indonesia yang mengubah namanya menjadi Jamrud di 1995 ini telah menciptakan banyak lagu hits yang menjadi ikon dalam sejarah musik Indonesia. Banyak penggemar musik rock dan metal tanah air yang merasa terhibur oleh lirik-lirik Jamrud yang menggambarkan kehidupan muda-mudi Indonesia dengan humor dan sarkasme.

Karya-karya mereka tak hanya menyentuh hati, tapi juga memperlihatkan keberanian untuk mengungkapkan pikiran-pikiran yang terkadang terpinggirkan dalam kehidupan sehari-hari. Album perdana Jamrud yang berjudul Nekad pada tahun 1995 menjadi terobosan besar bagi band ini.

Hits seperti “Surti Tejo” dan “Ingin Kembali” sukses membuat nama Jamrud semakin populer di dunia musik Indonesia. Selain itu, album-album lain seperti Putri (1999), Sydney (2002), dan Bo 18+ (2004) juga berhasil menyedot perhatian penggemar musik Indonesia.

6. Superman Is Dead

Superman Is Dead (SID)
Foto: Instagram/sid_official

Bagi pecinta musik Indonesia, nama Superman Is Dead (SID) sudah menjadi ikon dalam dunia musik punk rock tanah air. Band yang dibentuk pada tahun 1995 di Bali ini telah merilis banyak album dan singel yang sukses. SID terkenal dengan lirik-lirik mereka yang cerdas dan kritis yang berbicara tentang masalah sosial, politik, dan budaya di Indonesia.

Tiga personil utama SID, yaitu Bobby Kool sebagai vokalis dan gitaris, Eka Rock sebagai bassis, dan Jerinx sebagai drummer, berhasil menghadirkan musik punk rock yang bertenaga dan tak kenal takut. Mereka berhasil membawa semangat punk rock yang membangkitkan jiwa anak muda Indonesia dalam setiap penampilan mereka.

7. Navicula

Band rock terbaik di Indonesia, Navicula
Foto: Instagram/naviculamusic

Dari pulau Bali, Indonesia, terdapat sebuah band indie rock yang terkenal dengan musik kritis dan peduli lingkungan mereka: Navicula. Band yang dibentuk pada tahun 1996 oleh empat teman dari SMA Negeri 1 Denpasar ini terdiri dari Robi Navicula sebagai vokalis dan gitaris, Made Indra sebagai bassis, Eka sebagai drummer, dan Lucky sebagai gitaris.

Navicula dikenal dengan lirik-lirik mereka yang tajam dan kritis, yang mengkritisi berbagai isu sosial dan lingkungan di Indonesia. Mereka sering menyuarakan pendapat mereka tentang perusakan lingkungan, politik, agama, dan kehidupan sehari-hari di Indonesia. Lagu-lagu mereka seperti “Orangutan”, “Matahari”, “Love Bomb”, dan “Salto” menggambarkan pesan-pesan ini dengan kuat dan jelas.

Baca juga:  10 Cafe di Manado yang Bagus: Kekinian dan Instagramable!

8. Kotak

Kotak
Foto: Instagram/kotakband_

Telah berkarier selama hampir dua dekade, band rock Indonesia terbaik selanjutnya adalah Kotak. Grup musik ini pertama kali lahir dari ajang The Dream Band pada tahun 2004 dan berhasil bertahan menjadi salah satu grup musik rock paling populer di tanah air. Hingga kini, lagu-lagu hit milik Kotak seperti “Masih Cinta”, “Pelan-pelan Saja”, dan “Beraksi” masih terus diputar melalui berbagai platform streaming.

Hingga saat ini, Kotak masih aktif bermusik dan baru saja merilis mini album dengan tajuk 18+ pada 30 September 2022 lalu. Selain itu, mereka juga terus tampil di berbagai acara dari satu kota ke kota lain. Bahkan, pada beberapa kesempatan, mereka bahkan tampil di acara-acara besar pemerintah seperti saat peresmian wajah baru Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 1 September 2023 lalu.

9. Padi Reborn

Band rock Indonesia terbaik, Padi Reborn
Foto: Instagram/padireborn

Sempat vakum dari dunia musik, grup musik legendaris Padi kini telah bangkit dengan nama baru, Padi Reborn. Band rock Indonesia terbaik ini memulai debutnya di di dunia musik pada akhir tahun 90an dengan single perdana “Sobat” yang rilis di album kompilasi Indie Ten. Sejak saat itu, grup musik yang digawangi oleh Piyu dan kawan-kawan ini sukses melahirkan banyak karya hits yang terus diputar hingga sekarang.

Mulai dari “Kasih Tak Sampai”, “Semua Tak Sama”, “Begitu Indah”, “Menanti Sebuah Jawaban”, hingga “Mahadewi” adalah beberapa karya legendaris milik Padi Reborn yang telah diputar sebanyak puluhan juta kali. Setelah kembali aktif di dunia musik, Padi Reborn melangsungkan banyak pertunjukan spektakuler di berbagai kota di Indonesia.

10. Andra and The BackBone

Andra and The BackBone
Foto: Instagram/andrathebackbone

Diinisiasi oleh gitaris Dewa 19 Andra Ramadhan, grup musik Andra and The BackBone resmi memulai debutnya di industri musik Indonesia pada tahun 2007. Selama 16 tahun perjalanan kariernya, Andra and The BackBone berhasil menelurkan banyak karya hits dan menyabet berbagai penghargaan bergengsi.

Baca juga: Mengenal Andra and the Backbone dan 5 Lagu Terbaiknya

Mulai dari “Sempurna”, “Hitamku”, hingga “Main Hati”, siapa yang tidak tahu lagu-lagu legendaris karya Andra and The BackBone ini? Sampai sekarang, mereka terus aktif bermusik dan merilis lagu baru seperti single “Langit Mimpi” yang dirilis pada tahun 2022 lalu.

Selain itu, kamu juga masih bisa menikmati pertunjukan mereka secara langsung pada beberapa konser spektakuler yang tersedia di website Dewatiket. Jadi, jangan sampai ketinggalan keseruannya, ya!

11. Voice of Baceprot

Band rock Indonesia terbaik, Voice of Baceprot
Foto: Instagram/voiceofbaceprot

Kalau deretan band rock Indonesia terbaik yang sebelumnya sudah sangat legendaris, Voice of Baceprot bisa dibilang pendatang baru di belantika musik Indonesia. Namun, meskipun begitu mereka telah berhasil menyita banyak sorotan dengan lagu-lagu hitsnya seperti “PMS” yang berhasil masuk nominasi AMI Awards 2023 dan “God Allow Me (please) to Play Music” yang telah diputar sebanyak lebih dari 4,6 juta kali di YouTube.

Selain itu, grup musik rock yang pertama kali memulai debutnya pada tahun 2014 ini juga telah berhasil melangsungkan tur konser di Amerika Serikat pada bulan Agustus 2023 lalu. Kualitas vokal yang memukau dan musikalitas tinggi berhasil disajikan oleh grup musik yang semua anggotanya berhijab ini. Tak heran, nama Voice of Baceprot layak masuk ke radar grup musik rock pendatang baru terbaik tahun ini.

Baca juga:  10 Mall di Palembang yang Paling Bagus: Luas dan Lengkap!

12. The Jansen

The Jansen
Foto: Instagram/thejansen_id

Band rock terbaik di Indonesia yang selanjutnya berasal dari Bogor dan pertama kali berdiri pada tahun 2015 lalu, yaitu The Jansen. Digawangi oleh Cintarama Bani Satria, Adji Pamungkas, Aduy, dan Nina Karina, grup musik ini berhasil menelurkan banyak karya yang telah diputar sebanyak puluhan juta kali di Spotify.

Album yang mereka rilis pada tahun 2022, Banal Semakin Binal, berhasil melejitkan nama The Jansen sebagai salah satu grup musik rock terpopuler saat ini. Beberapa lagu seperti “Kau Pemeran Utama di Sebuah Opera”, “Langit Tak Seharusnya Biru”, dan “Ku Bukan Mesin Lotremu” adalah beberapa single hits mereka yang banyak diputar oleh para pencinta musik Indonesia.

13. The Sigit

Band rock Indonesia, The Sigit
Foto; Instagram/thesigit_

Datang dari Bandung, band rock Indonesia yang selanjutnya adalah The Sigit. Meski mungkin tidak terlalu familier di telinga orang awam, grup musik ini telah memulai kariernya sejak tahun 2002 lalu, lho!

Baca juga: 10 Musisi Jawa Barat Terpopuler: Ada Yura Yunita dan Rossa!

Selain itu, belakangan ini nama The Sigit juga sedang naik daun karena lagu-lagu ciptaan mereka berhasil menjadi viral di sosial media. Single seperti “All  the Time”, “Black Amplifier”, “Conundrum”, dan “Horse” menjadi karya terpopuler milik The Sigit dengan total pemutaran mencapai lebih dari 17 juta kali pemutaran di Spotify.

14. The Changcuters

The Changcuters
Foto: Instagram/thechangcuters

Masih berasal dari Bandung, band rock Indonesia selanjutnya pertama kali merintis karier pada tahun 2004, yaitu The Changcuters. Meski mereka timbul tenggelam di belantika musik Indonesia, The Changcuters merupakan salah satu band yang personilnya tidak pernah mengalami perubahan sejak awal berdiri.

Kini, mereka sudah punya lusinan single popular yang terus diputar oleh para penggemarnya. Mulai dari “Racun Dunia”, “Hijrah Ke London”, hingga “I Love U Bibeh” telah berhasil mendapatkan pemutaran mencapai lebih dari 19 juta kali di Spotify. Kamu juga pasti pernah memutar lagu-lagu mereka, kan?

15. Cokelat

Band rock Indonesia, Cokelat
Foto: Instagram/cokelat_band

Tidak kalah hits dari nama-nama sebelumnya, di urutan terakhir band rock Indonesia yang harus kamu tahu adalah Cokelat. Pertama kali merintis karier pada tahun 1996, grup band yang beranggotakan Kikan dan kawan-kawan ini dikenal dengan lagu-lagu legendarisnya yang tetap hits sampai sekarang.

Dengan hamper tiga decade perjalanan karier, lagu-lagu Cokelat seperti “Karma”, “Luka Lama”, dan “Bendera” pasti sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Selain itu, lagu-lagu tersebut juga telah berhasil mendapatkan pemutaran hingga lebih dari 28 juta kali di Spotify. Keren banget, kan?

Siapa Band Rock Indonesia Terbaik Favoritmu?

Nah, itu dia daftar band rock Indonesia terbaik dari dulu sampai sekarang yang karya-karyanya terus mewarnai belantika musik Indonesia. Jadi, mulai dari God Bless, Dewa 19, Slank, hingga Cokelat, siapa band rock favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles