10 Band Indie Terbaik di Dunia yang Harus Kamu Tahu!

The White Stripes
Foto: Instagram/thewhitestripes

Dibentuk pada tahun 1997 di Detroit, The White Stripes adalah duo yang terdiri dari Jack White dan Meg White di drum. Band ini meraih banyak penggemar sebelum bubar pada tahun 2011.

Gaya musik mereka yang minimalis dalam mengusung garage rock dan blues revival berhasil menjual lebih dari tujuh juta album. Album mereka yang betarjuk Elephant berhasil terjual 3,6 juta kopi dan melahirkan lagu ikonik “Seven Nation Army”.

Jack White terus berkarier sebagai artis solo yang sukses dan juga pemilik label rekaman indie, Third Man Records.

7. Blur

Band Indie Terbaik di Dunia, Blur
Foto: Instagram/blurofficial

Terkenal karena persaingannya dengan Oasis dalam Britpop, Blur telah membuktikan diri sebagai salah satu band indie terbaik di dunia, serta salah satu dari sedikit band yang tetap mempertahankan formasi asli mereka.

Selama empat dekade terakhir, kuartet ini menggabungkan pengaruh dari gospel, shoegaze, dan musik elektronik ke dalam gitar-pop mereka yang menawan. Keaslian mereka telah memenangkan lima BRIT Awards dan penjualan album lebih dari tujuh juta kopi.

Setelah hiatus selama 14 tahun, Damon Albarn dan kawan-kawan kembali bersatu pada tahun 2023 dengan merilis album studio kesembilan mereka, The Ballad of Darren, yang dipuji oleh NME sebagai “tear-jerking, soaring epic..”

8. The Smiths

The Smiths
Foto: Instagram/thesmithsofficial

Band ini adalah pionir dalam dunia musik indie. Dibentuk di Manchester pada awal 80-an, The Smiths terdiri dari gitaris Johnny Marr dan vokalis/penulis lirik Morrissey, serta didukung oleh bassis Andy Rourke dan drummer Mike Joyce. The Smiths mempelopori musik rock Inggris dengan ciri khas gitar berirama dan lirik yang sangat mengena.

Meskipun hanya aktif selama lima tahun, mereka menghasilkan salah satu diskografi paling ikonik dalam sejarah rock modern, dengan album klasik seperti The Queen Is Dead dan Meat Is Murder.

9. Bon Iver

Band Indie Terbaik di Dunia, Bon Iver
Foto; Hollywood Life

Bon Iver adalah salah satu fenomena musik terbesar abad ini dengan total penjualan 3,29 juta album. Kesuksesan besar ini banyak berkat musik indie-folk lembut di album debut mereka tahun 2007, For Emma, Forever Ago.

Dirilis di Inggris melalui 4AD, album ini direkam di kabin terpencil di Wisconsin dan telah terjual lebih dari 1,46 juta kopi, sebagian besar berkat keberhasilan single terobosan “Skinny Love”. Sejak perilisan album tersebut, Vernon telah merilis tiga album lagi sebagai Bon Iver dan berkolaborasi dengan artis terkenal seperti Kanye West, Travis Scott, dan Taylor Swift.

10. The Strokes

The Strokes
Foto: Instagram/thestrokes

Pada awal 2000-an, The Strokes menjadi fenomena besar yang memimpin kebangkitan musik garage rock dan identik dengan gaya keren New York. Album debut mereka yang ikonik, Is This It?, dirilis pada tahun 2001 dan telah terjual lebih dari 1,75 juta kopi. Album berikutnya, Room On Fire yang dirilis pada tahun 2003, menyusul dengan penjualan 1,5 juta kopi.

Saat ini, The Strokes memiliki lebih dari 17 juta pendengar bulanan di Spotify. Dengan lagu-lagu seperti “The Adults Are Talking”, “Last Nite” dan “Reptilia” yang tetap terdengar segar hingga sekarang.

Baca juga:  20 Cafe Live Music di Bandung Terbaru 2024 yang Hits Banget!

Apa Band Indie Favoritmu?

Nah, itu dia deretan band indie terbaik di dunia yang harus kamu tahu. Jadi, mulai dari Oasis, The Cure, Radiohead, hingga The Strokes, mana ini grup musik yang jadi favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser terbaru dan beli tiket konser dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles