10 Band Indie Indonesia Terbaru 2023: Siapa yang Paling Populer?

Indonesia adalah rumah bagi ribuan talenta musik berbakat dengan berbagai macam corak di dalamnya. Nama-nama besar di belantika musik tanah air muncul lewat berbagai jalur, mulai dari ajang pencarian bakat, label-label musik besar, hingga band indie Indonesia terbaru 2023 yang meniti karier secara independen dari awal sampai sekarang.

Penasaran siapa saja band indie yang masuk radar Dewatiket pada tahun 2023? Berikut ini adalah daftar lengkapnya!

Baca juga: 12 Band Rock Indonesia Terbaik: Ada God Bless Sampai The Jansen!

Advertisements
KPC BANNER - MOBILE

Band Indie Indonesia Terbaru

Band indie adalah grup musik yang independen dan tidak tergabung dengan label musik besar. Mereka cenderung memproduksi musik yang orisinil, eksperimental, dan berbeda dengan mainstream music. Meski tidak banyak band indie Indonesia yang berhasil menjadi populer, beberapa nama berikut ini pasti tidak asing di telinga kamu!

Baca juga: 15 Penyanyi Pendatang Baru Indonesia 2023: Muda dan Hits! [Update]

1. Hindia

Band indie Indonesia terbaru, Hindia
Foto: Instagram/wordfangs

Hindia adalah salah satu grup band indie yang saat ini sedang naik daun di Indonesia. Grup band yang diprakarsai oleh Baskara Putra ini memiliki gaya musik unik dengan nuansa pop dan folk yang kental.

Hindia memiliki kemampuan luar biasa dalam mengolah lirik yang puitis dan akan sarat makna. Lagu-lagu mereka banyak terinspirasi dari pengalaman hidup dan kejadian sehari-hari sehingga dinilai relate dengan kondisi banyak orang.

Melalui berbagai karyanya yang sesuai dengan kondisi banyak orang tersebut, Hindia berhasil menelurkan beberapa hit dengan lebih dari seratus juta kali pemutaran seperti “Evaluasi”, “Rumah ke Rumah”, dan “Secukupnya”. Selain itu, popularitas mereka juga sangat tinggi dengan lebih dari 8 juta pendengar bulanan pada saat artikel ini ditulis.

2. .Feast

.feast
Foto: Instagram/ffeast

Grup band .Feast menjadi sorotan di industri musik Indonesia karena musik yang energik dan liriknya yang kuat. Dibentuk pada tahun 2012, .Feast terdiri dari empat orang dengan latar belakang yang berbeda-beda. Mereka menggabungkan berbagai genre musik seperti hip-hop, rock, dan punk, sehingga menciptakan suara yang unik dan berbeda dari band indie Indonesia lainnya.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Karawang yang Lagi Hits: Viral dan Seru!

Dalam beberapa tahun terakhir, .Feast berhasil menjadi salah satu grup band indie paling populer dengan lebih dari 700 ribu pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, mereka juga memiliki segudang lagu hits dengan beberapa di antaranya berhasil mendapatkan lebih dari 20 juta kali pemutaran seperti “Peradaban”, “Berita Kehilangan”, dan “Kami Belum Tahu”.

3. Efek Rumah Kaca

Band indie Indonesia terbaru, Efek Rumah Kaca
Foto: Instagram/sebelahmata_erk

Efek Rumah Kaca telah mengukir namanya dalam industri musik Indonesia dengan musik eksperimental dan lirik yang mendalam. Grup band yang telah berusia lebih dari dua dekade ini sering mengangkat isu-isu sosial dan politik seperti korupsi serta ketidakadilan di Indonesia.

Kini, Efek Rumah Kaca bertengger sebagai salah satu band Indie Indonesia terpopuler dengan lebih dari 586 ribu pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, mereka juga punya beberapa hit yang telah diputar hingga 30 juta kali seperti “Desember”, “Sebelah Mata”, dan “Cinta Melulu”.

4. The Panturas

The Panturas
Foto: Instagram/thepanturas

Tidak kalah populer dari band-band sebelumnya, The Panturas juga sangat populer dengan kemampuannya dalam memadukan berbagai genre musik sekaligus. Pertama kali berdiri pada tahun 2015, band indie Indonesia terbaru ini telah berhasil meraih popularitas yang sangat tinggi.

Pada saat artikel ini ditulis, mereka memiliki lebih dari 569 ribu pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, beberapa karya mereka seperti “Sunshine”, “Gelora”, dan “Tafsir Mistik” juga berhasil menjadi sangat populer dengan lebih dari 10 juta kali pemutaran di Spotify.

5. Banda Neira

Band indie Indonesia terbaru, Banda Neira
Foto: Tumblr/Banda Neira

Banda Neira adalah band indie Indonesia yang terkenal dengan musik bernuansa folk, pop, dan rock. Grup ini terdiri dari dua orang, Rara Sekar dan Ananda Badudu, yang berbakat dalam menciptakan musik dengan lirik puitis dan indah. Musik Banda Neira sering dianggap sebagai karya seni yang membawa pendengarnya pada perjalanan melalui alunan musik yang menyentuh hati.

Baca juga:  10 Oleh-Oleh Khas Palembang Terfavorit: Lezat dan Tahan Lama

Lewat kemampuan tersebut, karya-karya Banda Neira telah menjadi teman nongkrong para pencinta musik di Indonesia. Kini, mereka telah memiliki lebih dari 2,4 juta pendengar bulanan di Spotify dengan beberapa single seperti “Sampai Jadi Debu”, “Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti”, dan “Hujan di Mimpi” telah diputar sebanyak puluhan juta kali.

6. Payung Teduh (Kini Parade Hujan)

Payung Teduh
Foto: Instagram/parade.hujan

Grup musik ini siapa yang tak kenal? Beranggotakan lima orang, Payung Teduh adalah salah satu band indie yang paling populer di Indonesia. Musik mereka memiliki nuansa yang khas dengan sentuhan berbagai instrumen tradisional seperti kentrung dan ukulele dalam aransemen musiknya.

Melalui keunikan tersebut, Payung Teduh berhasil melahirkan beberapa hits seperti “Untuk Perempuan yang Sedang Dalam Pelukan”, dan “Akad” yang telah diputar sebanyak lebih dari 100 juta kali. Selain itu, popularitas mereka juga terus meningkat dari tahun ke tahun dengan lebih dari 4,2 juta pendengar bulanan di Spotify.

7. Fourtwnty

Band indie Indonesia terbaru, Fourtwnty
Foto: Instagram/fourtwntymusic

Fourtwnty adalah grup band indie yang memadukan alunan musik dengan lirik yang sederhana namun berisi pesan-pesan kehidupan yang dalam. Musik mereka sering kali bernuansa folk dan pop, menggunakan instrumen seperti gitar, ukulele, dan bass.

Fourtwnty paling jago dalam menghadirkan lagy dengan lirik-lirik santai yang cocok untuk menemani kegiatan nongkrong di sore hari. Lewat kemampuan tersebut, mereka berhasil memiliki 3,9 juta pendengar bulanan di Spotify dengan beberapa single hit seperti “Hitam Putih”, “Zona Nyaman”, dan “Aku Tenang” yang telah diputar sebanyak lebih dari 80 juta kali.

8. The Upstairs

The Upstairs
Foto: Instagram/theupstairs

Digawangi oleh musisi nyentrik Jimi Multhazam, The Upstairs adalah band indie Indonesia terpopuler selanjutnya yang masuk radar Dewatiket. Pertama kali berdiri pada tahun 2001, grup musik ini masih terus eksis dari dicintai oleh para penggemarnya.

Saat ini, The Upstairs memiliki lebih dari 232 ribu pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, mereka juga telah berhasil menelurkan banyak karya populer, beberapa di antaranya adalah “Matraman”, “Disko Darurat”, dan “Terekam” yang telah diputar sebanyak jutaan kali.

Baca juga:  Profil Virzha: Istri, Agama, dan Perjalanan Kariernya!

9. Reality Club

Band indie Indonesia terbaru, Reality Club
Foto: Instagram/realityclub

Bicara soal band Indie Indonesia, nama Reality Club tentu tidak boleh terlewat dari daftar. Pertama kali berdiri pada tahun 2016, grup musik yang digawangi oleh Fathia Izzati dan kawan-kawan ini telah berhasil memberikan warna baru di belantika musik Indonesia.

Mereka merupakan band indie-rock paling terkenal di Indonesia dengan lebih dari 3,4 juta pendengar bulanan di Spotify. Selain itu, Reality Club juga telah memiliki beberapa hit yang sangat populer seperti “Anything You Want”, “Alexandra”, dan “Is It The Answer”.

10. Barasuara

Barasuara
Foto: Instagram/barasuara

Terakhir, nama band indie Indonesia terbaru yang harus kamu tahu adalah Barasuara. Meski baru berdiri pada tahun 2015, mereka telah menciptakan banyak karya yang disukai oleh para pencinta musik Indonesia. Selain itu, Barasuara juga dikenal karena penampilan live nya yang memukau dan enerjik, maka tak heran setiap pertunjukannya selalu diserbu oleh ribuan penonton.

Kini, Barasuara masih terus berkembang dengan lebih dari 175 ribu pendengar bulanan di Spotify. Meskipun begitu, mereka telah berhasil menelurkan beberapa karya yang diputar sebanyak jutaan kali seperti “Mengunci Ingatan”, “Pikiran dan Perjalanan”, serta “Sendi Melagu”.

Siapa Band Indie Indonesia Terbaru Favoritmu?

Itu dia penjelasan lengkap terkait daftar band indie Indonesia terbaru yang sangat populer. Mulai dari Hindia, .Feast, Efek Rumah Kaca, hingga Barasuara berhasil memiliki pendengar bulanan yang sangat tinggi di Spotify.

Namun, berdasarkan pembahasan di atas, maka perlu diakui bahwa Hindia adalah band indie Indonesia terpopuler saat ini dengan lebih dari 8 juta pendengar bulanan di Spotify. Nah, dari deretan band indie dalam artikel ini, mana yang jadi favoritmu?

Selain itu, jangan lupa juga untuk cek jadwal konser band indie terbaru dan beli tiketnya dengan aman, mudah, dan cepat di dewatiket.id sekarang juga!

Must Read

Related Articles